Info Terbaru Biaya Mendirikan PT, PT Perorangan, dan CV

Perseroan Terbatas (PT) dan Perseroan Komanditer (CV) alias Firma merupakan bentuk badan usaha yang paling umum di Indonesia. Pada dasarnya, kedua bentuk badan usaha ini membutuhkan minimal dua orang pendiri yang kemudian disahkan melalui akta pendirian yang dibuat notaris berwenang. Namun, selain harus dibentuk secara kelompok, perorangan sekarang ternyata juga dapat mendirikan PT sendiri dengan yang sangat terjangkau. Apabila perusahaan Anda telah terdaftar secara resmi sebagai PT atau CV, maka status perusahaan Anda akan sah di mata hukum.

Ilustrasi: pengesahan dokumen (sumber: officenow.co.id)
Ilustrasi: pengesahan dokumen (sumber: officenow.co.id)

Apa Itu PT?

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah PT? PT adalah sebuah badan hukum yang didirikan berdasarkan ‘perjanjian’. Karena merupakan perjanjian, maka ada pihak-pihak yang membuat perjanjian tersebut, yang artinya ada lebih dari satu atau sekurang-kurangnya ada dua orang atau dua pihak dalam perjanjian untuk mendirikan PT tersebut.[1]

Bacaan Lainnya

Namun, sekarang ada juga PT yang didirikan hanya oleh satu orang atau PT perorangan. Mengutip situs resmi Kementerian Hukum dan HAM, PT Perorangan merupakan jenis badan hukum baru yang diatur dalam UU No. 11 tahun 20220 tentang Cipta Kerja. Melalui PT Perorangan ini, maka pelaku usaha UMKM dapat membentuk perseroan terbatas yang pendirinya cukup satu orang.

Berapa Modal Pendirian PT?

Lantas, berapa kisaran untuk mendirikan PT? Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 7 tahun 2016 tentang perubahan modal dasar Perseroan Terbatas (PT), di Pasal 1 disebutkan bahwa modal dasar pendirian Perseroan Terbatas paling sedikit Rp50.000.000 (lima puluh juta rupiah).

Sejalan dengan pengaturan perubahan modal dasar, modal dasar PT awalnya ditetapkan sebesar Rp50 juta, kemudian diubah dalam PP No. 29/2016 yang mengatur bahwa modal dasar PT harus dituangkan dalam anggaran dasar yang dimuat dalam akta pendirian PT. Besaran modal dasar PT ini ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri Perseroan Terbatas.

Modal dasar PT tetap minimal Rp50 Juta (pengusaha di luar kriteria UMKM). Namun untuk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), modal dasar ditentukan berdasarkan kesepakatan para pendiri PT yang dituangkan dalam Akta Pendirian PT. Jadi. untuk UMKM, tidak perlu setor modal Rp50 juta, tetapi tergantung kemampuan pemilik modal. Misalnya, didirikan oleh 3 orang dan hanya punya modal masing-masing Rp500 ribu, maka terkumpul Rp1,5 juta dan tetap akan dilayani proses perizinannya.

Baca juga  Info Cara & Biaya Kirim Uang Lewat Alfamart dan Indomaret

Kriteria UMKM yang mendapatkan kelonggaran modal tersebut, antara lain Usaha Mikro, kekayaan bersih berupa aset maks Rp50 juta dan omset maksimal Rp300 juta; Usaha Kecil aset lebih dari Rp50 sampai Rp500 juta, omset lebih dari Rp300 juta hingga Rp2,5 miliar; Usaha Menengah aset lebih dari Rp500 juta hingga Rp10 miliar, dengan omset Rp2,5 miliar sampai Rp50 miliar. Modal dasar PT, minimal 25% atau berarti Rp12,5 juta (dari Rp50 juta) harus ditempatkan dan disetor penuh. Dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah.

Hal tersebut dilakukan karena pada awalnya untuk menjamin iklim penanaman modal yang kondusif, pemerintah telah mengesahkan UU PT. Namun, dalam pelaksanaannya, terdapat substansi yang cukup sulit untuk dilaksanakan dan menyulitkan dunia usaha, khususnya bagi pengusaha pemula, termasuk untuk pembuatan akta pendirian.

Modal Dasar Pendirian PT Perorangan

Kemudian, seiring berlakunya UU Cipta Kerja pada tahun 2020, syarat dan modal dasar pendirian PT pun berubah. Menurut Pasal 109 angka 5 UU Cipta Kerja yang memuat ketentuan baru Pasal 153A ayat (1) UU PT, dijelaskan bahwa hanya diperlukan satu orang untuk bisa mendirikan PT dan dapat didirikan WNI dengan usia minimal 17 tahun serta memiliki kecakapan hukum. Selanjutnya, pendirian PT perorangan cukup dilakukan dengan membuat surat pernyataan pendirian berbahasa Indonesia. Surat ini setidaknya memuat maksud dan tujuan, kegiatan usaha, modal dasar, dan keterangan lain berkaitan dengan pendirian PT.

Ilustrasi: Pekerja di Sebuah Perusahaan (credit: mondedesgrandesecoles)
Ilustrasi: aktivitas di perusahaan (credit: mondedesgrandesecoles)

Sementara itu, terkait modal dasar pendirian PT, menurut Pasal 109 angka 3 UU Cipta Kerja, disebutkan bahwa PT wajib memiliki modal dasar dengan besaran ditentukan berdasarkan keputusan pendirian PT. Modal dasar tersebut harus ditempatkan dan disetor minimal 25 persen, yang dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah. Dengan demikian, tidak ada ketentuan minimal modal dasar PT.

Mendirikan PT

Kisaran Biaya
Pengajuan nama perusahaan, pembayaran untuk pesan nama, penerbitan izin penggunaan nama perusahaan Rp200.000
Akta Perusahaan dari Notaris Bisa dilakukan tanpa melalui akta notaris (biaya sebelumnya maksimal Rp1.000.000)
Pengajuan Izin Pendirian Badan Hukum, Penerbitan Izin Pendirian Badan Hukum, Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Pengesahan Badan Hukum Ada keringanan biaya pendirian badan hukum sesuai Pasal 109 angka 5 UU Cipta Kerja
Pengajuan SIUP dan TDP, serta BPJS Kesehatan secara online di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Gratis
Pendaftaran perusahaan di Kemenakertrans atau Dinas Tenaga Kerja Gratis
Pengajuan daftar BPJS Ketenagakerjaan secara online Gratis
Mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan VAT Collector Number NPPKP (Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) secara online Gratis
Baca juga  Harga Tinta Printer Epson 664 Original (Black dan Warna)

Dalam pembuatan akta pendirian, Anda membutuhkan jasa notaris. Setiap notaris wajib menetapkan biaya jasa hukum untuk pendirian Perseroan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah, sebagaimana diatur dalam Permenkumham. Biasanya, pembuatan akta notaris ini menjadi biaya yang menguras kantong ketika ingin mendirikan sebuah PT.

Biaya Mendirikan PT dan CV
Biaya Mendirikan PT dan CV

Biaya Mendirikan PT Perorangan

Biaya
Pendaftaran Rp50.000
Pendaftaran perubahan perseroan perorangan yang memiliki kriteria usaha kecil dan mikro Rp50.000
Perbaikan data perseroan perorangan yang memiliki kriteria usaha kecil dan mikro Rp50.000

Jika Anda mengurus pendirian PT secara mandiri, biaya yang dikeluarkan akan lebih terjangkau, tetapi Anda harus menyisihkan waktu untuk mengurus segala ke kantor instansi. Nah, apabila tidak ingin repot, sekarang sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa pendirian PT dengan biaya mulai bervariasi, biasanya tergantung paket.

Biaya Mendirikan PT

Jenis Paket Pendirian PT Biaya Keterangan
PT Dasar Rp2.900.000 Pengecekan nama, akta pendirian, SK Kemenkumham, berita negara
PT Lengkap Rp5.500.000 Pengecekan nama, akta pendirian, SK Kemenkumham, berita negara, NPWP/SKT Pajak, NIB/TDP, izin usaha
PT Lengkap Plus Rp6.500.000 Pengecekan nama, akta pendirian, SK Kemenkumham, berita negara, NPWP/SKT Pajak, NIB/TDP, izin usaha, website company profile

Informasi biaya pendirian PT di atas kami rangkum dari berbagai jasa yang menawarkan pendirian PT. Perlu Anda catat bahwa biaya tersebut tidak mengikat, dapat berubah sewaktu-waktu, dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Sebagai perbandingan, tahun sebelumnya, biaya mendirikan PT mulai Rp6,9 jutaan.

Keuntungan PT

  • Lebih kredibel dan profesional karena sudah berbadan hukum.
  • Lebih mudah mendapatkan tambahan modal.
  • Bisa memilih bidang usaha, baik itu di sektor pariwisata, jasa konstruksi, sampai sektor
  • Lebih mudah bekerja sama dengan pemilik modal asing.
  • Dilindungi undang-undang, seperti nama PT yang harus terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM sehingga tidak dapat digunakan orang lain.
Baca juga  Update Biaya Sekolah BIFA (Bali International Flight Academy) Tahun 2022
Ilustrasi: aktivitas di pabrik
Ilustrasi: aktivitas di perusahaan

Pengertian CV

Jika tidak memiliki modal yang terlalu besar tetapi tetap ingin memiliki sebuah badan usaha, maka CV bisa menjadi pilihan yang bijak. CV atau Commanditaire Vennootschap atau Persekutuan Komanditer adalah persekutuan firma yang memiliki satu atau beberapa orang sekutu komanditer.[2] Sekutu komanditer sendiri adalah sekutu yang hanya menyertakan uang, barang, atau tenaga sebagai pemasukan kepada persekutuan, dan dia tidak ikut campur dalam pengurusan maupun penguasaan persekutuan.[3]

Syarat Mendirikan CV

  • Copy atau e-KTP, KK, dan NPWP sekutu aktif dan pasif.
  • Copy surat kontrak/sewa kantor atau bukti kepemilikan tempat usaha.
  • Surat keterangan domisili pengelola gedung atau ruko.
  • Copy PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) dan bukti bayar PBB tahun tempat usaha.
  • Foto kantor tampak dalam dan luar.

Jika Anda tidak ingin repot-repot mengurus perizinan dan tetek-bengek lainnya, saat ini sudah hadir beragam jasa yang menyediakan layanan CV. Harga atau biaya yang dipatok beragam, tergantung paket yang dipilih. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran biaya pendirian CV, yang sebenarnya tidak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya.

Biaya Mendirikan CV

Paket Pendirian CV Biaya Keterangan
CV Dasar Rp1.800.000 Pengecekan dan pemesanan nama, akta pendirian, surat keterangan terdaftar
CV Lengkap Rp3.500.000 Pengecekan dan pemesanan nama, akta pendirian, surat keterangan terdaftar, NPWP/SKT pajak, NIB/TDP, izin usaha
CV Lengkap Plus Rp4.500.000 Pengecekan dan pemesanan nama, akta pendirian, surat keterangan terdaftar, NPWP/SKT pajak, NIB/TDP, izin usaha, website company profile

Biaya pendirian CV di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, biaya pendirian CV saat ini sebenarnya tidak terlalu berbeda. Pada tahun lalu, biaya untuk pendirian CV skala kecil berkisar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta, sedangkan biaya pendirian CV lengkap mulai Rp4 jutaan.

[1] Rambing, Nicky Yitro Mario. 2013. Syarat-Syarat Sahnya Pendirian Perseroan Terbatas (PT) di Indonesia. Lex Privatum, Vol. 1(2): 72-78.

[2] Ratnawati, Ayu. 2015. Peranan Notaris untuk Pembuatan Akta Pendirian (CV) dalam Mewujudkan Kepastian Hukum. Jurnal Repertorium, Vol. 11(2): 154-160.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.