Berapa Harga Ukulele Cak dan Cuk untuk Instrumen Musik Keroncong?

Siapa yang tidak mengenal keroncong? Keroncong merupakan salah satu genre yang berkembang di dan dapat dikenali dari iramanya yang merdu dan menenangkan hati, dengan tempo yang cenderung mendayu-dayu dan nada yang ekstra lembut.

Ukulele Cak Cuk - www.tokopedia.com

Ukulele Cak Cuk - www.tokopedia.com

Akar musik keroncong diklaim berasal dari fado (musik yang berasal dari Portugis). Bentuk awal musik ini disebut dengan moresco (sebuah tarian asal Spanyol). Dalam perkembangannya, masuk sejumlah unsur Nusantara, seperti penggunaan seruling dan beberapa gamelan. Masa keemasan musik keroncong berlangsung mulai abad ke-19 hingga tahun 1960-an.

Dalam bentuknya yang paling awal, moresco diiringi oleh musik dawai, seperti , ukulele, serta selo. Perkusi juga kadang-kadang dipakai. Set orkes semacam ini masih dipakai oleh keroncong Tugu, bentuk keroncong yang masih dimainkan oleh komunitas keturunan budak Portugis dari Ambon yang tinggal di Kampung Tugu, Jakarta Utara, yang kemudian berkembang ke arah selatan di Kemayoran dan Gambir.

Baca juga  Daftar Harga Teh Gelas Kemasan Cup & Botol dari Pabrik

Kemudian, keroncong mengalami pem-pribumi-an yang menjadikannya sebagai seni campuran dengan -alat musik seperti sitar India, rebab, suling bambu, gendang, kenong, dan saron sebagai satu set gamelan, serta gong. Kini, musik yang digunakan dalam orkes keroncong mencakup:

  • Ukulele cuk, berdawai 3 (nilon), urutan nadanya adalah G, B dan E; sebagai alat musik utama yang menyuarakan crong-crong sehingga disebut keroncong (ditemukan tahun 1879 di Hawai, dan merupakan awal tonggak mulainya musik keroncong).
  • Ukulele cak, berdawai 4 (baja), urutan nadanya A, D, Fis, dan B. Jadi, ketika alat musik lainnya memainkan tangga nada C, cak bermain pada tangga nada F (dikenal dengan sebutan in F).
  • Gitar akustik sebagai gitar melodi, dimainkan dengan gaya kontrapuntis (anti melodi).
  • Biola (menggantikan rebab).
  • Flute (menggantikan suling bambu), pada era Tempo Doeloe memakai suling Albert (suling kayu hitam dengan lubang dan klep, suara agak patah-patah), sedangkan pada Era Keroncong Abadi telah memakai suling Bohm (suling metal semua dengan klep, suara lebih halus dengan ornamen nada yang indah),
  • Selo, betot menggantikan kendang, dalam keroncong dimainkan secara khas dipetik/pizzicato.
  • Kontrabas (menggantikan gong), juga bass yang dipetik.
Baca juga  Harga Oli Kendaraan di Shop and Drive

Dari beberapa instrumen musik tersebut, salah satu yang memegang peranan sangat penting adalah ukulele, baik cak maupun cuk. Ukulele ini berfungsi sebagai penjaga irama musik keroncong, selain bass. Lalu, berapa ukulele cak dan cuk ini sekarang?

Harga ukulele cak dan cuk bervariasi, tergantung pembuatnya dan senar. Saat ini, ukulele cak dan cuk dengan bahan bodi kayu, neck kayu tuner stainless dijual di kisaran Rp375.000 hingga Rp400.000. Sementara, ukulele cak dan cuk dengan bahan bobokan utuh dari neck dan bodi, dibanderol mulai Rp750.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Harga Ukulele Cak dan Cuk untuk Instrumen Musik Keroncong?"