Pilihan dan Harga Tiket Bus Malang-Jogja

Yogyakarta (atau sering ditulis Jogja) merupakan salah satu tujuan liburan yang cukup populer, karena memiliki pantai yang oke, peninggalan bersejarah yang terawat, hingga budaya yang masih lestari hingga detik ini. Jika Anda ingin jalan-jalan ke Kota Gudeg menggunakan transportasi umum dan kebetulan berangkat dari Malang, saat ini sudah banyak perusahaan otobus yang melayani relasi tersebut dengan harga yang dapat dikatakan relatif terjangkau.

Ilustrasi: armada bus (sumber: genjosholiday.com)
Ilustrasi: armada bus (sumber: genjosholiday.com)

Seperti diketahui, dalam kehidupan masyarakat modern, transportasi yang memadai menjadi salah satu poin yang sangat penting. Transportasi sendiri adalah perpindahan orang atau barang dengan menggunakan alat atau kendaraan dari dan ke tempat yang terpisah secara geografis.[1] Transportasi ini digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Bacaan Lainnya

utama transportasi ini adalah bagaimana memindahkan orang ke ruang akhir tertentu dengan biaya paling rendah yang dimungkinkan.[2] Untuk jarak dekat atau hanya di dalam kota, Anda mungkin bisa menggunakan becak, angkutan kota atau mikrolet, atau ojek online jika ingin menghemat biaya. Lalu, bagaimana apabila Anda ingin bepergian dengan jarak yang jauh antar-kota bahkan antar-provinsi?

Baca juga  Info Terbaru Harga Vacuum Cleaner Sanyo (AQUA Japan) 350 Watt dan 480 Watt

Saat ini, sebenarnya sudah ada pesawat yang dapat mengantarkan Anda ke luar provinsi, bahkan ke luar negeri, dalam waktu yang relatif singkat. Sayangnya, harga pesawat dapat dikatakan cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Sebagai alternatif yang lebih terjangkau, akhirnya banyak yang memilih menumpang bus.

Pilihan Bus Malang-Jogja

Jika Anda kebetulan ingin bepergian ke Jogja dari Malang, sekarang sudah ada banyak perusahaan otobus yang dapat Anda jadikan transportasi. Nama pertama yang cukup populer adalah Malang Indah. Ini adalah perusahaan otobus dengan warna kebesaran hijau-putih, yang tidak hanya menyediakan armada bus, melainkan juga layanan travel. Untuk relasi Malang, bus ini melayani tujuan ke Jogja, Solo, Ngawi, Salatiga, Semarang, dan Denpasar.

Alternatif lainnya adalah PO Rosalia Indah, dengan warna kebesaran oranye. Untuk relasi Malang-Jogja maupun sebaliknya, Rosalia Indah menggunakan tiga kelas bus, yakni Micro Bus berkapasitas 20 kursi, Executive dengan kapasitas 32 kursi, dan Executive Plus dengan kapasitas 26 kursi. Masing-masing bus setidaknya sudah dilengkapi fasilitas reclining seat, AC, LCD TV, musik, snack, dan free air mineral.

Ada pula PO Handoyo, sebuah perusahaan otobus yang cukup terkenal dan berbasis di Magelang. Melayani banyak trayek di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Malang, PO Handoyo menggunakan buatan Hino dan Mercedes-Benz dengan kombinasi interior yang sudah modern, bersih, dan nyaman. Bus kelas ekonomi memakai konfigurasi tempat duduk 2-3, sedangkan bus kelas patas, executive, dan VIP mengusung konfigurasi kursi 2-2.

Baca juga  Info Terbaru Harga Troli Barang 2 Roda

Pilihan lainnya adalah Safari Dharma Raya, sebuah perusahaan transportasi yang berada di bawah naungan PT Safari Dharma Sakti. Perusahaan ini melayani perjalanan masyarakat Tanah Air dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus malam, bus pariwisata, dan ekspedisi paket kilat. Membuka rute Jakarta, Bogor, Tangerang, Semarang, Temanggung, Yogyakarta, Surabaya, dan Malang (untuk Pulau Jawa), Safari Dharma Raya membagi kelas bus menjadi super executive, executive, patas, dan non-AC.

Mengenai harga bus relasi Malang-Yogyakarta, sebenarnya dapat dikatakan cukup terjangkau. Selain itu, tarif bus yang satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda. Biasanya, tarif bus malam akan lebih mahal dibandingkan bus kelas ekonomi. Jika penasaran, berikut kami sajikan informasi terbaru harga tiket bus Malang-Jogja.

Ilustrasi: armada bus di Terminal Arjosari Malang (sumber: urbanasia.com)
Ilustrasi: armada bus di Arjosari Malang (sumber: urbanasia.com)

Harga Bus Malang-Jogja

Nama Armada Bus Harga
Handoyo VIP : Rp130.000
Safari Dharma Raya Executive : Rp135.000
Rosalia Indah Reguler : Rp155.000
Wijaya Baru Reguler : Rp180.000
Malang Indah Shuttle Bus : Rp210.000
Baca juga  Rute dan Update Tarif Tiket Trans Jogja

Informasi harga tiket bus jurusan Malang-Jogja di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website resmi perusahaan otobus yang bersangkutan. Perlu Anda ingat bahwa tarif bus tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan perusahaan. Biasanya, harga tiket akan naik saat musim liburan.

Selain bus, Anda pun bisa memanfaatkan jasa travel ketika ingin bepergian dari Malang menuju Yogyakarta. Salah satu agen travel yang melayani rute ini adalah Dieng Travel, dengan tarif Rp200 ribu per kursi. Ada juga ATM Travel yang menawarkan tarif Rp140 ribuan. Harga yang sama juga diberikan Anugrah Travel Malang dan Kresna Trans Jaya. Sementara itu, KAF Travel mematok tarif Rp170 ribu, sedangkan harga tiket Dewata Indah mulai Rp160 ribuan per seat.

[1] Rahmat, Abdul Rohman Amat dan Alvino Octaviano. 2016. Aplikasi Pemesanan Tiket Bus Berbasis Web (Studi Kasus pada PO. Harapan Jaya).Jurnal Informatika Universitas Pamulang, Vol. 1(1): 1-11.

[2] Nugroho, Danar Adi dan Siti Malkhamah. 2018. Manajemen Sistem Transportasi Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol. 20(1): 9-16

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.