Info Terkini Biaya Pasang Telepon Rumah Telkom

Meski telepon rumah saat ini kalah populer dibandingkan ponsel cerdas, tetapi masih banyak yang menggunakan layanan ini. Biasanya, yang tetap menggunakan layanan tersebut adalah kantor, pertokoan, dan kalangan instansi. Karena itu, Telkom pun tetap menyediakan jasa pemasangan telepon rumah, dengan biaya yang bervariasi, tetapi tetap terjangkau. 

Ilustrasi: pesawat telepon (sumber: freepik)
Ilustrasi: pesawat telepon (sumber: freepik)

Seperti diketahui, di Indonesia, layanan telekomunikasi rumah atau kabel dioperasikan oleh PT Telkom. PT Telkom sendiri adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan telekomunikasi dan jaringan di wilayah Tanah Air. PT Telkom sendiri telah melayani lebih dari 151,9 juta pelanggan yang terdiri dari 125 juta pelanggan seluler (Telkomsel) dan 25,8 juta pelanggan tetap.

Bacaan Lainnya

Dalam menentukan tarif layanan telekomunikasi, perusahaan tersebut mengacu pada ketentuan dari pemerintah. Pemerintah membagi jenis tarif menjadi dua kategori, yaitu tarif untuk penyediaan jasa telekomunikasi dan tarif untuk layanan jaringan telekomunikasi. Operator telekomunikasi dapat menyesuaikan besaran tarif yang akan dikenakan kepada pelanggan serta bersaing sehat dengan operator telekomunikasi lainnya, yang tentunya sesuai dengan peraturan dari Menteri Komunikasi dan Informatika. Selain mengacu pada ketentuan pemerintah, Telkom menentukan tarif berdasarkan panduan tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak direksi perusahaan.

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang ingin memasang telepon rumah atau sudah berlangganan telepon rumah dari Telkom, berikut kami sajikan terbaru biaya pemasangan dan berlangganan (abonemen) telepon rumah, yang bisa dibagi menjadi beberapa kategori, seperti sambungan telepon kabel tidak bergerak, sambungan telepon nirkabel tidak bergerak, dan lain-lain.

Biaya Telepon Rumah Telkom

KategoriBiaya PemasanganBiaya Abonemen
BisnisRp175.000 – Rp450.000Rp38.400 – Rp57.600
ResidensialRp75.000 – Rp295.000Rp20.600 – Rp32.600
SosialRp50.000 – Rp205.000Rp12.500 – Rp18.500

Informasi biaya pemasangan dan abonemen telepon rumah di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Apabila dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran biaya saat ini terpantau tidak banyak berubah. Pasalnya, sekarang memang semakin sedikit masyarakat yang memasang telepon, terutama telepon di rumah.

Personel teknisi Indihome (sumber: tribunnews.com)
Personel teknisi Indihome (sumber: tribunnews.com)

Tarif SLI Telkom

GrupWilayahTarif per Menit
Grup IAsia Tenggara, Pasifik SelatanRp4.550 
Grup IIAmerika Utara, Amerika Selatan, Afrika, Asia Timur, Asia Barat, Asia SelatanRp5.850 – Rp7.440 
Grup IIIEropaRp8.000 – Rp9.050 
Grup IVAfrika, Pasifik, Amerika TengahRp10.530 – Rp25.740 
Grup VAscension, Tokelau, Diego-GarciaRp30.580 – Rp43.270 

Informasi tarif SLI Telkom di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, ada sejumlah perubahan yang ditetapkan perusahaan. Sebelumnya, tarif telepon SLI ditetapkan per 6 detik dengan biaya mulai Rp455, tergantung kawasan atau zona, sedangkan sekarang ditetapkan per menit.

Ilustrasi: penggunaan telepon rumah
Ilustrasi: penggunaan telepon rumah

Harga Paket IndiHome 2P

Jenis PaketHarga
Internet + Phone 30 MbpsRp300.000 per bulan
Internet + Phone 40 MbpsRp330.000 per bulan
Internet + Phone 50 MbpsRp360.000 per bulan
  • Harga berlaku untuk pelanggan baru.
  • Biaya Baru (PSB) IndiHome Rp150.000, akan ditagihkan pada bulan pertama saja dan tidak diperkenankan melakukan secara tunai selain di Plasa Telkom.
  • Untuk berlangganan, bisa melalui myIndiHome, Plasa Telkom/Grapari Telkom Group atau hubungi Call Center 147.
  • IndiHome menyediakan ONT selama berlangganan.
  • Untuk beberapa daerah tertentu, registrasi IndiHome Paket Phoenix bisa dilakukan dengan sistem pembayaran deposit. Jika dalam waktu 14 hari status permintaan pemasangan belum terpasang sejak calon pelanggan membayar deposit, maka pelanggan akan mendapatkan dan email notifikasi bahwa permintaan registrasi pemasangan belum dapat dilanjutkan. Pelanggan dapat mengajukan refund dengan mengisi form pada email yang dikirimkan kepada pelanggan.
  • Harga di atas belum termasuk PPN.

Harga paket IndiHome 2P di atas juga telah kami rangkum dari situs resmi IndiHome. Perlu diketahui bahwa harga paket berlangganan IndiHome tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing wilayah. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga paket IndiHome 2P 30 Mbps mulai Rp315 ribu per bulan, sedangkan harga paket 40 Mbps berkisar Rp385 ribu per bulan.

Kantor IndiHome Fiber - @syadza haifa ami dwinanda
Kantor IndiHome Fiber – @syadza haifa ami dwinanda

Harga Paket IndiHome 3P

Jenis PaketHargaKeterangan
Paket Jitu 1 – 3P 30 MbpsRp360.000 per bulanCocok 5-7 perangkat, IndiHome TV, Disney Hotstar, telepon rumah 100 menit
Paket Jitu 1 – 3P 30 MbpsRp475.000 per bulanCocok 5-7 perangkat, IndiHome TV, Disney Hotstar, Vidio, CATCHPLAY+, WeTV iflix, telepon rumah 100 menit
Paket Jitu 1 – 3P 40 MbpsRp495.000 per bulanCocok 7-10 perangkat, IndiHome TV, Disney Hotstar, Vidio, CATCHPLAY+, WeTV iflix, telepon rumah 100 menit
Paket Jitu 1 – 3P 50 MbpsRp515.000 per bulanCocok 10-12 perangkat, IndiHome TV, Disney Hotstar, Vidio, CATCHPLAY+, WeTV iflix, telepon rumah 100 menit
  • Harga berlaku untuk pelanggan baru.
  • Jumlah channel dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Catchplay tidak berlaku untuk Single Rental. Iflix yang berlaku adalah Iflix VIP.
  • Biaya Pasang Baru (PSB) IndiHome Rp150.000 akan ditagihkan pada bulan pertama saja dan tidak diperkenankan melakukan pembayaran secara tunai selain di Plasa Telkom.
  • Untuk berlangganan paket ini, silakan aktivasi melalui aplikasi myIndiHome, Plasa Telkom/Grapari Telkom Group, atau hubungi Call Center 147.
  • IndiHome menyediakan Hybrid Box (STB) dan ONT selama berlangganan.
  • Untuk pelanggan yang ingin memasang Hybrid Box (STB) Tambahan akan dikenakan biaya tambahan setiap bulan untuk penyediaan Hybrid Box (STB) yang dimaksud, serta pelanggan akan dikenakan biaya penarikan jaringan tambahan.
  • Harga belum termasuk PPN.

Informasi harga paket 3P IndiHome di atas kami rangkum dari situs resmi provider yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa tarif IndiHome 3P tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pada tahun lalu misalnya, biaya paket 30 Mbps berkisar Rp385 ribu per bulan, sedangkan harga paket 50 Mbps mulai Rp615 ribuan per bulan. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar

  1. Hari ini coba nanya nanya by phone ke telkom untuk daftar pasang telpon rumah saja tanpa internet dan tv kabel. By info 147 kalau mau daftar telpon rumah sekarang harus paketan dengan telpon interlokal yang berabodemen 195 ribu per bulan. Apa iya sekarang sdh tidak ada lagi layanan khusus untuk telpon rumah tanpa paketan apapun? Di web abodemen untuk residensial gak sampai 50 ribu ini kenapa saya telpon ke cs yang ada hanya paketan saja ya. Mohon info kalau ada yang tau

    1. Sepertinya sekarang sudah gak wajar cenderung seenaknya. Tadi siang saya telpon 147 minta dikirim petugas telkom untuk memperbaiki sambungan telpon rumah saya yang sering mati dan sekalian minta tolong untuk membuat sambungan lain (paralel) dengan nomor yang sama ke ruangan lain, yaitu ke kamar tidu saya di lantai 2 ( masih 1 rumah dan 1 alamat ) lalu petugasnya bilang sudah TIDAK BISA dan tidak boleh bikin sambungan paralel. Jadi saya harus mengajukan nomor baru dengan biaya pemasangan Rp 299.000. ANEHHHHHHHHH!!!!

  2. Sy sdh 3minggu daftar pemasangan baru tp sampai sekarang blm ada yg komfirm ke sy utk pemasangan nya. Telkom pelayan nya makin mundur