Update Harga Sketchbook di Gramedia dan Online (Semua Merk dan Ukuran)

Jika Anda memiliki minat tinggi terhadap dunia seni, terutama menggambar dan melukis, maka salah satu perlengkapan yang wajib Anda miliki dan Anda bawa kemana-mana adalah sketchbook. Pasalnya, sketchbook bisa menjadi media efektif untuk menuangkan serta menyimpan ide-ide kreatif Anda yang bisa datang tanpa terduga. Tidak sulit menemukan sketchbook, karena Anda bisa membelinya di seperti Gramedia atau secara online dengan yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Menggambar di Sketchbook (credit: mymodernmet/Shutterstock)

Ilustrasi: Menggambar di Sketchbook (credit: mymodernmet/Shutterstock)

Dilansir dari Uprint.id, sketchbook dikatakan sebagai sebuah media yang efektif untuk mengisi waktu bereksplorasi mengenai beragam hal seni. Biasanya, buku tersebut memiliki beberapa , mulai dari yang kecil hingga besar. Semua tergantung seberapa besar dari buku tersebut. Buku sketsa ini diklaim dapat berdampak baik untuk pikiran seseorang, karena Anda dapat menuangkan segala inspirasi berupa ke dalam sketchbook.

Manfaat Sketchbook

  • Sketchbook dapat menjadi media pengembangan diri. Misal, jika Anda gemar melukis dan menggambar, maka tidak ada salahnya untuk membawanya ke mana saja. Semakin sering Anda menggunakan buku sketsa, maka akan semakin terasah juga kemampuan yang dimiliki. Mengembangkan skill tangan secara manual dalam sketchbook akan memiliki dampak langsung pada kemampuan gambar digital seperti 3D dan visual effect. Di era digital, sketchbook bisa menjadi lebih efisien karena dengan perkembangan teknologi memungkinkan seniman untuk menyimpan lembaran-lembaran sketchbook yang bisa dilacak dan diorganisasi sesuai kebutuhan.
  • Buku ini juga dapat dijadikan media kolaborasi antara seniman dengan orang-orang yang melihatnya sehingga mendapatkan feedback dari orang lain. Sebab, sebuah sketchbook dapat memungkinkan banyak ide dan gagasan yang secara spontan dituangkan dengan baik. Halaman sketchbook biasanya mudah disobek dan bisa diinterpretasikan dalam banyak cara, serta memungkinkan orang lain untuk melihatnya dalam berbagai sisi dan memberikan ide-ide segar bagi mereka. Saat seorang artist berusaha mengembangkan skill mereka melalui gagasan-gagasan artwork di sketchbook, hal itu bisa menjadi hal yang sangat berguna ketika artist lain memberikan masukan dan kritik sebagai feedback.
  • Sketchbook juga bisa menjadi tempat seorang artis tidak perlu takut untuk tidak sempurna. Karena, sketchbook bukanlah tempat sebuah finished artwork, tetapi sebuah tempat untuk ide-ide dan gagasan yang terbuka. Seperti seseorang yang hobi menggambar, jika ia sedang suntuk atau bosan justru akan merasa nyaman ketika dekat dengan sketchbook. Itu karena, ia dapat mengusir kebosanan hanya dengan menggambar.
Ilustrasi: Manfaat Sketchbook (credit: mic)

Ilustrasi: Manfaat Sketchbook (credit: mic)

Jenis Sketchbook

  • Drawing paper, adalah jenis kertas yang umum digunakan untuk sketchbook. Kertas ini sendiri merupakan kertas serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti mengajar di , membuat tugas, atau pekerjaan mendesain. Untuk Anda yang ingin mencoba berbagai teknik menggambar atau hanya ingin membuat sketsa, drawing paper dapat menjadi pilihan Anda karena relatif murah dan mudah ditemukan.
  • Watercolor paper, ini adalah jenis kertas sketchbook yang direkomendasikan untuk mereka yang ingin menggambar dengan cat . Berhubung kertas tersebut memiliki kemampuan hidrofilik yang tinggi, teknik blurring yang khas akan sangat mudah diaplikasikan. Setidaknya, ada tiga jenis kertas untuk cat , yakni hot press dengan permukaan halus, cold press dengan permukaan sedikit bertekstur, dan rough press yang sangat bertekstur.
  • Croquis paper, memiliki ciri khas jumlah lembaran yang banyak dengan kertas tipis. Dengan karakter tersebut, kertas ini sangat cocok untuk digunakan menggambar goresan-goresan seperti tubuh manusia, desain baju, atau untuk gambar yang tumpang tindih. Namun, kertas ini tidak cocok digunakan untuk membuat lukisan cat air maupun cat akrilik.
  • Kent paper, punya karakteristik cukup kuat dan memiliki permukaan yang tidak terlalu rata. Bolpoin dan drawing pen akan bekerja dengan baik pada kertas ini. Selain itu, kertas ini juga tidak mudah robek ketika Anda menggunakan penghapus. Namun, kertas ini tidak cocok untuk teknik cat air karena tidak dapat menyerap terlalu banyak kelembapan.
  • Charcoal paper, merupakan kertas yang digunakan untuk melukis menggunakan arang. Kertas ini memiliki ciri khas permukaan yang tidak rata. Arang kurang cocok pada drawing paper karena permukaan drawing paper lebih licin dan tidak bertekstur. Sementara, pada charcoal paper, arang dapat bekerja dengan baik berkat permukaan dan tekstur yang tidak rata pada kertas tersebut.

Nah, apabila Anda ingin mengeksplorasi ide-ide menggambar dan melukis Anda, tidak sulit mendapatkan sketchbook. Anda bisa membeli buku ini di berbagai toko buku seperti Gramedia, atau secara online di beberapa situs e-commerce dalam negeri. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga sketchbook di pasaran Indonesia.

Ilustrasi: gambar di sketchbook (sumber: architecturelab.net)

Ilustrasi: gambar di sketchbook (sumber: architecturelab.net)

Harga Sketchbook di Gramedia

Merk SketchbookHarga
Artemedia Sketchbook A5Rp19.000
Lyra Refill Sketchbook A5Rp15.000
VOS Sketchbook Blue A5Rp19.000
Kiky Sketchbook A5Rp19.000
Lyra Refill Sketchbook A4Rp25.300
Kiky Sketchbook A4Rp34.000
Lyra Sketchbook A4Rp53.500
Estude Sketchbook A3Rp60.000

Harga Sketchbook di Toko Online

Merk SketchbookHarga
Kiky Sketchbook A5Rp10.500
Artemedia Sketchbook A6Rp13.000
Artemedia Sketchbook A5Rp13.000
Osaka Spirit Sketchbook A4Rp16.500
Kiky Sketchbook A4Rp18.000
GambArt Sketchbook A6Rp20.000
Our Story Begins Sketchbook A6/A5Rp20.000
De Goya Sketchbook A4Rp20.500
Reeves Sketchbook A5Rp41.000
Artemedia Sketchbook A4Rp23.000
Kiky Sketchbook A3Rp33.000
Potentate Hard Cover Sketchbook A6Rp37.100
Arto Sketchbook A5Rp52.000
Lyra Sketchbook A5Rp45.000
De Goya Sketchbook A3Rp38.000
Lyra Sketchbook A4Rp38.000
Potentate Sketchbook A5Rp45.000
Canson Sketchbook A4Rp60.000
Arto Sketchbook A4Rp32.000
GambArt Sketchbook Linen PlasticRp98.000
Arto Sketchbook Hardcover A3Rp134.000
Medieval Sketchbook Hardcover A5Rp140.000

Harga sketchbook di atas kami rangkum dari situs resmi Gramedia dan situs jual beli online di dalam negeri. Harga sketchbook tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga sketchbook di Gramedia berkisar Rp14.500 hingga Rp64.500 dan di toko online berkisar Rp8.950 hingga Rp140.000. Khusus untuk pembelian secara online, harga di atas belum termasuk dengan ongkos kirim, dengan besaran bervariasi.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Filter Air Sumur Bor (Berbagai Merk)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Sketchbook di Gramedia dan Online (Semua Merk dan Ukuran)"