Biaya Masuk SMA Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu

Kota Batu tidak hanya populer sebagai destinasi wisata menarik. Kota dengan hawa sejuk tersebut juga punya beberapa sekolah dengan kurikulum , salah satunya Al Izzah International Islamic Boarding School. Menyelenggarakan untuk jenjang SMP dan SMA, masuk di sekolah ini memang tidak bisa dikatakan murah.

Sekilas Tentang Al Izzah International Islamic Boarding School

Dikutip dari situs resminya, Pendidikan Muslimah Indonesia (LPMI) Al Izzah pertama kali didirikan oleh Ustaz H. Ali Imron, M.Ag pada tanggal 17 Juli 2006 silam, dan diresmikan oleh Menteri Pemuda & Olahraga, Adiyaksa Daut dan Wali Kota Batu saat itu, Imam Kabul. Berlokasi di Jalan Indragiri Gang Pangkur No. 87, Sumberejo, Kota Batu, LPMI Al Izzah dibangun berlandaskan keinginan yang kuat memberi jawaban alternatif terhadap kecemasan para orang tua mengenai masa depan anak-anaknya, khususnya anak-anak putri.

SMA Al Izzah International Islamic Boarding School - ceramahmotivasi.com

SMA Al Izzah International Islamic Boarding School - ceramahmotivasi.com

Pada awal pendirian, Al Izzah menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang menengah pertama atau SMP, yang kemudian disusul dengan pembukaan pendidikan jenjang menengah atas atau SMA pada tahun 2011. Dengan mengikrarkan diri menjadi sekolah berstandar internasional dan terakreditasi A, Al Izzah tidak butuh waktu lama untuk menjadi salah satu sekolah unggulan di kawasan Kota Batu.

Menawarkan cara-cara baru dan inovatif, program SMP dan SMA Al Izzah mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami. Dalam sistem ini, sekolah berharap santri mengenal secara mantap tentang jati dirinya sebagai generasi Islam, sekaligus mampu menampilkan bakat dan potensi mereka, serta memandang secara optimistis setiap fenomena mutakhir yang kelak dihadapinya. Artinya, mereka harus dididik dalam sebuah lembaga yang mengintegrasikan nilai-nilai fundamental Islam dengan pemberian wawasan yang komprehensif mengenai tantangan di zamannya.

Layaknya lembaga pendidikan lainnya, Al Izzah International Islamic Boarding School juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di tempat ini, dapat ditemukan gedung sekolah yang komprehensif, asrama untuk santri, masjid, ruang makan, fasilitas olahraga, fasilitas tempat belajar di ruang terbuka, learning resources center, lapangan olahraga, laboratorium, taman pengembangan ilmu dan teknologi, gazebo dan saung Al Quran, hall terbuka, klinik kesehatan dan kecantikan, serta guest house.

Program Pendidikan di Al Izzah International Islamic Boarding School

Seperti dijelaskan sebelumnya, LPMI Al Izzah saat ini menaungi program pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA, dengan melakukan terobosan bersamaan dengan isu-isu yang terkait dengan program Sekolah Bertaraf Internasional atau SBI. Sekolah ini lantas melaksanakan program SBI secara mandiri yang berafiliasi dengan kurikulum Cambridge, dan Al Izzah dikatakan sebagai Center of Cambridge International Examination di Jawa Timur.

Seiring dengan berjalan waktu, program kelas international ini telah menjadi program yang sangat strategis dan merupakan salah-satu dari sekian banyak program unggulan di Al-Izzah, dengan derivasi sub-program di antaranya student exchange, teacher exchange, sister school (sekolah-sekolah di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei), literatur bertaraf international, adanya siswa dari negara lain, hingga native speaker yang berkelanjutan dan pendampingan dari dosen perguruan tinggi.

SMA Al Izzah International Islamic Boarding School - sma.alizzah-batu.sch.id

SMA Al Izzah International Islamic Boarding School - sma.alizzah-batu.sch.id

Ada kelas-kelas yang menjadi unggulan di Al Izzah. Kelas Takhassus Al Quran misalnya, merupakan kelas unggulan yang diperuntukkan siswa yang ingin mendalami bidang Al Quran, khususnya pada hafalan. Dalam setiap angkatan, hanya terdapat satu kelas yang memfokuskan pada program ini untuk jenjang SMP. Setiap siswa yang direkrut untuk program ini merupakan siswa terpilih, berdasarkan kemampuan baca Al Quran dan minat orang tua.

Kelas unggulan lainnya adalah Kelas Olimpiade, yang merupakan kelas yang dipersiapkan khusus untuk menyongsong kompetisi di bidang olimpiade dan kemampuan menyusun karya tulis ilmiah. Penyelenggaraan program disesuaikan dengan waktu pelaksanaan olimpiade. Beberapa peserta dan tim olimpiade yang bisa mengikuti program ini adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (OSN MIPA), Kompetisi Ekonomi (KOMPEK), Olimpiade Ilmu Sosial (OIS), dan kompetisi Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Selain jenjang SMP, Al Izzah juga memiliki beberapa program unggulan untuk siswa atau santri yang menempuh pendidikan di jenjang SMA. Pada jenjang ini, masing-masing siswa, baik kelas IPA maupun kelas IPS, ditargetkan untuk bisa menghafal 15 juz Al Quran dan juga akan diberikan kurikulum internasional berbasis Cambridge University.

Biaya Masuk SMA Al Izzah International Islamic Boarding School

Seperti diutarakan sebelumnya, berstandar internasional, biaya masuk di Al Izzah, Kota Batu memang tidak bisa dikatakan murah. Menurut beberapa sumber, biaya sekolah di tempat ini malah dikatakan mencapai angka puluhan rupiah, baik untuk jenjang SMP maupun SMA. Namun, pihak sekolah menuturkan angka itu sebanding dengan pelajaran yang diberikan.

Dikutip dari Surat Keputusan No. SK.05/LPMI-IIBS/2018 tentang Hasil Tes Seleksi Penerimaan Santri Baru SMA Al Izzah International Islamic Boarding School Tahun Pelajaran 2018-2019, biaya masuk di sekolah ini berada di angka Rp35.850.000. Jumlah itu belum termasuk biaya transfer untuk bank, yaitu sebesar Rp1.000 melalui ATM Bank Muamalat/bank lain atau Rp5.000 melalui teller Bank Muamalat/bank lain.

Jika menengok ke tahun 2015/2016 atau tiga tahun sebelumnya, biaya masuk SMA Al Izzah International Islamic Boarding School memang mengalami kenaikan signifikan. Kala itu, biaya untuk bisa bersekolah di tempat ini sebesar Rp23.800.000, termasuk infak sebesar Rp15.000.000, uang seragam, SPP di bulan pertama, lemari, buku sekolah (), buku pesantren, dan dana kegiatan .

Jadwal dan Informasi Kontak

Untuk tahun akademik 2018/2019, pendaftaran santri baru untuk jenjang SMP dan SMA putri sayangnya telah ditutup. Namun, SMA Al Izzah masih membuka pendaftaran untuk santri putra secara online, dengan biaya sebesar Rp500.000. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan nomor telepon (0341) 590363, 595192, atau ponsel di nomor 081333106528.

Baca juga  Rincian & Besaran Biaya Pesantren Al Hikmah Bogor
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Biaya Masuk SMA Al Izzah International Islamic Boarding School, Kota Batu"