Update Biaya Pendidikan Pondok Pesantren Cipasung (MTs dan IAIC)

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang bisa dipilih orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka dengan dasar ilmu agama yang baik. Saat ini, sudah banyak pesantren yang bisa ditemukan di berbagai pelosok Nusantara, salah satunya Pondok Pesantren Cipasung. Menawarkan jenjang studi mulai diniyah (SD) hingga kuliah, biaya pendidikan di tempat ini ternyata relatif terjangkau.

Pondok Pesantren Cipasung (sumber: kaskus)
Pondok Pesantren Cipasung (sumber: kaskus)

Profil Pesantren Cipasung

Pondok Pesantren Cipasung merupakan lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Desa Cipakat, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Pondok pesantren ini ternyata sudah berusia cukup lama karena telah eksis sejak tahun 1931 silam, yang kala itu didirikan oleh almarhum KH Ruhiat. Pesantren Cipasung merupakan salah satu pondok pesantren yang berciri khas ‘Salafy’ (memperdalam kitab kuning), selain juga melaksanakan pendidikan formal mulai jenjang PAUD, TK Islam, Madrasah Diniyah, MI, MTs, SMP Islam, SMA Islam, SMK Islam, MAN, hingga perguruan tinggi seperti IAIC, STTC, STIEC, dan Pascasarjana IAIC.

Bacaan Lainnya

Secara umum, Pondok Pesantren Cipasung memiliki tujuan membina warga negara Indonesia yang memiliki kepribadian muslim dan menanamkan rasa keagamaan dalam semua aspek kehidupan dalam rangka berkhidmat untuk agama, nusa, dan bangsa. Sementara, secara khusus, pondok ini bertujuan mendidik santri atau menjadi seorang muslim yang memiliki akhlak karimah, memiliki kecerdasan, serta sehat lahir dan batin.

Baca juga  Biaya Kuliah Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung 2022/2023

Dalam mewujudkan visi dan misi mereka, Pondok Pesantren Cipasung telah didukung dengan tenaga pengajar yang berjumlah tidak kurang dari 70 orang (asatidz maupun asatidzah). Di samping itu, pondok pesantren ini juga memiliki fasilitas penunjang kegiatan belajar dan mengajar, termasuk masjid, aula, madrasah atau ruang belajar, perpustakaan, laboratorium bahasa, sekretariat, sarana olahraga, tenaga guru, mess untuk guru, wisma tamu, dapur umum, MCK atau WC, pos kesehatan pesantren, mobil kesehatan santri, hingga minimarket.

Layaknya pondok pesantren pada umumnya, Pondok Pesantren Cipasung juga mewajibkan para santri untuk tidur di asrama. Memiliki 19 unit, asrama di pondok ini terbagi menjadi dua, yaitu untuk santri putri dan untuk santri putra. Asrama untuk santri putri antara lain Raudlotul Banat 1, Raudlotul Banat 2, Al-Uswah, ESA, ESA Mandiri, Al-Istiqomah Puteri, Al-Badriyah, Al-Amin Puteri, Ar-Rohaniyah, dan Al-Muna. Sementara, asrama untuk santri putra di antaranya Selamet, Bahagia, Sejahtera, Nugraha, Al-Jihad, Ar-Ruhiyah, Al-Bahriyah, Al-Jabar, dan Al-Istiqomah Putera.

Sayangnya, setelah kami konfirmasi, untuk TA 2022/2023, Pondok Pesantren Cipasung baru akan memberikan rincian biayanya saat Anda melakukan pendaftaran secara langsung. Sementara itu, untuk tahun akademik 2021/2022, pihak Pondok Pesantren Cipasung telah merilis biaya pendidikan untuk beberapa jenjang, seperti SMA dan IAIC. Jika Anda penasaran, berikut kami sajikan informasi biaya pendidikan di Pondok Pesantren Cipasung TA 2021/2022.

Pondok Pesantren Cipasung (sumber: nu.or.id)
Pondok Pesantren Cipasung (sumber: nu.or.id)

Biaya Pesantren Cipasung 

Jenjang Studi Biaya
Asrama Pondok Pendaftaran : Rp230.000
MTs Cipasung Pendaftaran : Rp720.000
SMA Islam Cipasung Pendaftaran : Rp1.450.000
Pendaftaran Mutasi : Rp1.750.000
(IAIC) Institut Agama Islam Cipasung Biaya Kuliah Sarjana : Rp2.750.000
Biaya Kuliah Kelas Karyawan : Rp3.000.000
Biaya Kuliah Pascasarjana : Rp5.625.000
Baca juga  Info Terbaru Biaya Kursus Mengemudi Mobil plus SIM A

Informasi biaya studi Pondok Pesantren Cipasung di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk brosur resmi institusi pendidikan yang bersangkutan. Jika dibandingkan TA 2020/2021, biayanya TA 2021/2022 ada yang stabil dan ada yang sedikit naik. Biaya kelas karyawan IAIC misalnya, tetap Rp3 juta. Sementara itu, biaya kuliah S1 IAIC yang dipatok Rp2,7 juta per semester pada TA 2020/2021, naik menjadi Rp2,75 jutaan per semester pada TA 2021/2022.

Pondok Pesantren Cipasung (google: Suhendri)
Pondok Pesantren Cipasung (google: Suhendri)

Syarat Pendaftaran Pesantren Cipasung

Untuk bisa masuk ke Pondok Pesantren Cipasung, calon santri wajib memenuhi beberapa persyaratan, seperti mengisi formulir pendaftaran (rangkap dua), menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 dan 2 x 3 masing-masing dua buah (putri berjilbab putih dan putra berpeci putih), serta melunasi biaya administrasi.

Sementara, jika ingin mendaftar ke MTs Cipasung, calon wajib memenuhi persyaratan seperti mengisi formulir pendaftaran, menyerahkan dua fotokopi STTB/SKHUN yang telah dilegalisir, menyerahkan dua lembar STL, menyerahkan dua lembar surat kelakuan baik dari sekolah asal, menyerahkan 3 lembar pasfoto 3 x 4 dan dua lembar pas foto 2 x 3, menyerahkan dua lembar fotokopi nilai rapor, menyerahkan sertifikat madrasah diniyah/TPA, serta mengisi surat pernyataan.

Baca juga  Biaya Kuliah UISI TA 2022/2023 (Kampus Gresik dan Surabaya)

Syarat pendaftaran untuk SMA Islam Cipasung adalah mengisi formulir, menyerahkan fotokopi ijazah dan SKHUN yang telah dilegalisir (masing-masing empat lembar), menyerahkan dua fotokopi Akte Kelahiran, Nomor Induk Nasional, menyerahkan fotokopi laporan pendidikan semester VI, surat keterangan kelakuan baik dan bebas narkoba dari sekolah, fotokopi KK dua lembar, pasfoto 3 x 4 delapan dan pasfoto 2 x 3 empat lembar, serta surat keterangan mutasi (bagi siswa pindahan).

Nah, untuk IAIC, kelengkapan administrasi yang wajib dipenuhi adalah fotokopi STTB/ijazah MA/SMA dilegalisir sebanyak dua rangkap, pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 4 lembar, surat keterangan baik dan bebas narkoba sebanyak dua rangkap, surat keterangan sehat dari dokter sebanyak dua rangkap, dan dua fotokopi KK.

Pendaftaran Pesantren Cipasung TA 2022/2023

Dilansir dari Instagram Pesantren Cipasung, saat ini Anda sudah bisa mendaftarkan diri sebagai calon santri baru di periode pendidikan TA 2022/2023. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0265) 545832 untuk pondok pesantren, (0265) 545420 untuk MTs, (0265) 545539 untuk SMA, dan (0265) 544003 untuk IAIC. 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar