Info Terbaru Harga Sambal Terasi ABC di Indomaret & Alfamart (Sachet dan Botol)

Jika mendengar kata ABC, pasti pikiran Anda langsung tertuju pada kecap manis yang sudah melegenda. Tidak hanya kecap, brand tersebut saat ini juga meluncurkan aneka produk bumbu, saus, hingga sambal. Nah, salah satu produk buatan ABC yang cukup laris di pasaran adalah sambal terasi. Tersedia dalam kemasan sachet dan botol, harga sambal terasi ABC ini pun relatif terjangkau. Anda bisa membelinya di minimarket terdekat seperti Alfamart dan Indomaret.

Sambal Terasi ABC (sumber: bukalapak)
Sambal Terasi ABC (sumber: bukalapak)

Sambal, dilansir dari Wikipedia, secara garis besar dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus pedas. Umumnya, sambal ini berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabai dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Bagi banyak orang Indonesia, tidak lengkap rasanya menyantap makanan tanpa adanya sambal.

Bacaan Lainnya

Di Indonesia sendiri, bukan hanya satu atau dua sambal yang dipunya. Sebaliknya, negara kita memiliki banyak jenis sambal yang berasal dari seluruh daerah di Nusantara. Nama-nama yang sudah familiar antara lain sambal asam, sambal bajak, sambal balado, sambal dabu-dabu, sambal jeruk, sambal kecap, sambal kemiri, sambal lado, sambal penyet, sambal petis, hingga sambal terasi.

Khusus nama yang terakhir, menurut sebuah polling yang dilakukan CNN Indonesia via media sosial pada 2018 lalu, sambal terasi menjadi sambal yang paling populer. Sambal terasi dipilih oleh sekitar 47 persen dari total 450 responden yang mengikuti jajak suara. Sambal ini mengungguli sambal ijo yang meraup 30 persen suara peserta survei, sambal bawang, dan sambal mangga.

Sambal terasi sendiri terpilih karena dinilai punya rasa sambal yang unik. Dengan sensasi rasa terasi yang khas dan gurih karena penggunaan udang, sambal terasi pun memiliki citarasa khas yaitu pedas, gurih, dan sedikit manis. Ini berbeda dengan sambal mangga misalnya, yang menawarkan sensasi rasa pedas bercampur asam segar.

Baca juga  Update Harga Menu di Bakso Rusuk Joss

Merupakan resep yang turun-temurun, sebenarnya cara membuat sambal terasi memang tidak terlalu sulit. Meski sederhana, sambal ini perlu dibuat dengan cermat agar rasanya bisa sangat sedap. Beberapa hal dalam langkah pembuatan sambal terasi yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan cabai, pemilihan terasi, penggunaan cobek, cara mengulek, hingga tambahan penyegar.

Tips Membuat Sambal Terasi

  • Cabai menjadi bahan utama sambal terasi. Gunakan cabai yang segar, karena mengandung banyak air. Sebaliknya, cabai yang sudah kering atau setengah busuk aromanya akan asam menyengat. Buang tangkai cabai dan cuci bersih, lalu tiriskan. Sebaiknya gunakan cabai merah keriting dengan paduan cabai rawit merah untuk hasil sambal yang pedas menyengat. Jika tak suka rasa pedas menyengat, buang biji cabai.
  • Untuk terasi, gunakan terasi berkualitas bagus. Terasi udang dari Lombok, Bangka, atau Sidoarjo termasuk yang berkualitas bagus. Kukus terasi atau panggang di atas bara api hingga aromanya harum dan matang. Terasi yang bagus akan beraroma segar dan harum seafood. Teksturnya akan lunak dan terurai saat matang.
  • Sambal yang sedap juga harus dibuat dengan cara menghaluskan dengan cobek, baik cobek kayu, batu, atau tanah liat. Menghaluskan cabai dengan cobek akan menggerus cabai hingga keluar semua jusnya. Jus dan cabai halus akan menyatu dengan terasi sehingga rasanya lebih sedap. Gunakan cobek yang agak cekung dengan ulekan yang stabil dan enak digenggam agar proses penghalusan bisa maksimal. Jangan lupa bersihkan cobek dan ulekan sebelum dipakai. Sebaiknya jangan memakai food processor atau blender. Jika diproses secara elektronik dengan alat, cabai hanya akan tercincang saja. Jus cabai tak akan keluar maksimal. 
  • Sebelum mulai mengulek, potong-potong cabai ukuran kecil agar lebih mudah digerus. Potong dengan pisau atau patahkan dengan tangan. Setelah cabai mulai tergerus kasar dan mengeluarkan jus atau air, baru tambahkan sedikit garam. Gerus hingga halus. Terakhir, masukkan terasi matang dan gerus bersama cabai hingga tercampur rata. Ingat, terasi sudah gurih atau asin, sebaiknya jangan terlalu banyak menambahkan garam.
  • Jika suka sambal terasi dengan aroma segar, tambahkan air jeruk limau atau jeruk nipis. Belah jeruk menjadi dua, lalu peras airnya dan campurkan dengan sambal terasi. Aroma sambal terasi jadi lebih sedap dan segar.
Baca juga  Update Harga Astor dan Kogen (Kaleng & Plastik)
Sambal terasi (sumber: diadona.id)
Sambal terasi (sumber: diadona.id)

Review Sambal Terasi ABC

Memang, cara membuat sambal terasi cukup simpel. Namun, bagi sebagian orang, mungkin menginginkan kepraktisan atau sudah tidak terlalu mahir memasak. Nah, apabila Anda termasuk orang dengan kategori demikian, tidak perlu khawatir. Karena, sudah ada banyak yang meluncurkan sambal terasi kemasan, salah satunya ABC.

Sebelumnya populer sebagai kecap, ABC, yang kini dikelola PT Heinz ABC Indonesia, juga melahirkan seperti saus, bumbu, jus, hingga sirup. Tersedia di pasar tradisional Indonesia, supermarket, minimarket, dan warung, produk ini juga dijual secara global di Asia-Pasifik, Eropa, dan Amerika. Mereka bisa ditemukan di supermarket Asia di Amerika Serikat dan toko di Belanda.

Khusus untuk sambal terasi, inspirasi ini berawal dari kegemaran masyarakat menikmati sambal ala rumahan. Produk yang diluncurkan sekitar tahun 2011 tersebut ditujukan terutama bagi mereka yang doyan makan sambal tapi tak mau repot membuat sambal sendiri di rumah. Begitu pula bagi para ibu kantoran yang sibuk atau ibu rumah tangga yang menginginkan hal-hal yang praktis. Kehadiran Sambal Terasi ABC ini diharapkan menjadi jawaban dari kebutuhan para ibu.

Sambal Terasi ABC diklaim terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik seperti cabai, gula, minyak nabati, dan terasi pilihan. Seperti sambal gaya rumahan, sambal terasi ini memiliki tekstur yang tak jauh berbeda dengan yang biasa dibuat para ibu di dapur. Aroma terasi yang kuat dan gigitan cabai terasa di tiap cocolan sambal yang berwarna merah tua kecoklatan tersebut. Selain itu, kombinasi gurih dan pedas yang pas juga tercipta dari gerusan kasar cabai segar dan biji cabai. 

Baca juga  Update Harga Coklat Batangan

Tidak sulit mendapatkan sambal terasi buatan ABC. Anda bisa membeli ini di berbagai pasar tradisional, toko kelontong, minimarket, hingga swalayan modern. Di pasaran Indonesia, Sambal Terasi ABC setidaknya telah hadir dalam dua varian kemasan, yakni sachet dan botol. Berikut kami sajikan informasi terbaru harga Sambal Terasi ABC.

Harga Sambal Terasi ABC di

Kemasan Sambal Terasi ABC Harga
Sambal Terasi ABC Sachet 10 x 20 gr Rp14.800
Sambal Terasi ABC Botol 180 gr Rp18.900
Sambal terasi ABC (sumber: hokishoptaiwan.com)
Sambal terasi ABC (sumber: hokishoptaiwan.com)

Harga Sambal Terasi ABC di Alfamart

Kemasan Sambal Terasi ABC Harga
Sambal Terasi ABC Sachet 10 x 20 gr Rp18.500
Sambal Terasi ABC Botol 180 gr Rp19.200

Harga Sambal Terasi ABC di Situs E-Commerce

Kemasan Sambal Terasi ABC Harga
Sambal Terasi ABC Sachet 20 gr Rp1.500 per sachet
Rp13.800 per renceng (10 sachet)
Rp128.000 per pak
Rp334.500 per dus (30 pak)
Sambal Terasi ABC Botol 180 gr Rp19.201

Harga Sambal Terasi ABC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk website dan aplikasi minimarket yang bersangkutan serta situs jual beli online. Harga Sambal Terasi ABC tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, harga Sambal Terasi ABC saat ini terbilang cukup stabil. Sebagai contoh, Sambal Terasi ABC Botol 180 gr di situs e-commerce yang awalnya dijual dengan harga Rp18.000 hingga Rp24.500, menjadi Rp19.201. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda dapat mendatangi toko kelontong atau swalayan terdekat di kota Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.