Update Harga Telur Ikan Salmon Semua Merk

Caviar hitam merupakan salah satu jenis telur ikan yang paling mahal karena sulit didapatkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencoba kelezatan telur ikan, karena ada salmon roe yang harga jualnya relatif lebih murah. Telur ikan salmon ini tidak hanya memiliki rasa yang lezat, tetapi juga yang menarik.

Black caviar (sumber: freepik)
Black caviar (sumber: freepik)

Kebanyakan orang mungkin lebih familiar dengan daging ikan salmon daripada telurnya. Daging ikan salmon tidak hanya bisa dimakan dalam kondisi matang atau dimasak, tetapi juga mentah. Raw salmon atau salmon mentah biasa dipakai untuk membuat sushi tanpa perlu dimasak atau dipanaskan dan hanya diiris tipis, kemudian dicelup bumbu untuk dimakan.[1]

Bacaan Lainnya

Selain dimanfaatkan dagingnya, telur ikan tersebut juga terbilang lezat. Telur ikan salmon pun bisa dimakan dalam kondisi matang atau mentah, tetapi kebanyakan orang lebih suka mengonsumsinya tanpa dimasak. Salmon roe dalam kondisi mentah ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan sushi. Biasanya, telur ikan tersebut dijadikan sebagai topping di atas buntalan sushi.

Resep Sushi Telur Ikan Salmon

Membuat sushi telur ikan salmon tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan dua hingga tiga sendok makan telur salmon mentah, satu lembar nori atau rumput laut, soyu atau kecap asin secukupnya, minyak wijen, nasi secukupnya, dan aneka sayur yang sudah dikupas. Sebaiknya, Anda memakai jenis sayur yang tidak terlalu lembek, misalnya wortel, lobak, dan asparagus.

Baca juga  Update Harga Gendongan Bayi Depan Model Kangguru

Masukkan nasi ke dalam mangkuk berukuran kecil dan tambahkan sedikit soyu, beberapa orang juga suka menambahkan lada supaya rasanya semakin lezat. Aduk nasi hingga rata dan masukkan minyak wijen supaya nasi tidak berbau amis dan rasanya lebih gurih. Ambil tatakan sushi dan letakkan satu lembar rumput di atasnya.

Letakkan nasi di atas rumput secara merata dari ujung ke ujung. Anda bisa memakai sendok atau spatula untuk mencetak nasi di atas nori, sehingga tidak terlalu tebal. Setelah itu, letakkan sayuran di bagian pinggir nori. Usahakan sayuran sudah diiris tipis dengan pola memanjang. Jika Anda suka sayur mentah, Anda tidak harus memasaknya, tetapi jika Anda lebih suka sayur matang, Anda bisa merebusnya terlebih dahulu.

Gulung bagian ujung rumput menggunakan tatakan atau cetakan sushi. Usahakan tangan Anda menekan bagian pinggir gulungan dengan kekuatan penuh, supaya nasi tidak berhamburan. Tekan bagian pinggir dan tengah sushi yang sudah digulung hingga berbentuk bulat sempurna. Biarkan berada di cetakan selama 1 menit supaya nori bisa membungkus nasi dengan sempurna dan agak lengket.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Menu Flip Burger

Lepas tatakan sushi dengan cara membuka gulungan secara perlahan. Usahakan tangan Anda tetap memegang sisi atas sushi selagi gulungan dibuka, supaya rumput tidak sobek. Letakkan sushi yang sudah jadi di talenan dan siapkan pisau dapur yang tajam. Gunakan pisau bermata lurus dengan ukuran besar karena akan mempermudah proses pemotongan sushi tanpa membuat nasi melekat di mata pisau.

Sebagai tips, jika Anda merasa pisau yang Anda gunakan tidak terlalu besar untuk memotong sushi, Anda bisa mengoleskan sedikit minyak wijen di mata pisau. Sehingga, pisau akan lebih tajam dan licin saat dipakai. Potong sushi Anda dengan ukuran yang sama. Biasanya untuk satu lembar nori berukuran kurang dari 30 cm, akan menghasilkan 5 hingga 7 potong sushi.

Sushi yang sudah dipotong harus dibalik dengan posisi bagian tengah menghadap ke atas. Ini akan membuat tampilan sushi menjadi semakin menarik karena ada pola lingkaran di dalamnya. Setelah itu, letakkan setengah sendok teh telur ikan salmon di bagian atas sushi. Selain untuk menambah rasa, salmon roe juga membuat makanan Anda menjadi lebih cantik. Bisa dibilang, telur tersebut multifungsi, yakni bisa dimakan sekaligus dijadikan garnish.

Baca juga  Update Harga Mayonaise Mamasuka (Alfamart, Indomaret, dan Situs E-Commerce)
Sushi telur ikan salmon
Sushi telur ikan salmon

Jika Anda tertarik membuat sushi seperti di atas, pastikan Anda sudah membeli salmon roe. Namun, sebelumnya Anda juga perlu mengetahui harga telur salmon untuk mengetahui yang diperlukan dalam membuat sushi.

Harga Telur Ikan Salmon

Merk/Varian Telur Ikan Salmon Harga
Ikura Hokkaido Telur Ikan Salmon gr Rp205.000
CNN Raw Salmon Roe gr Rp313.000
Stuhrk Trout Caviar Fresh Roe 50 gr Rp365.000
Pycckoe Telur Ikan Salmon 120 gr Rp409.634
Labeyrie Telur Ikan Salmon 200 gr Rp435.000
Ikura Telur Ikan Salmon gr Rp580.000
Ikura Telur Ikan Salmon 1 kg Rp1.885.000

Harga telur ikan salmon tersebut telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga telur ikan salmon di pasaran saat ini cenderung menurun. Misalnya, telur ikan salmon Ikura Hokkaido gr yang awalnya dijual seharga Rp370 ribu, kini menjadi Rp205 ribu. Tak jauh berbeda dengan harga telur ikan salmon Labeyrie 200 gr yang ikut turun dari Rp495 ribu menjadi Rp435 ribu.

[Update: Ditta]

[1] Taufik, Tassya Fatimah, dkk. 2017. Identifikasi Bakteri Coliform pada Salmon Mentah dalam Sajian Sushi di Restoran Jepang di Bandar Lampung. Medula Universitas Lampung, Vol. 7(5): 210-214.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.