Info Terbaru Biaya (Tarif) Layanan Internet Banking Bank Mandiri 2017

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat telah membawa dampak terhadap layanan perbankan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan layanan untuk bertransaksi. Dari sekian banyak yang menyediakan layanan tersebut, Mandiri merupakan salah satu yang memiliki layanan internet untuk mempermudah nasabahnya.

Dalam memanfaatkan layanan internet banking Bank Mandiri, akan dikenai biaya dalam setiap yang dilakukan, seperti biaya (tarif) yang berlaku di tahun 2017 ini tentang transfer antar bank via kliring, Anda akan dikenai tarif sebesar Rp 5.000 sekali .

Layanan Internet Banking - (Sumber: bbc.com)

Layanan Internet Banking - (Sumber: bbc.com)

Selain transaksi antar bank via kliring, nasabah juga dapat menikmati layanan lainnya, beserta berapa besar biaya yang dibebankan. Informasi lebih lanjut mengenai besarnya biaya (tarif) layanan internet banking Bank Mandiri, Anda dapat melihat tabel di bawah ini.

Daftar Biaya (Tarif) Layanan Internet Banking Bank Mandiri 2017

Jenis Transaksi Biaya (Tarif) (dalam rupiah)
Transfer Antar Bank via kliring 5.000
Transfer Antar Bank via RTGS 25.000
Pembayaran tagihan PLN 3.500
Pembayaran Kartu Kredit Bank Lain 7.500
Pembayaran STIE Trisakti 3.500
Pembayaran PBB (Pajak Bumi & Bangunan) 2.500
Pembayaran Modul Penerimaan Negara (MPN) 2.500
Pembayaran Tagihan Gas Negara (PGN) 2.500
Pembayaran Tagihan PAM Kota Bandung 2.000
Pengambilan Token PIN Mandiri pertama kali 20.000
Penggantian Token karena kesalahan nasabah 100.000
Transfer Online (High Value Transaction*) 15.000

Layanan tersebut dapat Anda manfaatkan selama 24 jam, dan tarif yang berlaku adalah tarif baru yang mulai berlaku pada 1 Agustus 2017. Selain internet banking, Bank Mandiri juga menyediakan layanan SMS dan mobile banking bagi para nasabahnya.

Apabila Anda berminat ingin menikmati layanan internet banking tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

Syarat

  • Memiliki , giro rupiah dan atau mata uang lainnya (sebagai rekening berikutnya bukan rekening utama).
  • Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu Mandiri Debit sedangkan untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Passport, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu Mandiri Debit)

Langkah Pendaftaran

  • Melakukan pendaftaran Mandiri Internet di ATM (untuk mendapatkan nomor Access ID dan Access Code). Caranya adalah masuk ke menu utama dan pilih registrasi e-banking serta ikuti petunjuk yang ada di layar ATM untuk membuat Access Code. Sedangkan untuk nomor Access ID, gunakan 16 digit nomor kartu Mandiri Debit Anda. (baca: cara registrasi di mesin ATM) Jangan lupa setelah melakukan registrasi melalui Mandiri ATM, segera dapatkan Token di cabang Bank Mandiri dengan mengisi formulir aplikasi Penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.
  • Selain di ATM, Anda juga bisa mendatangi Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat. Di sana, Anda akan melalui langkah-langkah seperti mengisi formulir aplikasi pendaftaran eBanking (Mandiri Internet yang ada di cabang, atau Anda juga bisa mendonwload di alamat www.bankmandiri.co.id/registrationform-smsbanking.pdf. Selanjutnya, bank akan mengirim Access ID ke alamat e-mail Anda dan Access Code harus Anda ambil kembali di cabang tersebut beberapa hari setelah pendaftaran (Access Code diserahkan dalam amplop tertutup), serta dapatkan Token dengan mengisi formulir aplikasi penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.

Langkah Aktivasi. Langkah ini merupakan langkah untuk melakukan aktivasi Mandiri Internet dan Token, yaitu dengan cara Klik tombol aktivasi pada situs www.bankmandiri.co.id, dan masukkan/input Access ID dan Access Code yang diperoleh dari bank setelah Anda melakukan registrasi di ATM atau cabang Bank Mandiri. Selanjutnya, membuat sendiri User ID dan PIN Internet Banking Mandiri Anda untuk bisa log in ke dalam layanan Internet Banking Mandiri. Lalu, klik tombol Login di situs di www.bankmandiri.co.id, dan masuk ke menu dan pilih Aktivasi Token PIN Mandiri.

Link-link terkait mengenai Internet Banking Mandiri, dapat Anda download (file berupa pdf) di alamat http://www.bankmandiri.co.id/article/622024538651.asp. Anda akan menemukan panduan lengkapnya.

Apabila Anda telah mendapatkan akses untuk dapat log in ke Internet Banking Mandiri, Anda akan mendapati tampilan kolom yang mewajibkan nasabah memasukkan USER ID dan PIN. Cara mengisinya, dapat Anda ikuti langkah berikut ini:

  • Isi kolom ‘Masukan USER ID Anda’ dengan USER ID yang merupakan kombinasi huruf dan angka sebanyak 6-10 karakter.
  • Kemudian isi kolom ‘Masukkan PIN INTERNET BANKING Anda’ dengan nomor sandi rahasia yang berupa angka, sebanyak 6 karakter.
  • Apabila Anda mendapatkan masalah dengan MANDIRI INTERNET Anda, silahkan hubungi Call Mandiri di 14000 atau +62--5299-7777.

Supaya Anda dapat melakukan transaksi secara aman, sebaiknya menjaga kerahasiaan informasi USER ID dan PIN Internet Banking Anda. Jangan menginformasikan USER ID dan PIN tersebut kepada siapapun, termasuk kepada petugas bank. Bank Mandiri tidak pernah meminta informasi tersebut melalui email, surat, SMS, atau cara lainnya. Apabila Anda menerima email, surat, atau SMS yang menanyakan informasi USER ID dan PIN, diharapkan segera menghubungi Mandiri Call di nomor 14000 atau di 021-5299-7777.

Bank Mandiri - (Sumber: bisnis.com)

Bank Mandiri - (Sumber: .com)

Selain dianggap praktis, karena tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat, ataupun bertransaksi melalui ATM, layanan internet banking ini ternyata tidak terpengaruh oleh gangguan jaringan, seperti yang terjadi beberapa bulan lalu.

Jaringan komunikasi Telkom 1 mengalami gangguan, yang mengakibatkan sejumlah ATM ikut terganggu. Layanan di beberapa ATM seperti penarikan uang hingga transfer tidak dapat berfungsi secara normal.

Baca juga  Info Terbaru Definisi atau Pengertian dari Biaya Provisi pada Jasa Perbankan

Akan tetapi, hal tersebut tidak mempengaruhi layanan internet banking dan mobile banking. Kedua layanan tersebut masih bisa berfungsi dengan normal. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Perusahaan PT Bank Mandiri Tbk (Persero), yang menyatakan bahwa mobile dan internet banking tidak mengalami gangguan.

 

loading...

Leave a reply "Info Terbaru Biaya (Tarif) Layanan Internet Banking Bank Mandiri 2017"