Kandungan, Manfaat, dan Harga Bunga Saffron

No comment166 views

Bagi Anda yang suka dengan masakan atau dengan kandungan rempah-rempah, pastinya sudah tidak asing lagi dengan bunga saffron. Ini merupakan salah satu rempah-rempah yang diambil dari bunga Crocus Sativus. Bunga ini hanya dapat tumbuh dengan baik dan dapat dijumpai di kawasan Timur Tengah. Sayangnya, cara pengolahan dan yang masih , membuat bunga saffron cukup mahal. Untuk 1 gram bunga saffron siap konsumsi, harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. 

Mahalnya bunga saffron tidak hanya karena pengolahan dan cara panennya saja, tetapi juga diklaim punya banyak . Bunga saffron banyak dimanfaatkan dalam dunia medis, kuliner, dan kecantikan karena punya kandungan nutrisi dan zat yang baik. Berikut adalah kandungan serta bunga saffron.

Harga Bunga Saffron - www.agrowindo.com

Harga Bunga Saffron - www.agrowindo.com

Kandungan Nutrisi Bunga Saffron

Sebagai rempah-rempah khas Timur Tengah, saffron memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi dari 100 gr saffron adalah mangan sebanyak 1235%. Mangan sendiri adalah salah satu jenis mineral yang mudah ditemukan di berbagai jenis bahan . Sementara, kandungan kolesterol adalah 0%, sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan gangguan kesehatan. Masih banyak lagi kandungan pada sejumput saffron yang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, seperti A, C, folat, hingga karbohidrat.

Manfaat Bunga Saffron

Mencegah dan Membantu Proses Pengobatan Kanker

Saffron memiliki kandungan antioksidan tinggi, ini bermanfaat untuk menangkal zat radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan mengaktifkan sel kanker. Dengan manfaatnya sebagai zat antioksidan tersebut, Anda bisa mengosumsinya sehari-hari untuk mencegah penyakit kanker dan membantu proses pengobatan kanker. Saffron juga akan menjaga kesehatan tubuh dan menjaga sel-sel yang tidak teradiasi kanker, sehingga penyakit kanker tidak akan menyebar luas. 

Dilansir dari Alodokter, saffron memiliki zat antioksidan bernama crocin yang dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Sehingga, pasien kanker yang melakukan kemoterapi dengan mengonsumsi saffron, pengobatannya pun dikatakan akan menjadi lebih efektif. 

Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi seorang pasien diabetes, pastinya sulit mengelola kadar gula dalam tubuhnya. Sedikit saja mengonsumsi gula, dapat menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat secara drastis. Untuk mengatasinya, bagi Anda dengan risiko atau memiliki diabetes, bisa mencoba mengonsumsi teh saffron setiap pagi dan malam.

Kandungan nutrisi serta senyawa yang ada pada saffron akan membantu tubuh dalam mengelola kadar gula. Teh saffron akan menurunkan kadar gula dalam darah dan membantu menstabilkannya. Dengan kadar gula rendah dalam darah, maka penderita diabetes akan memiliki sensitivitas tinggi terhadap insulin. Ini membantu tubuh mereka untuk memproses dan mencerna glukosa dengan baik.

Mengurangi dan Mengatasi Nyeri Haid

Bagi seorang wanita, mengalami nyeri saat menstruasi adalah hal yang wajar. Meskipun begitu, beberapa wanita sering mengalami nyeri yang tak tertahankan ketika menstruasi. Tak jarang pula, mereka yang mengalami nyeri saat haid bisa lemas dan pingsan. Jika Anda mengalami hal serupa, Anda bisa mengatasinya dengan minum-minuman berempah. Salah satu rempah-rempah yang bisa mengatasi nyeri haid dengan cepat, yaitu saffron.

Anda bisa minum air rebusan atau teh bunga saffron saat merasakan nyeri haid. Saffron sendiri memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi dan menghilangkan nyeri. Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi air rebusan atau teh saffron saat haid, yaitu menstruasi menjadi lebih lancar dan normal. Teh saffron juga baik untuk Anda yang sering mengalami gangguan pada periode haid Anda.

Manfaat Bunga Saffron - www.rumahsaffron.com

Manfaat Bunga Saffron - www.rumahsaffron.com

Mengurangi Berat Badan

Air rebusan atau teh saffron bisa Anda jadikan sebagai salah satu menu pendamping diet atau untuk menurunkan berat badan. Kandungan zat yang ada pada saffron mampu menekan nafsu makan Anda. Anda akan merasa kenyang lebih lama jika minum air rebusan saffron sebelum atau sesudah makan. Inilah salah satu alasan mengapa saffron dapat menurunkan berat badan Anda. 

Itulah beberapa manfaat dari bunga saffron. Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, tentunya Anda perlu mengonsumsi bunga saffron. Untungnya, tidak sulit menemukan bunga saffron. Anda bahkan bisa membelinya secara online. Berikut adalah kisaran harga saffron dengan berbagai jenis dan varian.

Harga Bunga Saffron

Merek dan Jenis Bunga SaffronHarga (Rp)
Bunga Saffron Khasmir Sachet 17.000
Bunga Saffron Premium Original 0,25 gr 37.500
Bunga Saffron Super Negin 0,25 gr 50.000
Bunga Saffron Premium Original 0,50 gr 63.000
Bunga Saffron Badiee Negin 1 gr 85.000
Bunga Saffron Super Negin Kasmir 1 gr 90.000
Bunga Saffron Alhamraa 1 gr 103.500
Bunga Saffron Kuma Spanyol 115.000
Bunga Saffron Premium Original 1 gr 119.000
Bunga Saffron Bahraman Turkey 1gr 150.000
Bunga Saffron Azmi 1 gr 150.000
Bunga Saffron Spain 0,5 gr 150.000
Bunga Saffron Finest Gold Iran 160.000
Bunga Saffron Khasmir Original Afghanistan 215.000
Bunga Saffron Premium Original 2 gr 228.000
Bunga Saffron Spain 1 gr 279.000
Bunga Saffron Spain 2 gr 521.000

Untuk mengonsumsi saffron, tentunya tidak bisa sembarangan. Pasalnya, setiap jenis ataupun merk saffron di atas memiliki jumlah takaran konsumsi harian yang berbeda-beda. Ada baiknya Anda memperhatikan takaran saji dan cara penyajian yang benar untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca juga  Berfungsi Merangsang Pertumbuhan & Mencegah Stres Untuk Tanaman, Berapa Harga Terbaru Vitamin B?
loading...
author

Leave a reply "Kandungan, Manfaat, dan Harga Bunga Saffron"