Info Terupdate Kisaran Biaya Mendirikan Badan Usaha PT & CV

Perseroan Terbatas (PT) dan Perseroan Komanditer (CV) alias Firma merupakan bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia. Pada dasarnya, kedua bentuk badan usaha ini membutuhkan minimal 2 orang pendiri yang kemudian disahkan melalui akta pendirian yang dibuat notaris berwenang. Apabila Anda telah terdaftar secara resmi sebagai PT atau CV, maka status Anda akan sah di mata .

Lantas, berapa kisaran biaya untuk mendirikan PT ataupun CV? Berikut uraiannya. Berdasarkan Peraturan Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2016 tentang perubahan modal dasar Perseroan Terbatas (PT), di pasal 1 disebutkan bahwa modal dasar pendirian Perseroan Terbatas paling sedikit Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Mendirikan Badan Usaha - (Sumber: akuntansilengkap.com)

Mendirikan Badan Usaha - (Sumber: akuntansilengkap.com)

Dalam hal salah satu atau seluruh pihak pendiri Perseroan Terbatas, memiliki kekayaan bersih sesuai dengan kriteria Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, modal dasar ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas yang dituangkan dalam akta pendirian PT.

Modal dasar Perseroan Terbatas sebagaimana dimaksud di atas, paling sedikit 25% (dua puluh lima persen) harus ditempatkan dan disetor penuh yang dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah.

Bukti penyetoran yang sah sebagaimana dimaksud pada uraian di atas adalah wajib disampaikan secara elektronik kepada Menteri dalam waktu paling lama sekitar 60 (enam puluh) hari terhitung sejak tanggal akta pendirian Perseroan Terbatas ditandatangani.

Sejalan dengan pengaturan perubahan modal dasar, modal dasar PT awalnya ditetapkan sebesar Rp 50 juta, kemudian diubah dalam PP29/2016 yang mengatur bahwa modal dasar PT harus dituangkan dalam dasar yang dimuat dalam akta pendirian PT. Besaran modal dasar PT ini ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas.

Hal tersebut dilakukan karena pada awalnya untuk menjamin iklim penanaman modal yang kondusif, pemerintah telah mengesahkan UU PT. Namun, dalam pelaksanaannya terdapat substansi yang cukup sulit untuk dilaksanakan dan menyulitkan dunia usaha, khususnya bagi pengusaha pemula.

Dalam akta pendirian, Anda membutuhkan jasa notaris. Setiap notaris wajib menetapkan biaya jasa hukum untuk pendirian Perseroan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, sebagaimana diatur dalam Permenkumham.

Untuk usaha mikro, kecil, dan menengah yang memiliki modal dasar paling banyak Rp 25 juta, dikenakan biaya sebesar Rp 1juta, dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Notaris dalam pembuatan akta pendirian PT

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Inggris di English First (EF) Jakarta 2017
Jenis Kegiatan Satuan Besaran (Rp)
Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan dan Pengesahan Perseroan per persetujuan 300.000
Biaya Akta Notaris per pendirian 200.000
Biaya pengumuman Dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia per pendirian 200.000

Untuk usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang memiliki modal dasar paling banyak Rp 1 miliar, dikenakan biaya sebesar Rp 5juta, dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Notaris dalam pembuatan akta pendirian PT

Jenis Kegiatan Satuan Besaran (Rp)
Persetujuan Pemakaian Nama Perseroan dan Pengesahan Perseroan per persetujuan 600.000
Biaya Akta Notaris per pendirian 4.000.000
Biaya pengumuman Dalam Berita Negara Republik Indonesia dan Tambahan Berita Negara Republik Indonesia per pendirian 400.000

Dalam mendirikan PT, harus ada beberapa prosedur yang dilalui, antara lain mempersiapkan data pendirian PT (nama PT, tempat dan kedudukan PT, maksud dan tujuan PT, struktur permodalan PT, pengurus PT).

Baca juga  Info Terbaru Harga Resmi Voucher Listrik Prabayar (Token) PLN 2017

Kemudian, Anda mendaftarkan akta pendirian di notaris. Setelah itu, mengajukan pengesahan badan hukum atas PT kepada Menteri Hukum dan HAM. Lalu, Menteri akan mengeluarkan Keputusan pengesahan badan hukum PT, sehingga PT telah lahir sebagai badan hukum yang diakui oleh negara.

Lalu, Anda mengurus domisili kelurahan, di mana PT berada. Setelah selesai mengurus domisili, Anda diwajibkan mengurus NPWP di Kantor . Selanjutnya mengurus izin usaha.

Langkah selanjutnya adalah mengurus TDP (Tanda Perusahaan). TDP merupakan catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan pelaksananya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Sedangkan, dalam pendirian CV tidak dikenakan persyaratan seperti pada pendirian PT. Dengan demikian, CV sering diajukan oleh industri rumah tangga atau industri kecil yang mungkin tidak memiliki modal besar. Prosedur mendirikan CV sendiri telah diatur dalam Pasal 16-35 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHD).

Mendirikan Persekutuan - (Sumber: winmahdi.com)

Mendirikan Persekutuan - (Sumber: winmahdi.com)

Dalam pendirian CV, langkah pertama yaitu membuat akta pendirian, sama seperti pendirian PT. Untuk membuat akta tersebut, minimal harus ada 2 orang pendiri, di mana satunya akan berperan sebagai sekutu aktif, dan sekutu pasif.

Selain pihak yang berperan sebagai sekutu, diwajibkan juga mempersiapkan hal-hal seperti nama lengkap, pekerjaan dan tempat tinggal para pendiri, penetapan nama CV, keterangan mengenai CV itu bersifat umum atau terbatas untuk menjalankan sebuah perusahaan cabang secara khusus (maksud dan tujuan), nama sekutu yang berkuasa, saat mulai dan berlakunya CV, klausul-klausul penting lainnya.

Setelah itu, Anda mendaftarkan akta pendirian CV, kemudian mengurus izin usaha, mengurus tanda daftar perusahaan (TDP), mengumumkan ikhtiar resmi pendirian CV. Dalam mendirikan CV, Anda bisa meminta bantuan jasa konsultan pihak ketiga atau jasa pendirian CV, sehingga Anda tidak perlu bolak-balik mengurus dokumen dan legalitasnya. Biaya pendirian CV berkisar Rp 5 juta, dengan rincian sebagai berikut:

Biaya Pendirian CV

Baca juga  Info Update Tarif/Biaya & Cara Tambah Daya Listrik PLN 2017
Uraian Keterangan
Biaya pendirian Rp 5.000.000
Lama proses 35 hari kerja
Hasil Akta pendirian CV

Domisili

NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar sebagai Wajib Pajak

ke Pengadilan Negeri

SIUP

TDP

Untuk dapat mengurus akta pendirian CV, Anda diwajibkan membawa beberapa persyaratan seperti fotokopi KTP para pendiri (minimal 2 orang), mengisi formulir pembuatan CV, fotokopi KK penanggung jawab atau direktur, NPWP pengurus, fotokopi PBB terakhir, fotokopi surat kontak, surat keterangan domisili, dan pas foto penanggung jawab ukuran 3x4.

 

loading...

Leave a reply "Info Terupdate Kisaran Biaya Mendirikan Badan Usaha PT & CV"