Info Biaya Admin Kartu Mandiri Silver GPN & VISA

Dari berbagai bank yang ada di Indonesia, Bank Mandiri bisa dikatakan menjadi salah satu bank favorit masyarakat Indonesia untuk menabung atau menyimpan uang. Bank milik pemerintah ini memang telah melayani berbagai transaksi keuangan mulai dari kredit, transfer, e-money, deposito, dan masih banyak lagi. Untuk fitur kartu ATM pun ada bermacam-macam jenisnya. Salah satu jenis kartu debit Mandiri yang banyak digunakan nasabah adalah Silver GPN dan VISA, karena biaya admin kartu ini termasuk murah.

Kartu Mandiri Silver GPN (sumber: cnbc)
Kartu Mandiri Silver GPN (sumber: cnbc)

Dengan membuka rekening tabungan di Bank Mandiri, Anda dapat menikmati banyak pilihan layanan yang dapat mempermudah transaksi Anda. Pasalnya, Bank Mandiri telah didukung dengan jaringan mesin ATM yang cukup luas hampir di seluruh kota yang ada di Indonesia. Bahkan, Anda juga bisa menarik uang dari rekening Bank Mandiri Anda lewat sejumlah yang telah bekerja sama dengan bank tersebut.

Bacaan Lainnya

Tak hanya ketersediaan mesin ATM yang jangkauannya telah luas, Bank Mandiri pun memiliki berbagai fitur lain seperti Mandiri Online, Mandiri Clickpay, Mandiri SMS, Mandiri Call, dan sebagainya. Semua layanan tersebut dapat Anda aktifkan sekaligus saat pembukaan rekening tabungan di Bank Mandiri. Jika belum memiliki salah satu layanan, Anda bisa langsung pergi ke cabang Bank Mandiri dan mengunjungi customer service untuk meminta layanan tersebut diaktifkan.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga dan Cara Daftar Paket Internet Kartu As Bulanan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kartu ATM menjadi fitur yang paling banyak dibutuhkan oleh nasabah Mandiri. Nah, bagi Anda yang membutuhkan kartu ATM (debit card) dengan biaya admin yang rendah, tak ada salahnya melirik produk kartu Mandiri Silver. Mandiri Silver adalah jenis kartu debit Mandiri dengan biaya admin paling rendah. Namun, limit transfer, setoran tunai, dan tunai tidak sebesar kartu debit Mandiri Gold atau Platinum.

Setidaknya ada 2 pilihan kartu debit Mandiri Silver yang ditawarkan oleh Bank Mandiri, yakni kartu ATM Mandiri Debit Silver GPN dan Mandiri Debit Silver VISA. Berikut ulasannya.

Fitur Kartu Mandiri Debit

  • Transaksi online/e-commerce: Merupakan fitur dari Mandiri Debit VISA yang memberi kemudahan untuk Anda saat melakukan pembayaran di merchant online/e-commerce.
  • Livin’ Poin: Program untuk meningkatkan loyalitas nasabah Bank Mandiri di mana nasabah diberikan poin berdasarkan saldo rata-rata tabungan dan atau transaksi yang dilakukan oleh nasabah melalui mesin dan atau transaksi yang ditentukan bank melalui e-channel maupun cabang, baik menggunakan kartu Mandiri Debit maupun Mandiri kartu kredit.
  • Tarik tunai ATM: Dapat digunakan untuk tarik tunai, transfer, atau transaksi lainnya di mesin-mesin ATM Mandiri, LINK, atau bank lainnya.
  • Transaksi luar negeri: Mandiri Debit didukung oleh jaringan VISA di seluruh dunia sehingga nasabah Bank Mandiri dapat melakukan transaksi tarik tunai (cash withdrawal) di seluruh ATM dan transaksi belanja di mesin EDC (point of sales) yang bertanda VISA/Plus.
  • Promo: Pemilik kartu debit Mandiri bisa menikmati berbagai promo yang disuguhkan oleh merchant yang telah bekerja sama.
  • Chip & pin: Bank Mandiri telah menggunakan kartu ATM berbasis chip. Kartu berbasis chip relatif lebih aman dibandingkan transaksi menggunakan kartu berbasis magnetic stripe karena mengurangi risiko pencurian data nasabah dan transaksi skimming.[1]
Baca juga  Info Terbaru Cara Buka Rekening Mandiri, BNI dan BRI Tanpa NPWP

Perbedaan Kartu Mandiri Silver GPN & VISA

VISA adalah salah satu jaringan perbankan terbesar di dunia yang sudah dikenal sangat lama. Oleh sebab itu, kartu Debit Bank Mandiri Visa bisa dipergunakan di seluruh jaringan ATM dan VISA di seluruh dunia. Selain itu, terdapat berbagai promosi yang diberikan pada pemegang kartu debit VISA serta bisa digunakan untuk berbelanja online atau top up e-wallet seperti OVO, Dana, atau LinkAja.

Kartu Mandiri Silver VISA (twitter: @audie_l_)
Kartu Mandiri Silver VISA (twitter: @audie_l_)

Sedangkan GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional adalah sistem jaringan yang mengintegrasikan   transaksi nasional dan resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) pada Mei 2018. Kartu debit Mandiri Silver GPN ini dikenakan biaya yang lebih murah karena memproses semua proses transaksi di dalam negeri.

Biaya Admin Mandiri Silver

Jenis Kartu & Layanan Mandiri Silver Biaya
Mandiri Silver GPN Rp2.500
Mandiri Silver VISA Rp4.500
Penggantian jenis kartu (ke kartu sejenis atau upgrade) Rp20.000
Penggantian kartu hilang/rusak Rp20.000
Penggantian kartu karena masa berlaku kartu habis Rp20.000
Penggantian kartu karena tertelan/skimming Rp20.000
Penggantian pin ATM melalui cabang Rp5.000
Baca juga  Review Pengalaman Nasabah dan Update Biaya TabunganKu Bank Mandiri

Biaya administrasi kartu Mandiri Silver GPN akan dibebankan terpisah ke rekening nasabah. Sedangkan biaya admin kartu Mandiri Silver VISA akan dibebankan setiap bulan sesuai tanggal aktivasi kartu. Untuk mengetahui info lebih lengkap seputar biaya admin Mandiri Silver, Anda bisa langsung datang ke Bank Mandiri atau menghubungi Mandiri Call 14000.

[1]Amalia, D & Dian HR. 2022. Strategi Public Relations Dalam Krisis Masa Pandemi. Malang: Literasi Nusantara Abadi, hlm 24.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *