Indikasi, Dosis dan Harga Sucralfate Sirup (Semua Merek)

Jika Anda merasakan nyeri tak tertahankan di perut, bisa jadi Anda mengalami gejala tukak lambung atau gastritis kronis. Untuk mengobati penyakit ini, biasanya dokter menyarankan Anda untuk mengonsumsi sucralfate. Obat yang dijual dalam berbagai dagang ini bisa Anda beli di apotek menggunakan resep dokter dengan harga relatif terjangkau. Selain bentuk tablet, obat ini tersedia dalam bentuk sirup.

Ilustrasi: tukak lambung (sumber: sehatq.com)

Ilustrasi: tukak lambung (sumber: sehatq.com)

Indikasi Sucralfate

Sucralfate atau lebih dikenal dengan nama sukralfat adalah salah satu garam aluminium basa sukrosa oktasulfat yang biasa dijadikan sebagai obat penyembuh luka dan bersifat unik dan aktif secara lokal.[1] Obat ini memiliki kisaran nukleus kerja luas dan termasuk sediaan medis yang bersifat gastroprotektif sekaligus bersifat menyembuhkan luka kronis tanpa supresi asam lambung.

Cara kerja obat ini terbilang unik, karena bersifat multifaktorial, tetapi tidak semua efeknya sama penting untuk melindungi mukosa akut dan untuk mempercepat penyembuhan ulkus duodenal kronis. Sucralfate akan mengikat atau menempel secara langsung pada permukaan luka sebagai stimulus produksi endogen prostaglandin dan dalam mukosa lambung. Selain itu, obat ini bekerja dengan cara mengabsorpsi ke mukosa lambung untuk meningkatkan efek protektif barrier mukosa fosfolipid permukaan aktif yang mukusnya diperlukan untuk menstabilkan kondisi lambung.

Dilansir dari Alodokter, sukralfat terbukti ampuh untuk mengobati masalah pencernaan seperti tukak lambung, ulkus duodenum, mencegah perdarahan saluran cerna, dan gastritis kronis. Secara sederhana, obat ini bekerja dengan cara menempel di bagian usus atau lambung yang terluka dan melindunginya dari asam lambung, enzim pencernaan, dan garam empedu.

Masih dilansir dari sumber yang sama, lapisan pelindung yang dibentuk sucralfate akan mencegah luka semakin parah, sehingga penyakit bisa diobati dengan lebih optimal dengan penyembuhan yang relatif cepat. Sediaan medis ini juga diberikan kepada pasien yang sering mengalami gejala maag akut hingga menimbulkan pendarahan.

Baca juga  Update Harga Ultraderma untuk Samarkan Bopeng, Bekas Luka, Jerawat

Aturan Konsumsi Sucralfate Sirup

Obat ini memiliki dua jenis varian, yakni varian sirup dan tablet, yang keduanya memiliki indikasi yang sama. Sediaan medis ini termasuk obat keras dari golongan Antiulcerant dan tidak bisa didapatkan tanpa resep dokter. Obat ini juga tidak dijual dengan bebas di apotek dan biasanya hanya dijual di apotek tertentu yang bekerja sama dengan instansi kesehatan, antara lain rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

Termasuk obat kategori B, sukralfat sirup tidak memperlihatkan risiko atau bahaya pada janin binatang percobaan. Namun, belum ada studi terkontrol mengenai risiko pada wanita hamil dan menyusui. Sehingga, belum diketahui apakah sukralfat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui atau tidak. Selain itu, belum diketahui apakah zat obat bisa terserap ke dalam ASI dan membahayakan bayi atau tidak. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakannya secara langsung pada dokter.

Sebagai peringatan, obat ini tidak boleh diberikan kepada pasien yang alergi terhadap sucralfate. Untuk mengetahui apakah Anda alergi terhadap produk farmasi seperti ini, Anda memerlukan tes secara khusus. Tes ini bisa dilakukan di laboratorium atau secara klinis dengan dokter.

Dilansir dari Halodoc, meskipun obat ini berbentuk sirup, tetapi tidak boleh diberikan pada penderita diabetes, penyakit ginjal, dan orang yang mengalami disfagia (kesulitan menelan). Selain itu, beritahu dokter jika Anda pernah menjalani prosedur atau tindakan medis tertentu, seperti pernah menggunakan endotracheal tube (ETT) dan pernah menggunakan selang makan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat memengaruhi penyerapan dan penempelan obat di bagian organ pencernaan.

Dosis Sucralfate Sirup

Ilustrasi: sirup obat (sumber: honestdocs.id)

Ilustrasi: sirup obat (sumber: honestdocs.id)

Selain harus mengetahui cara konsumsi yang tepat, Anda juga perlu mengetahui dosisnya. Sediaan medis ini tidak bisa dikonsumsi dengan asal, karena bisa menjadi racun atau berisiko overdosis jika kebanyakan dan berisiko penumpukan atau tidak bekerja secara optimal jika kurang dari dosis.

Baca juga  Harga Terbaru Produk Perawatan Kulit Revitol

Pemberian sukralfat sirup didasarkan pada kondisi pasien atau jenis penyakitnya. Untuk kondisi tukak lambung dan ulkus duodenum, minum obat sebanyak satu gram atau dua takar sebanyak empat kali sehari. Anda bisa meningkatkan dosis jika dirasa kurang, yakni dua gram atau empat sendok takar sebanyak dua kali sehari.

Untuk pemeliharaan penyakit tukak lambung dan ulkus duodenum, minumlah sucralfate sirup sebanyak satu gram atau dua sendok takar dalam dua kali sehari. Obat ini tidak bisa dikonsumsi dalam jangka dan maksimal hanya boleh diminum selama empat hingga 12 minggu dengan dosis maksimal delapan gram per hari.

Pada pasien yang mengidap gastritis kronis, sukralfat diberikan sebanyak satu gram atau dua sendok takar dalam empat kali sehari. Obat ini juga boleh dikonsumsi sebanyak dua gram atau empat sendok makan selama dua kali sehari. Sementara itu, untuk mencegah perdarahan saluran cerna, Anda bisa minum obat ini sebanyak satu gram atau dua sendok takar dalam enam kali sehari. Sama seperti dosis untuk mengobati tukak lambung, Anda hanya boleh minum obat ini selama empat hingga 12 minggu dengan dosis maksimal delapan gram per hari.

Khusus untuk pasien anak-anak dengan usia 13 tahun ke bawah, dosis akan ditentukan oleh dokter. Dosis ini didasarkan pada kondisi kesehatan, usia, kekronisan penyakit, dan berat badan pasien. Semakin ringan penyakit yang diderita, maka semakin kecil dosis yang diberikan dan sebaliknya.

Interaksi Sucralfate Sirup dengan Obat Lain

  • Menurunkan penyerapan digoxin, dolutegravir, ketoconazole, furosemide, tetracycline, teofilin, ranitidine, cimetidine, phenytoin, norfloxacin, warfarin, atau ciprofloxacin.
  • Meningkatkan kadar sukralfat di dalam darah jika digunakan bersama suplemen vitamin D.
  • Meningkatkan kadar aluminum hydroxide di dalam darah.
Baca juga  Update Harga Plester Hypafix (Semua Ukuran)

Efek Samping Sucralfate Sirup

Tidak semua orang akan mendapatkan efek samping yang sama ketika mengonsumsi sukralfat sirup. Meskipun begitu, secara umum, obat ini bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit, sakit kepala ringan, sakit kepala berat atau migrain, mulut kering, pusing, diare, insomnia, perut kembung, mual dan muntah. Pada pasien yang alergi, bisa juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada pencernaan sekaligus gatal-gatal. Segera hubungi dokter jika Anda mendapatkan efek samping seperti ini dan segera hentikan pemakaian obat.

Bagi Anda yang membutuhkan obat ini, pastikan Anda mengenali varian merek dan harganya. Sebagai referensi harga sucralfate sirup, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Sucralfate Sirup

Sucralfate sirup (sumber: bukalapak)

Sucralfate sirup (sumber: bukalapak)

Merk/Varian Sucralfate SirupHarga
Episan Sucralfate 60 mlRp70.363
Sucralfate Dexa 100 mlRp28.000
Sucralfate Holi 100 mlRp25.289
Sucralfate Mempro 200 mlRp56.650
Peptovell Sucralfate 100 mlRp76.863
Kalpepsa Sucralfate 100 mlRp48.379
Nucral Sucralfate Sachet 10 mlRp9.611
Nucral Sucralfate 100 mlRp74.540
Nucral Sucralfate 200 mlRp114.002
Episan Sucralfate 200 mlRp114.587
Sucralfate Tempo 100 mlRp23.283
Sucralfate Mempro 100 mlRp31.044
Sucralfate Combiphar 100 mlRp21.011
Sucralfate Yarindo 100 mlRp57.001
Ulsafate Sucralfate 100 mlRp64.309
Ulsicral Sucralfate 100 mlRp62.386
Propepsa Sucralfate 200 mlRp127.261
Episan Sucralfate 100 mlRp71.471
Ulsafate 200 mlRp120.580
Sucralfate Mempro BPJS 100 mlRp28.325
Inpepsa Sucralfate 200 mlRp123.000
Sucralfate Evic 60 mlRp19.200
Neciblok Sucralfate 200 mlRp99.000
Propepsa 100 mlRp68.000

Harga sukralfat sirup di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk jual beli online. Harga obat ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Bestari, Muhammad Begawan. 2011. Peranan Sucralfate pada Gastropati OAINS (Denpasar Update in Gastroenterohepatology Meeting). Proceeding Book FK Universitas Padjadjaran - RS dr. Hasan Sadikin Bandung, hal: 1-6.

author

Leave a reply "Indikasi, Dosis dan Harga Sucralfate Sirup (Semua Merek)"