Update Biaya atau Tarif Sedot WC yang Mampet

No comment20021 views

Seiring makin meningkatnya jumlah penduduk, terutama di daerah perkotaan, kondisi lingkungan yang bersih memang sudah semakin jarang ditemui. Pasalnya, diakui atau tidak, hingga saat ini, masih banyak orang yang belum terlalu peduli dengan lingkungannya, baik lingkungan di pribadi maupun lingkungan di kampung atau perumahan.

Teknisi sedot WC (sumber: sedotwckediri45.id)

Teknisi sedot WC (sumber: sedotwckediri45.id)

Sebenarnya, gaya hidup sehat berawal dari kebersihan rumah, yang salah satunya adalah pengelolaan limbah rumah tangga yang baik. Karena itu, tidak perlu menunggu WC mampat, ada baiknya Anda menyedot septic tank secara rutin. Salah satu Dinas Kebersihan di Jakarta mengutarakan bahwa masih banyak orang acuh tak acuh untuk masalah septic tank ini.

“Banyak orang yang hingga sepuluh tahun juga belum menyedot septic tank-nya,” ujar salah seorang petugas Dinas Kebersihan yang bernama Robert itu. “Padahal, hal ini bisa berdampak sangat buruk pada kebersihan air di rumah mereka. Waktu penyedotan septic tank yang baik adalah satu hingga dua tahun sekali.”

Memang, seperti diutarakan Robert, menyedot WC merupakan salah satu upaya untuk menjaga kondisi lingkungan agar selalu bersih, nyaman, dan sehat. Ada banyak sekali hal-hal buruk yang akan diperoleh jika Anda mengabaikan WC yang mampat atau penuh, seperti WC menjadi sulit disiram dan dibersihkan hingga air akan meluap dan mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga WC tidak dapat digunakan.

Di samping itu, limbah rumah tangga, dalam hal ini kotoran manusia, juga dapat menularkan bibit penyakit yang disebarkan oleh udara. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bibit penyakit yang ada pada kotoran manusia di antaranya kolera, diare, muntaber, penyakit kulit, dan sebagainya. Nah, untuk mencegah hal ini, salah satu caranya adalah rutin melakukan sedot WC.

Sedot WC - solusi-sedotwc.com

Sedot WC - solusi-sedotwc.com

Untuk menyedot WC, saat ini sudah banyak penyedotan WC yang tersebar di masing-masing kota atau daerah. Biaya atau penyedotan WC sendiri sangat bervariasi, tergantung , kebijakan masing-masing , serta limbah pada truk penampungan. Umumnya, ada truk yang menampung limbah dengan 2 meter kubik, 4 meter kubik, hingga 6 meter kubik.

Untuk wilayah Jakarta, Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta mematok sedot tinja per 5 meter kubik di angka sekitar Rp450 ribu. Tetapi, kalau jasa swasta, tergantung negosiasi, biasanya patokan berkisar Rp75 ribu hingga Rp100 ribu per meter kubik. Namun, ada juga penyedia jasa yang mematok hingga Rp300 ribu per satu mobil.

Berdasarkan penelusuran penulisan lewat iklan di salah satu situs jual beli , biaya jasa sedot WC di kawasan ibukota, serta daerah lainnya seperti Depok, Bekasi, dan Tangerang, tarif sedot WC memang dipatok di angka Rp300 ribuan. Namun, ada juga layanan yang menawarkan jasa sedot WC dengan biaya Rp400 ribuan hingga Rp500 ribuan.

Sementara itu, di daerah lainnya, Malang misalnya, sebuah jasa sedot WC mematok tarif mulai Rp350 ribu sampai Rp850 ribuan untuk satu , tergantung kondisi yang dikerjakan. Sementara, biaya sedot WC per kubik dipatok di kisaran harga Rp100 ribuan sampai dengan Rp350 ribuan, tergantung kondisi kotoran yang disedot.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Tarif Cargo Sriwijaya Air ke Berbagai Kota di Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya atau Tarif Sedot WC yang Mampet"