Update Biaya dan Cara Bayar Tagihan XL Pascabayar (XL Prioritas) Tanpa Kartu Kredit

Selain prabayar, XL Axiata juga menyediakan layanan pascabayar kepada pelanggan setia mereka yang diberi nama XL Prioritas. Ini adalah layanan berlangganan dengan pembayaran yang ditagih setiap bulan. Bagi pelanggan yang menggunakan layanan ini, bisa membayar tagihan tanpa kartu kredit, yaitu melalui ATM, SMS banking, internet banking, atau langsung di XL Center. Harga XL Prioritas bervariasi tergantung paket yang dipilih.

Starterpack XL Prioritas (sumber: techinasia.com)
Starterpack XL Prioritas (sumber: techinasia.com)

Dikutip dari situs resminya, XL Prioritas merupakan konsep ulang dari kartu pascabayar XL yang bertujuan untuk memberikan pelanggan jaringan 4G LTE yang paling cepat. Dengan kartu ini, pelanggan diklaim bisa melakukan download dengan kecepatan hingga 10 kali lebih cepat dari jaringan 3G, kemudahan dalam menjelajah internet, menonton video dengan kualitas maksimal, permainan near-real time, serta download lagu dan foto dalam hitungan detik dan film dalam hitungan menit.

Bacaan Lainnya

Masih menurut sumber yang sama, XL membagi layanan XL Prioritas menjadi dua, yaitu Mobile dan Broadband. Dengan layanan Mobile (Prio Plan), pengguna diklaim mendapatkan jaringan 4G LTE tercepat, kemudahan dalam memantau tagihan dan penggunaan via myXL Postpaid, dan mengatur semua yang ada di smartphone. Manfaat yang sama juga bakal diperoleh melalui layanan Broadband (Prio Go).

Harga/Biaya XL Prioritas

Paket XL Prioritas MobileplanHarga (Rp)Keterangan
Silver85.000/bulan20 GB, unlimited nelpon ke XL & AXIS, 100 menit ke operator lain, free SMS, unlimited kuota apps, bonus 7 hari akses VIDIO Platinum, dapatkan kuota 40 GB/bulan dengan menggunakan kartu kredit.
Gold87.500/bulanUnlimited internet, unlimited nelpon ke XL & AXIS, 150 menit ke operator lain, free SMS, bonus 30 hari akses VIDIO Platinum.
123.000/bulanKuota internet unlimited, unlimited nelpon ke XL & AXIS, 250 menit ke operator lain, free SMS, bonus 30 hari akses VIDIO Platinum.
Diamond305.000/bulanKuota internet unlimited, unlimited nelpon ke XL & AXIS, 350 menit ke operator lain, free SMS, bonus 30 hari akses VIDIO Platinum.
Ultima505.000/bulanKuota internet unlimited, unlimited nelpon ke XL & AXIS, unlimited nelpon ke operator lain, free SMS, bonus 30 hari akses VIDIO Platinum.

Jika dibandingkan tahun 2019 lalu, harga Xl Prioritas mengalami perubahan pada 2020. Perubahan yang dimaksud yakni pada jumlah kuota yang diberikan. Misalnya, untuk paket myPrio Plan Silver yang awalnya ditawarkan sebesar 12 GB, pada 2020 ditingkatkan menjadi 15 GB. Terdapat paket Xl Prioritas baru pada 2020 bagi pelanggan yakni myPrio Ultima dengan tarif Rp888 ribu bulan.

Untuk menarik minat banyak pelanggan, rupanya XL menurunkan tarif berlangganan untuk XL Pascabayar (Prioritas) pada 2021. MyPrio Ultima X yang sebelumnya mencapai Rp888 ribu bulan, diskon menjadi Rp300 ribu pada 2021, namun tahun 2022 naik jadi Rp505 ribu per bulan.

Demikian pula untuk pilihan paket XL Prioritas lain seperti Silver yang sebelumnya dipatok Rp100 ribu, Gold sebelumnya Rp150 ribu, Rp250 ribu, dan Platinum Rp450 ribu, pada 2021 semuanya turun harga kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah dari tarif sebelumnya. Pada 2022 yang turun harga adalah paket Gold dari Rp105 ribu menjadi hanya Rp87.500 saja, hanya terpaut sedikit dengan paket Silver.

Selain paket dasar, XL juga menyediakan berbagai macam pilihan booster yang memungkinkan pelanggan untuk memperpanjang data, voice, dan kebutuhan akan SMS. Jika pelanggan membutuhkan lebih banyak, maka dapat menambahkan booster ini kapan saja melalui myXL Postpaid atau SMS ke *123#.

Harga Paket Booster XL Prioritas

Ilustrasi: pengguna XL Prioritas
Ilustrasi: pengguna XL Prioritas
Paket BoosterHarga (Rp)Keterangan
Data 4 GB30.000Sekali
20.000Berulang
Data 7 GB35.000Sekali
30.000Berulang
Data 10 GB40.000Sekali
35.000Berulang
Data 15 GB50.000Sekali
45.000Berulang
Data 20 GB60.000Sekali
55.000Berulang
Data 30 GB75.000Sekali
60.000Berulang
Data 35 GB100.000Sekali beli
75.000Berulang
Data 75 GB200.000Sekali beli
180.000Berulang

Sementara itu, untuk paket Booster XL Prioritas terpantau sedikit mengalami perubahan saat ini. Untuk pilihan booster data 1 GB, 2 GB, 3 GB, dan 6 GB kini sudah tidak tersedia dan digantikan dengan paket booster lainnya. Namun, harga paket booster bulanan XL Prioritas pada 2022 masih sama seperti tahun 2021 lalu. Sedangkan untuk paket offnet, prio film, musik, medsos, dan komplit kini sudah tidak tersedia. Untuk menggunakan paket ini, calon pelanggan wajib melakukan registrasi terlebih dahulu.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2016 beserta perubahannya tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, maka registrasi kartu pascabayar harus melalui proses verifikasi dan validasi kartu identitas yang terdaftar di database Direktorat Jenderal Kependudukan & Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Ditjen Dukcapil).

Dian Sastrowardoyo, brand ambassador XL Prioritas (sumber: tribunnews)
Dian Sastrowardoyo, brand ambassador XL Prioritas (sumber: tribunnews)

Jika calon pelanggan adalah WNI (Warga Negara Indonesia), perlu menyiapkan e-KTP dan KK. Sementara, apabila calon pelanggan adalah WNA (Warga Negara Asing), harus menyiapkan paspor, Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), dan/atau Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Registrasi kartu pascabayar XL Prioritas sendiri saat ini hanya bisa dilakukan dengan mendatangi XL Center/XPLOR/Prioritas Center atau gerai mitra XL dengan membawa syarat yang ditetapkan.

Bayar Tagihan XL Prioritas

Untuk para pelanggan, bisa melihat jumlah tagihan XL Prioritas dengan menekan *123# lalu pilih MyInfo dan Info Tagihan. Selain itu, pengecekan tagihan juga bisa dilakukan melalui aplikasi myXL Postpaid, dengan cara cek menu ‘Billing/Tagihan’, pilih ‘Bulan’ dan klik tombol di sebelah kanan, lalu tagihan akan terunduh di handphone dalam format PDF. XL sendiri akan mengirim tagihan setiap tanggal 4-10 setiap bulannya.

Untuk membayar tagihan XL Prioritas, pelanggan wajib menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan tagihan yang dikenakan. XL sendiri tidak menerima pembayaran tagihan pascabayar dengan cara pengisian pulsa. Menurut informasi di situs resminya, pembayaran tagihan XL Prioritas bisa dilakukan melalui kartu kredit, auto debet, ATM, atau langsung mendatangi XL Center.

Jika pelanggan melakukan pembayaran tagihan melalui ATM atau transfer bank, bisa memilih menu ‘Pembayaran’, pilih menu ‘Telepon/HP’, pilih XL/XPLOR, masukkan nama Prioritas Anda, dan bayar tagihan sesuai dengan yang tertera pada layar. Pembayaran ini bisa dilakukan via ATM BCA, BNI, Bank Mandiri, Bank Mega, BII, Bank Bukopin, Bank OCBC NISP, Bank Permata, Bank DKI, Bank Eksekutif, Bank Panin, Bank Jatim, dan Bank HSBC.

Selain itu, pembayaran tagihan XL Prioritas juga bisa dilakukan melalui layanan ATM Bersama, internet banking, maupun SMS banking, dengan langkah-langkah tidak jauh berbeda seperti di atas. Sementara, apabila domisili pelanggan dekat dengan XL Centre atau XPLOR, bisa melakukan pembayaran tagihan XL Prioritas langsung di lokasi dengan cara tunai maupun kartu kredit.

Untuk informasi tambahan, batas waktu pembayaran tagihan XL Prioritas adalah tanggal 27 setiap bulannya. Jika pelanggan belum membayar sampai melebihi tanggal jatuh tempo, nomor pelanggan akan terblokir. Untuk memastikan pembayaran Anda telah berhasil, Anda bisa melihat status pembayaran melalui aplikasi myXL Postpaid setiap saat.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *