Update Harga Jaring Gawang Lapangan Futsal (2mm, 3mm, 4mm, 5mm)

Bisnis lapangan futsal saat ini memang semakin menjamur, seiring makin menyempitnya lahan untuk bermain sepakbola. Nah, apabila Anda juga tertarik menggeluti usaha ini, selain lapangan khusus, Anda juga memerlukan sejumlah peralatan, termasuk jaring gawang. Punya ukuran yang berbeda dari sepakbola, jaring gawang lapangan futsal ini dijual dengan harga berkisar ratusan ribu , bahkan ada yang di bawahnya.

Gawang futsal (sumber: soccerchili.com)

Gawang futsal (sumber: soccerchili.com)

Futsal dapat dikatakan sebagai permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Seperti sepak bola, tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepakbola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Futsal adalah kata yang digunakan secara internasional untuk permainan sepak bola dalam ruangan. Kata itu berasal dari kata futbol atau futebol (dari bahasa Spanyol dan Portugal yang berarti pemain sepak bola) dan salon atau sala (dari bahasa Perancis atau Spanyol yang berarti dalam ruangan). Badan sepak bola dunia FIFA menyebutkan futsal pertama kali dimainkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930 silam.

Selain itu, futsal juga dapat dikatakan sebagai permainan sepak bola yang dilakukan di dalam ruangan.[1] Permainan ini sendiri dimainkan oleh lima pemain di setiap tim, berbeda dengan sepak bola konvensional yang pemainnya berjumlah sebelas orang di setiap tim. Di samping itu, ukuran lapangan dan bolanya pun lebih kecil daripada ukuran yang digunakan dalam sepak bola lapangan rumput.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Premi & Manfaat Asuransi Prudential

Beberapa teknik dasar yang harus dikuasai seorang pemain futsal adalah ball reception (penerimaan bola), dribbling and ball control (menggiring dan mengontrol bola), passing (mengoper bola), shooting, feints and trick (trik dan gerak tipuan), dan goalkeeping technique (teknik penjaga gawang).[2] Teknik-teknik ini tidak berbeda jauh dengan sepak bola di lapangan yang lebih lebar.

Perlengkapan dan Fungsi Jaring Gawang Futsal

Seperti disampaikan di atas, ketika lahan semakin menyempit untuk bermain sepakbola, futsal menjadi salah satu alternatif yang dipilih banyak orang, terutama warga perkotaan. Peminat futsal pun semakin besar. Tidak hanya dari kalangan siswa sekolah, olahraga ini juga digemari mahasiswa hingga pekerja kantoran, sebagai latihan fisik maupun melepaskan stres dari rutinitas seharian.

Dengan semakin tingginya peminat futsal, bisnis lapangan futsal pun kian menjamur. Tidak hanya di area perkotaan, sering ditemukan juga lapangan futsal di pedesaan, terutama daerah yang sudah mengalami modernisasi. Untuk bisa bermain di lapangan futsal ini, biasanya penyewa akan dikenakan tarif atau biaya per jam.

Permainan futsal (sumber: pinterest)

Permainan futsal (sumber: pinterest)

Nah, apabila Anda juga berminat menekuni bisnis lapangan futsal, salah satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah ukuran lapangan futsal. Dibandingkan lapangan bola konvensional, ukuran lapangan futsal memang lebih kecil. Biasanya, lapangan ini punya panjang sekitar 25 meter sampai 42 meter, dengan lebar mulai 15 meter hingga 25 meter. Lapangan ditandai dengan garis pembatas lapangan. Garis yang berukuran lebih panjang disebut garis samping (touch line), sedangkan garis yang lebih pendek adalah garis gawang (goal line).

Baca juga  Info Harga Plastik Shrink Segel dalam Berbagai Ukuran

Daerah di depan gawang yang ditandai dengan garis setengah lingkaran disebut daerah penalti. Penentuan areal penalti adalah dibuat dua garis seperempat lingkaran berjari-jari 6 m di dalam lapangan dengan titik pusat setiap tiang gawang atau satu ujung tiap garis seperempat lingkaran menempel di garis gawang dan satu ujung yang lainnya tepat berada di depan setiap tiang gawang.

Seperti lapangan bola pada umumnya, lapangan futsal juga harus dilengkapi dengan gawang, yang berguna sebagai tempat pemain menyarangkan bola (sering disebut gol). Gawang ini harus ditempatkan di bagian tengah masing-masing garis gawang.Lebar gawang adalah 3 m diukur dari bagian dalam tiang. Sementara, tinggi gawang adalah 2 m, yang diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke .

Untuk menegaskan bahwa bola memang masuk ke dalam gawang ketika ada pemain yang berhasil menyarangkan bola, maka gawang harus diberi jaring. Bola yang masuk ke dalam gawang akan menghantam jaring dan proses gol pun bisa dilihat dengan mudah oleh semua orang, termasuk pemain itu sendiri, wasit, dan juga penonton.

Jaring gawang ini biasanya terbuat dari bahan nilon, yang diikatkan ke tiang dan palang gawang. Kedalaman gawang adalah 80 cm untuk bagian atas dan 100 cm untuk bagian bawah. Mengenai ukuran jaring gawang, bervariasi, biasanya disesuaikan dengan gawang. Sementara, untuk ketebalan tali jaring, rata-rata 3 mm atau 4 mm.

Tidak sulit mendapatkan jaring gawang futsal. Anda bisa membeli perlengkapan ini di berbagai toko olahraga maupun situs online. Harga jaring gawang bervariasi, tergantung ukurannya. Selain itu, jaring gawang juga tersedia dalam beragam warna, mulai putih, hijau, merah, kuning, hingga biru. Berikut kisaran harga jaring gawang lapangan futsal.

Baca juga  Info Harga Air Kemasan Vit (Gelas, Botol, dan Galon) di Pasaran

Harga Jaring Gawang Futsal

Jaring gawang futsal (sumber: futsoul.info)

Jaring gawang futsal (sumber: futsoul.info)

 

Bahan/Ukuran Jaring GawangHarga
Jaring Futsal D30 Polyethylene 1,25 mmRp20.000 per m2
Jaring Futsal D48 Polyethylene 2,5 mmRp120.000 per set
Jaring Futsal D60 Polyethylene 2,5 mmRp25.000 per m2
Jaring Futsal GTO 2 mmRp245.000 per set
Jaring Futsal GTO 3 mmRp133.000 per set
Jaring Futsal GTO 4 mmRp180.000 per set
Jaring Futsal Diego 2,5 mmRp260.000 per set
Jaring Futsal GTO 5 mmRp650.000 per set

Harga jaring gawang futsal di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai , pada tahun sebelumnya, jaring futsal D30 polyethylene 1,25 mm dijual dengan harga Rp11.000 per m2 dan sekarang menjadi Rp20.000 per m2. Sementara itu, jaring futsal D60 polyethylene 2,5 mm yang semula dijual dengan harga Rp18.000 per m2, kini menjadi Rp25.000 per m2.

Selain jaring gawang, banyak juga toko yang menawarkan satu set gawang futsal lengkap dengan jaringnya, dengan harga berkisar Rp2,9 jutaan hingga Rp4,25 jutaan, tergantung bahan dan ukuran. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung berkunjung ke toko perlengkapan olahraga terdekat di kota Anda.

[Update: Almas]

[1] Lhaksana, Justinus. 2011. Taktik dan Strategi Futsal Modern. Depok: Be Champion, hlm 5.

[2] Hermans, V. & Rainer Engler. 2011. Futsal: Technique, Tactic & Training. United Kingdom: Meyer and Meyer Sport, hlm. 23-41.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Jaring Gawang Lapangan Futsal (2mm, 3mm, 4mm, 5mm)"