Biaya Kuret di Rumah Sakit Pasca Keguguran

No comment 13641 views

Dilatasi dan Kuret (D&C) atau yang biasa disebut Operasi Kuret merupakan suatu tindakan medis yang bertujuan untuk mengeluarkan isi rahim. Kuret biasanya dilakukan pada wanita pasca aborsi medis atau sehabis mengalami keguguran. Meski begitu, tidak semua wanita yang mengalami keguguran diharuskan untuk melakukan kuret.kuret

Kuret baru disarankan oleh jika muncul keluhan infeksi, seperti demam, berkepanjangan, atau perdarahan pasca keguguran. Jika tidak, maka si wanita tak perlu menjalani kuret karena sisa-sisa janin akan keluar dengan sendirinya bersama menstruasi reguler dalam jangka 4-6 minggu.

Saat melakukan kuret, dokter akan memasukkan berbentuk seperti sendok ke dalam vagina. Dokter kemudian membersihkan dinding uterus dari sisa-sisa janin menggunakan ini. Caranya, adalah dengan mengerok dinding rahim secara melingkar searah jarum dengan maksud agar tak ada jaringan mati yang tertinggal, karena jika tertinggal berpotensi menimbulkan infeksi. Prosedur kuret ini memang terdengar mengerikan dan menyakitkan. Oleh karena itu, pasien akan menerima anastesi lokal atau total sebelum tindakan kuret dilakukan.

Baca juga  Update Terbaru Harga Alat (Mesin) Fogging Nyamuk Cegah DBD

yang diperlukan untuk menjalani tindakan Kuret di sangatlah bervariasi, tergantung dari beberapa faktor seperti lokasi dan kualitas rumah , pilihan , kualifikasi dokter, serta tak ketinggalan kerumitan prosedur yang akan dijalani. Biaya Kuret di Rumah umum maupun swasta di Indonesia berkisar mulai Rp 2 jutaan hingga Rp 5 jutaan untuk 1 sesi kuret pada 1 pasien. Biaya yang ditagihkan rumah biasanya sudah termasuk pembelian obat, jasa dokter dan perawat, serta sewa kamar rawat selama semalam.

Sebagai contoh, akan kami informasika biaya kuret di salah satu rumah sakit di kota Surabaya, yakni Rumah Sakit Islam Jemursari yang berlokasi di Jalan Jemursari No. 81-87, Surabaya. Dari pengakuan tertulis salah satu pasien RSI Jemursari, biaya kuret yang dipatok oleh rumah sakit ini adalah sebesar Rp 2,15 juta. Untuk rinciannya, dapat Anda lihat pada data di bawah ini :

Baca juga  Info Terbaru Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG)

Biaya Kuret di RSI Jemursari Surabaya (update Agustus 2015 )

  1. Pendaftaran : Rp  40.000

  2. Pasang Infus : Rp  25.000

  3. Injeksi : Rp  20.000

  4. Natal care & VT : Rp  115.000

  5. Oksigen : Rp  25.000

  6. Kamar Rawat khusus Curretage : Rp  200.000

  7. Jasa Tindakan Dokter : Rp  1.200.000

  8. Obat : Rp  531.400

Total : Rp 2.156.400

Loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya Kuret di Rumah Sakit Pasca Keguguran"