Info Lengkap Harga Grinder Kopi Mahlkonig Berbagai Seri

Minuman kopi menawarkan rasa dan aroma yang menarik. Selain itu, khasiatnya yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, hingga berbagai penyakit jantung membuat kopi digandrungi semua kalangan tak terkecuali para remaja. Di sejumlah kafe, para konsumen bahkan dapat menyaksikan langsung proses pembuatan kopi menggunakan grinder kopi oleh barista. Salah satu merek penggiling kopi yang cukup populer bagi para peracik kopi yakni Mahlkonig. Kualitasnya yang prima membuat produk yang satu ini dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran.

Ilustrasi: menggiling kopi dengan grinder Mahlkonig (sumber: cikopi.com)

Ilustrasi: menggiling kopi dengan grinder Mahlkonig (sumber: cikopi.com)

Di Indonesia, kopi menempati peringkat keempat terbesar di dunia dari segi hasil produksi. Kopi di Indonesia memiliki sejarah panjang dan peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian masyarakat. Perkembangan kopi dimulai pada tahun 1696 ketika Belanda membawa kopi dari Malabar, India, ke Jawa yang selanjutnya dibudidayakan di Kedawung. Setelah stek pohon kopi dari Malabar berhasil dibudidayakan, akhirnya tanaman kopi tersebut dijadikan bibit perkebunan di seluruh Indonesia.

Coffee grinder atau penggiling kopi adalah salah satu komponen penting dalam menentukan rasa kopi yang akan disajikan. Hal ini lantaran grind size membawa pengaruh signifikan saat ground coffee (bubuk kopi) diseduh dengan air. Reaksi yang timbul saat ekstraksi kopi menjadi sangat berbeda akibat pengaruh penampang bubuk kopi.

Baca juga  Info Terbaru Harga Segel Plastik Berbagai Ukuran

Level coffee grinder terbagi atas fine, medium, dan coarse. Level paling halus dari hasil penggilingan kopi kerap disebut fine. Sedangkan untuk penggilingan kopi yang sedikit kasar dikenal dengan medium. Nah, bagi penikmat kopi yang ingin menghasilkan cita rasa dominan, maka level coarse yang digunakan dengan hasil gilingan kasar. Tingkatan grind size tersebut akan berbeda hasilnya sesuai dengan alat penggiling kopi yang digunakan.[1]

Jenis Grinder Kopi

  • grinder: penggilingan kopi yang dioperasikan tanpa bantuan mesin atau listrik.
  • Electric grinder: penggilingan kopi yang dioperasikan menggunakan mesin dan listrik.

Dari prinsip kerjanya, penggilingan kopi terbagi menjadi beberapa jenis, yakni blade grinder, burr grinder, dan conical grinder. Ketiganya sama-sama digerakkan oleh dinamo. Hanya saja untuk jenis burr grinder dilengkapi dengan mata bergerigi untuk menghasilkan gilingan kopi halus dengan konsistensi terbaik.

Ada banyak sekali alat pembuat kopi yang tersedia di pasaran, merek ternama yakni Mahlkonig. Coffee grinder merk Mahlkonig dibuat oleh pabrikan Mahlkonig di Hamburg, Jerman. Tak hanya digunakan untuk membuat espresso, grinder dari Mahlkonig juga kerap dipakai untuk kebutuhan kafe dan industri. Tak heran jika harga jual yang ditawarkan dapat mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga  Harga Cat Dasar Tembok (Semua Merk dan Kemasan)

Harga Grinder Kopi Mahlkonig

Grinder kopi Mahlkonig (sumber: mahlkonig.de)

Grinder kopi Mahlkonig (sumber: mahlkonig.de)

Seri Coffee Grinder MahlkonigHarga (Rp)
Shop Grinder Mahlkonig Guatemala19.900.000
Grinder Mahlkonig E65S38.000.000
Grinder Mahlkonig E65S GbW46.000.000
Grinder Mahlkonig EK4348.500.000
Espresso Grinder Mahlkonig EK43 S48.500.000
Espresso Grinder Mahlkonig Peak51.240.000
Shop Grinder Mahlkonig VTA 6S55.000.000
Grinder Mahlkonig E80 Supreme59.800.000
Industrial Grinder Grinder Mahlkonig DK15173.000.000
Industrial Grinder Mahlkonig DK27394.000.000

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2021. Harga grinder Mahlkonig dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat memesan produk di sejumlah situs online dengan harga bersaing. Nah, bagi Anda yang tidak memiliki budget cukup, maka dapat membeli produk bekas dengan harga lebih murah. Lalu, bagaimana cara memilih grinder kopi terbaik di pasaran?

Tips Memilih Grinder Kopi

Tingkat kehalusan bubuk kopi yang dihasilkan (grind setting) dari grinder kopi menentukan metode brewing (penyeduhan) kopi seperti apa yang akan digunakan nantinya. Metode brewing kopi yang terdiri dari french press, pour over, drip coffee, siphon, dan espresso juga dapat dipilih sesuai selera. Memilih metode penyeduhan yang tepat sesuai dengan tingkat kehalusan bubuk kopi memengaruhi kesegaran rasa kopi yang dihasilkan.

Baca juga  Update Harga Wiremesh Galvanis (Berbagai Ukuran & Tipe)

Apabila Anda menyukai kopi dengan teknik french press atau pour over, maka grinder kopi dapat diatur untuk level lebih kasar. Berbeda dengan teknik drip coffee yang lebih cocok diproses menggunakan bubuk kopi berukuran medium. Sementara itu, untuk grinder kopi yang menghasilkan bubuk lebih halus, teknik penyeduhan yang tepat adalah siphon dan espresso. Nah, bagi Anda yang mencari rasa terbaik dari biji kopi berkualitas, burr grinder menjadi alat penggiling kopi yang patut dipilih.

[1] Udien dan Zakaria. Become A Barista: Dasar Untuk Menjadi Seorang Barista (Spesialis Kopi) (Jakarta: Eqiyu Indonesia & MLGcoffee.com, 2018), hlm. 31

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Lengkap Harga Grinder Kopi Mahlkonig Berbagai Seri"