Syarat dan Update Biaya Sertifikasi CPA di Indonesia

Apakah Anda ingin menjadi seorang akuntan publik? Jika iya, saatnya Anda mempersiapkan dokumen persyaratannya, dan salah satu dokumen wajib yang harus Anda persiapkan adalah CPA (Certified Public Accountant of Indonesia). Ini merupakan sertifikasi tertinggi dan wajib bagi seorang akuntan publik Indonesia. Tidak mengherankan jika biaya sertifikasi CPA ini tidak bisa dikatakan murah, rata-rata jutaan rupiah.

Ilustrasi: sertifikat CPA (sumber: another71.com)
Ilustrasi: sertifikat CPA (sumber: another71.com)

Dasar Hukum Sertifikasi CPA

CPA sendiri adalah salah satu jenis sertifikasi berbasis kompetensi individu. Kompetensi yang harus ditempuh oleh para peserta sertifikasi CPA antara lain pengetahuan teoretis bidang untuk praktik sebagai akuntan publik, ilmu auditing, pengendalian internal, sistem informasi, perpajakan, ekonomi makro serta mikro, manajemen keuangan, dan hukum bisnis secara umum. Dengan adanya pelatihan sekaligus test, para peserta sertifikasi dapat melakukan akumulasi serta evaluasi informasi ketika menjalankan tugasnya sebagai akuntan publik.

Bacaan Lainnya

Sertifikasi CPA tidak bisa diselenggarakan secara sembarangan. Sertifikasi ini dipayungi oleh hukum, yakni UU No. 5 tahun 2011 yang mengatur tentang akuntan publik dan peraturan pelaksanaan melalui Keputusan Menteri Keuangan No. 443/KMK.01/2011 tentang Penetapan Institut Akuntan Publik Indonesia sebagai Asosiasi Profesi Akuntan Publik, sebagaimana yang dimaksud UU No. 5 tahun 2011 dan Peraturan Menteri Keuangan No. 17/PMK.01/2008. Perlu Anda ketahui pula bahwa sertifikasi CPA adalah salah satu persyaratan wajib yang diperlukan untuk penerbitan izin praktik individu oleh pusat pembinaan akuntansi dan jasa penilai Kementerian Keuangan RI.

Untuk melakukan sertifikasi CPA, Anda juga perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Anda bisa mendaftarkan diri ke lembaga yang menyediakan sertifikasi CPA, dan salah satu lembaga yang menyediakan sertifikasi CPA adalah IAPI (Institut Akuntan Publik Indonesia). Berikut adalah persyaratan pendaftaran sertifikasi CPA di IAPI.

Cara dan Persyaratan Pendaftaran CPA

  • Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui website resmi IAPI dengan membuat akun peserta terlebih dahulu.
  • Mengisi seluruh data diri lengkap dalam formulir secara online, upload dokumen yang diminta, dan mengisi jenis mata ujian yang akan diikuti.
  • Membayar biaya pendaftaran yang dilengkapi di halaman konfirmasi pembayaran pada akun.
  • Seluruh persyaratan di atas harus dipenuhi dalam waktu 10 hari kerja sejak akun peserta dinyatakan aktif.

Ujian sertifikasi CPA di IAPI tidak hanya berbasis komputer, tetapi juga . Anda bisa memilih jenis ujian yang ingin Anda lakukan. Untuk jenis ujian manual, Anda bisa langsung mendatangi lokasi dan mendaftarkan diri secara langsung. Pastikan Anda mengikuti kelas pelatihan dengan baik agar hasil CPA Anda sukses. Lalu, berapa biaya sertifikasi CPA untuk saat ini?

Ilustrasi: pemeriksaan laporan keuangan (sumber: ua.news)
Ilustrasi: aktivitas akuntan (sumber: ua.news)

Biaya Sertifikasi CPA

Lembaga PenyelenggaraBiaya
Penerbit Salemba EmpatPaket Bundling : Rp3.800.000
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)Pendaftaran : Rp500.000
Ujian : Rp1.000.000 per subjek ujian
FEB UGMUjian CA : Rp3.500.000
Ujian CPA : Rp800.000
IAPIPendaftaran Level Dasar : Rp100.000
Level Dasar : Rp200.000 per mata ujian
Pendaftaran Level Profesional : Rp300.000
Level Profesional : Rp600.000 per mata ujian

Biaya sertifikasi CPA di atas sudah kami rangkum dari website resmi masing-masing lembaga. Biaya tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan lembaga. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, biaya sertifikasi CPA level dasar di IAPI Rp200 ribu per mata ujian, sedangkan biaya level profesional Rp500 ribu per mata ujian.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *