Manfaat, Cara Mengonsumsi, & Harga Asam Gelugur

gelugur (Garcinia atroviridis Griffith et Anders.) adalah pohon penghasil potong atau keping. potong didapatkan dari irisan gelugur yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari. potong kerap dimanfaatkan untuk bumbu masak, bahan perasa , bahan dasar , hingga bahan dasar kosmetik. Sebagian masyarakat Melayu pesisir juga kabarnya mengolah buah asam gelugur ini menjadi manisan atau halwa untuk dihidangkan pada momen khusus seperti hari raya.

Proses pengolahan buah glugur (sumber: lentera24.com)

Proses pengolahan buah glugur (sumber: lentera24.com)

Tumbuhan asam gelugur ini masih sekerabat dengan manggis dan asam kandis, dipercaya berasal dari kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Asam gelugur kerap juga disebut sebagai tumbuhan abadi, lantaran mampu bertahan hidup hingga ratusan tahun, dan berbuah semakin banyak. Satu batang tumbuhan asam gelugur yang sudah berumur lebih dari 30 tahun bisa menghasilkan buah sebanyak 400 kilogram dalam setahun.

Menurut ukuran dan sifat buahnya, asam gelugur terbagi menjadi dua jenis, yakni asam batu dan asam air. Asam batu buahnya kecil-kecil (diameter 7-10 cm), bersifat berat seperti batu, serta tekstur buahnya padat, liat dan cenderung kering. Satu kilogram asam potong berasal dari empat kilogram asam batu. Sedangkan asam air buahnya besar-besar (diameter 10-14 cm), tidak seberat asam batu, serta tekstur buahnya lebih renyah, kenyal dan berair. Satu kilogram asam potong berasal dari lima kilogram asam air.

Baca juga  Harga Paket Cream Dr Pure di Apotek dan Toko Kosmetik

Ekstrak daun asam gelugur yang diberikan secara oral dengan 360 mg/kg terhadap mencit disebut-sebut memberi efek inhibitor terhadap perkembangan Plasmodium berghei penyebab malaria.

Asam gelugur dapat tumbuh dengan pada ketinggian 5-1700 meter di atas permukaan laut. Ada pun ketinggian tumbuh idealnya adalah pada level 400-1200 mdpl. Tidak dibutuhkan syarat jenis tanah yang ketat. Pohon dapat tumbuh di tanah berpasir, tanah liat, tanah berbatu, tanah basah tepi sungai, tanah kapur, sampai pada tanah kritis di tepian pegunungan. Namun kesuburan tanah tentu saja tetap berpengaruh pada produksi buah.

Asam gelugur berbuah tidak mengenal musim, setiap saat ada saja buahnya. Terkadang dalam satu pohon ada bunga, putik, buah muda sampai buah yang sudah menguning dan jatuh. Namun begitu, raya biasanya setahun dua kali, di ujung musim hujan dan di ujung musim kemarau.
Manfaat Asam Gelugur

Asam gelugur disebut-sebut memiliki berbagai vitamin, mineral, serta sejumlah senyawa penting seperti HCA atau acid hydroxyl citric, serat, hidroksi sitrik, flavonoid, asam askorbat, dan asam tartarat yang menyimpan sejumlah manfaat penting seperti berikut.

Mencegah Kanker

Konsumsi asam gelugur dipercaya bermanfaat untuk mencegah berkembangnya sel-sel tubuh menjadi sel kanker yang berpotensi membahayakan seseorang.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Membersihkan Karang Gigi (Scaling) di Puskesmas, Rumah Sakit, & Klinik

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi air rebusan asam gelugur diyakini bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan sehingga cocok jika dijadikan salah satu menu diet harian. Kandungan HCA yang tinggi di dalam asam gelugur bisa membantu menekan nafsu makan serta mencegah pembentukan lemak dari asupan gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

Mengatasi Kencing Manis

Konsumsi asam gelugur disebut-sebut mampu mengatasi kencing manis atau diabetes melitus karena bekerja dengan menghambat pembentukan gula sederhana dari karbohidrat yang Anda konsumsi.

Manisan asam glugur (sumber: Tokopedia)

Manisan asam glugur (sumber: Tokopedia)

Mencegah Pertumbuhan Tumor

Asam gelugur dipercaya dapat membantu mengontrol sel-sel tubuh supaya tidak berkembang secara abnormal dan menjadi tumor.

Mengatasi Cacingan

Meskipun kini sudah banyak tersedia cacing di pasaran, ternyata asam gelugur juga dapat dimanfaatkan sebagai alami untuk menyembuh cacingan.

Mengobati Sakit Gusi

Gusi Anda sedang sakit? Jika iya, Anda pun bisa menjajal pengobatan dengan asam gelugur. Caranya cukup mudah, Anda dapat menyelipkan potongan asam gelugur yang telah dicuci bersih di sela-sela antara gusi dan pipi sekitar 15 menit. Kemudian buang asam gelugur tersebut dan berkumurlah dengan air hangat.

Selain manfaat-manfaat yang telah dituliskan sebelumnya, asam gelugur pun dipercaya berkhasiat untuk kesehatan jantung, mengatasi hipertensi, mencegah aterosklerosis, menurunkan kadar kolesterol jahat, mengatasi demam, melancarkan pencernaan, mencegah penuaan dini, mengatasi sakit telinga, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Update Harga Behel Gigi Lepas Pasang dan Cara Memasangnya

Asam Gelugur

Asam gelugur saat ini dijual dalam berbagai bentuk, namun umumnya lebih banyak dijual dalam kondisi sudah dikeringkan atau diolah menjadi manisan, sehingga lebih praktis dan siap konsumsi. Adapun harga asam gelugur 1 kg kondisi kering dan sudah dipotong tipis-tipis dibanderol antara Rp 40 ribuan hingga Rp 65 ribuan. Harga lebih mahal biasanya berlaku untuk asam gelugur kering dalam kondisi tanpa garam yang dapat dijual seharga Rp 85 ribuan hingga Rp 133 ribuan per kilo.

Cara mengkonsumsi asam gelugur kering cukup mudah. Anda bisa mencuci bersih 2-4 potong asam gelugur. Kemudian rebus atau seduh menggunakan air panas sebanyak 500 ml. Diamkan hingga suhunya menjadi hangat. Tak perlu menambahkan gula, Anda bisa meminum rebusan atau seduhan asam gelugur kering tersebut sebanyak 2 kali sehari, sebelum makan siang dan sebelum makan malam.

Kemudian ada juga asam gelugur yang sudah dikemas dalam wujud kapsul yang dijual dengan harga Rp 25 ribuan. Bagi Anda yang ingin mencoba menanam atau membudidayakan asam gelugur sendiri pun dapat membeli bibit atau benihnya seharga Rp 130 ribuan. Namun perlu diingat, harga buah asam gelugur bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga asam gelugur yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Manfaat, Cara Mengonsumsi, & Harga Asam Gelugur"