Update Info Cara Membeli dan Tarif Tiket (E-Ticket) Busway TransJakarta

Sejak tahun 2013 lalu, moda transportasi TransJakarta, atau yang disebut dengan busway, telah menggunakan sistem kartu elektronik alias e-ticketing. Jadi, para calon penumpang diwajibkan untuk menggunakan kartu prabayar sebagai pengganti uang tunai ketika membeli tiket moda transportasi tersebut.

Busway Transjakarta (sumber: psikoma.com)

Busway Transjakarta (sumber: psikoma.com)

Sebagai informasi, bus TransJakarta atau yang biasa dikenal busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat di Jakarta. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem Transmilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Bus TransJakarta mulai digunakan sejak tanggal 15 Januari 2004, dengan tujuan memberikan jasa angkutan yang lebih cepat, nyaman, namun terjangkau bagi warga Jakarta.Bus TransJakarta diberikan lajur khusus di jalan-jalan yang menjadi bagian dari rutenya dan lajur tersebut tidak boleh dilewati kendaraan lain (termasuk bus umum selain bus TransJakarta). Pemerintah DKI Jakarta juga menyubsidi harga tiket bus TransJakarta sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat.[1]

Tak hanya bus reguler, sejak tahun 2016 lalu Transjakarta meluncurkan 2 bus dengan desain khusus yang diperuntukkan penumpang wanita. Kehadiran bus Transjakarta khusus wanita ini diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman untuk pelanggan Transjakarta berjenis kelamin perempuan. Kemudian TransJakarta juga menawarkan 22 bus tingkat yang dapat digunakan sebagai sarana transportasi wisata Jakarta Explorer. Bus Jakarta Explorer saat ini memiliki 4 rute wisata yang berbeda. Bus ini beroperasi dengan menelusuri ikon dan landmark yang ada di Kota Jakarta.

Baca juga  Info Terkini Harga Jaket dan Helm Gojek

Dilansir dari situs resmi TransJakarta, operator koridor tidak menerbitkan kartu elektronikuntuk pembayaran e-ticket, melainkan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank. Bank-bank yang menerbitkan kartu ini antara lain Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega MegaCash.

Namun, bila Anda belum sempat untuk pergi ke bank, Anda bisa langsung membeli kartu e-money di halte-halte busway dengan harga Rp40.000. Setelah membeli kartu prabayar tersebut, Anda akan memperoleh saldo Rp20.000 dan berhak memiliki kartu e-money dari beberapa pilihan bank yang ada. Usai kartu tersebut diaktifkan oleh , Anda bisa langsung memakai kartu e-tiket itu untuk naik busway.

Cara Penggunaan Kartu Prabayar untuk TransJakarta

Cara menggunakan kartu prabayar ini sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan (Tap In) kartu prabayar tersebut pada pintu masuk halte. Kemudian, palang pintu akan terbuka dan Anda bisa langsung masuk untuk naik busway. Kemudian, saat sampai di tujuan dan keluar dari halte, Anda akan melakukan Tap Out seperti saat sebelum naik busway. Saldo uang elektronik Anda hanya akan terpotong ketika Tap In (masuk ke halte) dan tak ada pemotongan saldo ketika Tap Out. Dengan melakukan Tap Out, maka Anda sudah turut membantu Transjakarta untuk memperoleh data mengenai lokasi tujuan pelanggan.

Baca juga  Update Tarif Tol Surabaya-Gempol (Semua Golongan Kendaraan)

Jika saldo dalam kartu prabayar itu habis, Anda bisa melakukan top up atau pengisian ulang di halte-halte busway, lewat ATM sesuai dengan bank yang menerbitkan kartu e-money milik Anda, maupun di merchant minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Namun, perlu diketahui bahwa isi ulang e-money berdasarkan Peraturan Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia No. 19/10/PADG/ yang diterbitkan pada 20 September 2017 lalu telah dikenai biaya tambahan (surcharge) dengan aturan sebagai berikut.

E-Ticket Busway TransJakarta - www.republika.co.id

E-Ticket Busway TransJakarta - www.republika.co.id

Ketentuan Biaya Isi Ulang e-Money

  • Pengisian e-money di bawah Rp200.000 pada ATM bank penerbit kartu e-money tidak dikenakan biaya.
  • Pengisian e-money di atas Rp200.000 pada ATM bank penerbit kartu e-money dikenakan biaya maksimal Rp750.
  • Pengisian e-money di jaringan ATM Bersama dikenakan biaya sebesar Rp1.500.
  • Pengisian e-money di minimarket (Alfamart, Alfamidi, Indomart,Lawson, dan Circle K)dikenakan biaya sebesar Rp1.000.
  • Pengisian e-money di halte Transjakarta dikenakan biaya sebesar Rp1.500.
Baca juga  Update Info Trayek & Tarif Bus Mayasari Bakti

Tarif TransJakarta

Waktu OperasionalTarif
05.00 – 07.00 WIBRp2.000
07.00 – 24.00 WIBRp3.500
24.00 – 05.00 WIBRp3.500

Tarif Busway Transjakarta tidak mengalami kenaikan dari tahun 2019 meski subsidinya dipangkas dalam Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) DKI 2020. Adapun subsidi untuk Transjakarta dipangkas dari Rp4,197 triliun menjadi Rp3,291 triliun, demikian seperti dilansir dari Bisnis. Bahkan, sampai dengan tahun 2021 ini biaya atau tarif TransJakarta masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biaya atau harga tiket TransJakarta di atas berlaku flat alias rata untuk seluruh koridor dan rute tujuan penumpang. Jika Anda membutuhkan informasi lebih , Anda bisa langsung menghubungi PT Transportasi Jakarta di Jalan Mayjen Sutoyo No. 1, Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dengan nomor call center 1500102 dan email di alamat naektije@transjakarta.co.id.

[Update: Dian]

[1] Rachmat, dkk. 2007. Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta Kelas 6. Noviandari P, editor. Jakarta: Ganeca Exact, hlm 21.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Muan Hutabarat2 tahun ago

    Mau tanya dong min, itu e-money nya harus 1 kartu buat satu orang atau bisa satu kartu untuk lebih dari 2 org?
    Terimakasih

    Reply
    • author

      redaktur2 tahun ago

      1 kartu 1 orang, walaupun memang bisa “dipinjamkan” atau dipakai orang lain…

Leave a reply "Update Info Cara Membeli dan Tarif Tiket (E-Ticket) Busway TransJakarta"