Biaya Cat Mobil: City car kompak paling murah, MPV menengah, Sedan dan Mobil Eropa Termahal

-mobil tua tampilannya seringkali sudah tak menarik lagi akibat penampakan “cat buluk” dimana-mana. Kondisi cat yang cenderung kusam, berjamur, hingga terkena noda aspal menjadikan penampilan tua jadi lebih mengenaskan. Untuk mengakalinya agar terlihat seperti baru lagi, banyak pemilik yang memilih opsi mengecat ulang seluruh bodi .

biaya cat oven mobil - otomotif.kompas.com

cat oven mobil - .kompas.com

Saking populernya, teknik pewarnaan ulang full bodi ini tak hanya dilakukan pada mobil-mobil tua. Para pemilik mobil baru pun kadang tak sungkan merogoh kocek untuk mengganti tampilan luar mobilnya dengan warna-warna jreng, hanya sekedar untuk alasan hobi atau mengikuti mode.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, berapa yang diperlukan untuk mengecat seluruh bagian luar bodi mobil? Menurut penelusuran dari beberapa narasumber di ibukota Jakarta, biaya cat ulang full body untuk sebuah mobil dihargai dengan nominal yang cukup tinggi.

Baca juga  Kisaran Harga Terbaru Kaca Film Merek LLumar di Pasaran

"Full body bisa 6-7 juta lihat kondisi. ini untuk mobil pribadi seperti Avanza dan Xenia. Tapi untuk kelas mobil yang lebih besar seperti Innova agak dikit karena lebih besar, jadi bahannya lebih banyak. Perbedaanya sekitar 500.000 sampai dengan 1 juta,” ucap Agus, seorang pemilik bengkel di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk mobil sejenis sedan atau mobil-mobil buatan Eropa, Agus menyebutkan bahwa biaya pengecatan ulangnya sedikit lebih mahal sebab memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dalam pengerjaannya.

Jika hanya ingin mengganti cat per panel, konsumen akan dikenakan biaya sekitar Rp 400-500 ribuan. Namun jika dihitung-hitung, sebenarnya biaya pengecatan per panel jatuhnya lebih mahal ketimbang full body.

Beralih ke Jakarta Utara, ada sebuah bengkel yang menawarkan teknik baru metode “Cat Oven”, yakni bengkel Autobless yang bertempat di komplek Ruko Sunter Mas. Metode lebih baru, biaya tentu lebih mahal, yaitu sekitar Rp 7-12 jutaan untuk full body sebuah mobil, tergantung dari kendaraan yang akan di cat.

Baca juga  Kisaran Harga Terbaru Kaca Film Merek LLumar di Pasaran

Misalnya, untuk kendaraan berjenis city car ditarik biaya pengecatan sebesar Rp 7 juta.  Sementara mobil jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) dibanderol Rp 8-12 juta.

“Misalnya mobil itu ada bagian bodi yang sudah keropos, tentu harus diperbaiki lagi dan harganya lebih besar lagi. Jadi semua harga itu menyesuaikan kondisinya saja,” ujar Andre Alexander Phandana, pemilik Autobless.

Perkara hasil jangan ditanya, sebab metode cat oven memberikan hasil warna yang lebih “menyala” ketimbang pengecatan yang dilakukan pada suhu ruangan. Pada metode cat oven, ruang pengerjaan dapat diatur temperaturnya layaknya sebuah oven, sehingga dapat memberikan hasil optimal jika diset pada temperatur yang ideal.

loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya Cat Mobil: City car kompak paling murah, MPV menengah, Sedan dan Mobil Eropa Termahal"