Update Biaya Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Indomaret dan Alfamart. Indomaret adalah jaringan minimarket yang memiliki lebih dari 4 ribu gerai di seluruh Indonesia.[1] Bersama Indomaret, Alfamart juga menjadi gerai ritel yang tersebar luas di berbagai penjuru Tanah Air. Selain menjual -barang kebutuhan harian, dua minimarket ini juga memungkinkan pelanggan untuk kirim uang lewat gerai terdekat ke berbagai tujuan. Biaya transfer uang lewat Alfamart dan Indomaret ini kabarnya juga tak terlalu mahal.

Ilustrasi: layanan kirim uang di Indomaret (sumber: dapurku.co.id)
Ilustrasi: kirim uang di Indomaret (sumber: dapurku.co.id)

Selain melalui bank dan ATM, Anda saat ini pun sudah bisa mengirimkan dana melalui Alfamart maupun Indomaret. Jika Anda berencana mengirim atau transfer uang lewat dua minimarket ini, Anda pun tidak perlu memiliki rekening di bank. Namun, ada sejumlah yang perlu dipenuhi untuk melakukan transaksi kirim uang tersebut.

Bacaan Lainnya

Syarat Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret

  • Lengkapi data diri, seperti KTP, paspor, atau SIM yang masih berlaku.
  • Memiliki nomor telepon atau HP yang aktif.
  • Lengkapi data atau informasi pihak penerima uang.

Cara Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret

  • Kunjungi gerai Alfamart atau Indomaret terdekat.
  • Antre ke Indomaret atau Alfamart.
  • Beri tahu kasir bahwa Anda akan melakukan transfer uang.
  • Tunjukkan kartu identitas yang berlaku ke pihak kasir.
  • Informasikan pula identitas dan nomor telepon penerima.
  • Serahkan jumlah uang beserta biaya administrasi kirim uang lewat Indomaret atau Alfamart. Biasanya pelanggan hanya dapat mengirimkan uang dengan nominal mulai dari Rp10 ribu sampai Rp5 juta (tanpa persyaratan harus dalam pecahan uang tertentu).
  • Pengiriman uang melalui gerai Alfamart atau Indomaret pun diproses.
  • Tunggu sampai Anda memperoleh kode MTCN lewat SMS DOMPETKU. Pramuniaga akan memberikan kode MTCN atau kode penerimaan uang (dalam struk) sebagai tanda bukti. Pastikan kode penerimaan uang ini tersimpan dengan baik dan tidak diketahui oleh orang asing, kecuali orang yang menjadi penerima kiriman uang Anda.
  • Kirimkan kode MTCN SMS DOMPETKU kepada penerima.

Seperti mengirimkan uang lewat mesin ATM, Anda pun akan dikenakan sejumlah biaya administrasi ketika mengirimkan dana melalui Alfamart atau Indomaret. Namun tenang saja, biaya yang harus dikeluarkan tidak banyak dan biasanya disesuaikan dengan nominal uang yang Anda kirimkan. Sebagai referensi, berikut biaya transfer uang di dua minimarket tersebut.

Ilustrasi: layanan Alfamart (sumber: hargabelanja.com)
Ilustrasi: layanan Alfamart (sumber: hargabelanja.com)

Biaya Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret

Transfer Uang Biaya Admin
Alfamart Rp15.000 – Rp25.000
Indomaret Rp6.500

Informasi biaya administrasi pengiriman uang di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak minimarket yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa biaya tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Namun, jika dibandingkan ketentuan tahun sebelumnya, biayanya saat ini masih . Sebagai contoh, apabila Anda mengirimkan uang Rp500 ribu lewat Indomaret, maka Anda perlu menyiapkan dana sebesar Rp506.500.

Cara Terima Uang di Alfamart dan Indomaret

  • Siapkan kode transfer atau MTCN yang diberikan oleh pengirim. Kode MTCN atau kode pencairan uang bisa bertahan hingga satu bulan, sehingga penerima tidak perlu terburu-buru dan khawatir uang tersebut akan hangus.
  • Kunjungi Indomaret atau Alfamart terdekat.
  • Antre ke kasir Indomaret atau Alfamart.
  • Beri tahu kasir bahwa Anda akan melakukan pengambilan uang.
  • Tunjukkan kartu identitas asli beserta fotokopinya, lengkap dengan kode MTCN ke pramuniaga.
  • Tunggu proses pencairan uang.

Untuk menerima uang lewat Alfamart atau Indomaret, Anda tidak perlu membayar biaya administrasi. Apabila ternyata kode MTCN hilang atau rusak, sedangkan uang belum dicairkan, segera hubungi customer service TrueMoney di nomor 0804 1000 100 dan sampaikan keluhan Anda.

Coba Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret - (www.momsmoney.id)
Coba Transfer Uang di Alfamart dan Indomaret – (www.momsmoney.id)

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara kirim dan terima uang lewat Alfamart dan Indomaret? Dengan metode transaksi ini, Anda bisa berkirim dana tanpa antre lama dan tak perlu jauh-jauh ke bank. Ini sekaligus menjadi solusi bertransaksi jarak jauh bagi Anda yang tidak memiliki rekening tabungan di bank. Proses kirim uang lewat Indomaret dan Alfamart ini bisa dilakukan kapan saja dan di gerai mana saja yang paling dekat dengan rumah Anda. Proses kirim uang ini juga sangat cepat dan dapat langsung diambil penerima, segera setelah memperoleh kode MTCN.

(Panca)

[1] Ibrahim, J. & Yohanes H. S. 2018. Kejahatan Transfer Dana: Evolusi dan Modus Kejahatan Melalui Sarana Lembaga Keuangan Bank. Jakarta: Sinar Grafika, hlm 91.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *