Info Terbaru Syarat dan Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Diakui atau tidak, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui berapa untuk melakukan baru, baik untuk daya 450 Watt, 900 Watt, maupun 1300 Watt. Selain itu, tidak sedikit dari mereka yang tidak mengetahui syarat-syarat apa saja yang diperlukan jika ingin memasang sambungan baru di hunian mereka.

Ilustrasi: instalasi listrik PLN (sumber: jitunews.com)

Ilustrasi: listrik PLN (sumber: jitunews.com)

Meski sudah sering diadakan sosialisasi secara gencar oleh Listrik Negara atau PLN, akan tetapi banyak masyarakat yang akan melakukan pasang listrik baru terkecoh dengan berapa besaran biaya yang harus diberikan pada oknum yang mengaku sebagai instalatir atau petugas PLN. Padahal, tak jarang sebagian besar dari mereka yang memasang tarif tinggi dalam pemasangan listrik baru adalah seorang oknum yang melakukan pungli.

Permohonan pemasangan listrik baru kepada PLN bisa kita lakukan dengan dua cara, baik offline maupun online. Permohonan offline dapat dilakukan dengan mengunjungi langsung kantor pelayanan PLN di daerah masing-masing. Sementara, permohonan online dapat dilakukan melalui website resmi PLN di alamat //www.pln.co.id//pelayanan-online/sambungan-baru. 

Syarat Pasang Listrik Baru

  • Membayar biaya penyambungan (BP), uang jaminan langganan (UJL) (bagi layanan pascabayar), dan biaya materai.
  • Membeli stroom perdana sebesar minimal Rp5.000 bagi layanan listrik sistem prabayar.
  • Menyediakan tempat untuk pemasangan pengukur dan pembatas (APP) dan instalasi PLN seperti tiang listrik, penghantar dan gardu apabila diperlukan oleh PLN. 
  • Telah menyelesaikan kewajibannya kepada PLN apabila di lokasi bangunan yang akan dilakukan penyambungan terdapat kewajiban jual beli tenaga listrik yang belum diselesaikan atas pemakaian tenaga listrik sebelumnya.
Biaya Pemasangan Listrik Baru - wartakota.tribunnews.com

Biaya Pemasangan Listrik Baru - wartakota.tribunnews.com

  • SLO ( Laik Operasi), yaitu yang diterbitkan oleh Lembaga Inspeksi Teknik (LIT) yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melakukan inspeksi kelaikan operasi atas instalasi listrik yang dipasang di bangunan pemohon listrik. Ini diperlukan untuk mencegah kecelakaan di kemudian hari, seperti kebakaran yang merugikan harta dan nyawa pelanggan.
  • Fotokopi identitas pemilik atau bangunan (KTP/SIM) yang masih berlaku.
  • Denah atau peta lokasi rumah (diperlukan untuk memudahkan dalam proses survei lapangan).
  • Surat kuasa jika pengajuan permohonan diwakilkan.
  • Proses penyambungan tenaga listrik akan dibatalkan, apabila di lokasi bangunan yang akan dilakukan penyambungan terdapat putusan pengadilan dan/atau ketentuan pemerintah sedemikian sehingga bangunan tersebut harus dibongkar. Biaya penyambungan terkait pembatalan penyambungan ini tidak dapat dikembalikan kepada pelanggan, jika PLN telah melakukan investasi untuk penyambungan tenaga listrik tersebut.

Biaya Pasang Listrik 1300 Watt

Nah, setelah mengetahui syarat-syarat yang diperlukan, lalu berapa biaya yang dikeluarkan untuk melakukan pemasangan listrik baru dengan kapasitas 1300 Watt? Menurut Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Nomor 33 tahun 2014 tentang Tingkat Mutu Pelayanan dan Biaya yang Terkait dengan Penyaluran Tenaga Listrik oleh PT PLN (Persero), biaya pemasangan listrik baru kapasitas 1300 Watt adalah sebesar Rp1.218.000, belum termasuk biaya sertifikat layak operasi (SLO) sebesar Rp95 ribu. Jika memasang pascabayar, konsumen juga perlu membayar uang jaminan langganan (UJL) sebesar Rp133 per VA atau total Rp172.900.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Biaya Sertifikasi Professional Financial Modeler (PFM)
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!
  1. author

    Liza2 bulan ago

    Aku bayar total semua nya kurang lebih 5juta ..

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Syarat dan Biaya Pasang Listrik 1300 Watt"