Update Biaya Kuret di Rumah Sakit Usai Keguguran

No comment 16955 views

Keguguran, mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Keguguran adalah keluarnya embrio secara spontan dari dalam kandungan sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Keguguran ini merupakan salah satu masalah yang paling ditakuti oleh ibu-ibu karena memutuskan harapan untuk memiliki .

Kuret di Rumah Sakit - bundanet.com

Kuret di - bundanet.com

Risiko terjadinya keguguran ternyata lebih tinggi dari perkiraan banyak orang. Tercatat bahwa 15 sampai 20 persen perempuan hamil mengalami keguguran. Angka pastinya tidak diketahui karena keguguran juga bisa terjadi pada perempuan yang tidak menyadari kehamilannya. Karena itu, mengetahui -gejala keguguran sangatlah penting bagi ibu hamil beserta pasangannya.

Gejala utama yang sebaiknya diwaspadai adalah munculnya perdarahan atau bercak darah yang biasanya disertai keram pada perut bagian bawah. Di samping perdarahan dan keram, gejala keguguran lainnya meliputi keluarnya cairan atau jaringan (gumpalan darah) dari vagina, serta hilangnya tanda-tanda kehamilan seperti mual atau payudara yang sensitif.

Perdarahan ringan cukup umum terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan (trimester pertama). Tidak semua perdarahan ringan saat hamil berarti mengalami keguguran. Tetapi, tidak ada salahnya untuk waspada dan segera menghubungi apabila Anda mengalaminya. Namun, jika malang sudah tidak dapat ditolak, maka keguguran bisa saja terjadi pada perempuan hamil.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kawat Gigi 2017

Jika memang harus mengalami keguguran, setelah dipastikan, Anda dapat memilih untuk menunggu sampai seluruh jaringan luruh dan keluar secara alami dari rahim. Namun, proses ini dapat memakan waktu 1-2 minggu sehingga berpotensi menyebabkan munculnya tekanan emosional, terutama bagi sang ibu. Karena itu, dokter biasanya cenderung menganjurkan penanganan dengan atau operasi.

Khusus untuk metode operasi dalam menangani keguguran adalah dengan prosedur kuret. Namun, tidak semua perempuan yang mengalami keguguran diharuskan melalukan kuret. Kuret baru disarankan oleh dokter jika muncul keluhan infeksi, seperti demam, nyeri berkepanjangan, atau perdarahan usai keguguran.

Ketika melakukan kuret, dokter akan memasukkan berbentuk seperti sendok ke dalam vagina. Dokter kemudian membersihkan dinding uterus dari sisa-sisa janin menggunakan ini. Caranya adalah dengan mengerok dinding rahim secara melingkar searah jarum jam dengan tujuan agar tidak ada jaringan mati yang tertinggal, karena jika tertinggal, berpotensi menimbulkan infeksi. Prosedur kuret ini memang terdengar mengerikan dan menyakitkan. Karena itu, akan menerima anestesi lokal atau total sebelum tindakan kuret dilakukan.

Tindakan kuret ini bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik-klinik kehamilan. Sementara, untuk biayanya, bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing klinik . Di RSIA Evasari Jakarta, total biaya kuret mencapai Rp7,8 jutaan. Sementara, biaya kuret di Rumah Sakit Ibu dan Anak YPK Mandiri, Menteng, Jakarta sekitar Rp6,6 jutaan. Adapun biaya kuret di RS Al Islam Bandung, sebesar Rp3,5 juta hingga Rp4 juta untuk kelas 2 (sudah termasuk tindakan di ruang VK, ruang , laboratorium, tindakan , dan obat-obatan).

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Biaya Kuret di Rumah Sakit Usai Keguguran"