Info Harga Terbaru & Cara Membeli Tiket (E-Ticket) Busway Transjakarta

Sejak tahun 2013 lalu, moda Transjakarta atau yang biasa disebut dengan busway telah menggunakan sistem kartu alias e-ticketing. Sehingga para calon penumpang diwajibkan untuk menggunakan kartu prabayar sebagai pengganti uang tunai ketika membeli tiket busway.

Tiket Elektronik Busway

Tiket Elektronik Busway

Untuk memiliki kartu prabayar tersebut, Anda bisa mengajukan permohonan pendaftaran ke sejumlah bank yang ada di Indonesia seperti BRI (BRIZZI), BCA (Flazz), BNI (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega (MegaCash).

Namun bila Anda belum sempat untuk pergi ke bank, Anda bisa langsung membeli kartu e-money di halte-halte busway dengan harga Rp 40.000. Setelah membeli kartu prabayar tersebut, Anda akan memperoleh saldo Rp 20.000 dan berhak memiliki kartu e-money dari beberapa pilihan bank yang ada. Usai kartu tersebut diaktifkan oleh petugas, Anda bisa langsung memakai kartu e-tiket itu untuk naik busway.

Baca juga  Tarif Uber Taxi di Bali

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan (Tap In) kartu prabayar tersebut pada pintu masuk halte. Kemudian palang pintu akan terbuka dan Anda bisa langsung masuk untuk naik busway. Kemudian saat sampai di tujuan dan keluar dari halte, Anda akan melakukan Tap Out seperti saat sebelum naik busway. Saldo uang elektronik Anda hanya akan terpotong ketika Tap In (masuk ke halte) dan tak ada pemotongan saldo ketika Tap Out.

Dengan melakukan Tap Out, maka Anda sudah turut membantu Transjakarta untuk memperoleh data mengenai tujuan . Data tersebut akan dipakai untuk memperbaiki rute dan pelayanan secara maksimal untuk mengakomodir kebutuhan penumpang Transjakarta.

Jika saldo dalam kartu prabayar itu habis, Anda bisa melakukan top up atau pengisian ulang di halte-halte busway atau lewat ATM sesuai dengan bank yang menerbitkan kartu e-money milik Anda. Seluruh kartu tersebut bisa dipakai untuk tiket Commuter Line (KRL) kecuali Bank DKI (JakCard) dan Bank Mega (MegaCash).

Baca juga  Daftar Lengkap Tarif Travel XTrans Rute Jakarta-Bandung

Berikut ini terbaru bus TransJakarta dan TransJabodetabek:

Jadwal Tarif
Pukul 05.00 WIB – 07.00 WIB Rp 2.000
Pukul 07.00 WIB – 24.00 WIB Rp 3.500
Pukul 24.00 WIB – 05.00 WIB Rp 3.500

atau harga tiket tersebut berlaku flat alias rata untuk seluruh koridor dan rute tujuan penumpang. Berikut daftar koridor yang dilayani oleh Bus Transjakarta:

  1. Blok M –
  2. Harmoni – Pulogadung
  3. Kalideres – Pasa Baru
  4. Pulogadung – Dukuh Atas 2
  5. Ancol – Kampung Melayu
  6. Ragunan – Dukuh Atas 2
  7. Kampung Rambutan – Kampung Melayu
  8. Lebak Bulus – Harmoni
  9. Pinang Ranti – Pluit
  10. Tanjung Priok – PGC 2 (Cililitan)
  11. Kampung Melayu – Pulo Gebang
  12. Pluit – Tanjung Priok
  13. Ciledug – Kapten Tendean
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Terbaru & Cara Membeli Tiket (E-Ticket) Busway Transjakarta"