Info Terbaru Tarif Tol Jakarta-Bogor via Jagorawi (Semua Golongan Kendaraan)

Dengan adanya jalan tol, mereka yang berdomisili di Jakarta memang diberi kemudahan untuk bepergian ke kota-kota di sekitarnya seperti Bandung atau Bogor. Meski harus membayar sejumlah tarif sesuai dengan golongan kendaraan, tetapi dengan memanfaatkan jalan tol, perjalanan relatif menjadi cepat dan juga terhindar dari kemacetan.

Ruas Tol Jagorawi (sumber: cintamobil.com)
Ruas Tol Jagorawi (sumber: cintamobil.com)

Untuk mereka yang hendak liburan dari Jakarta ke Bogor, bisa melalui jalur Tol Jakarta-Bogor-Ciawi atau biasa disingkat Tol Jagorawi. Ini merupakan jalan tol pertama yang dioperasikan oleh PT Jasa Marga pada 1978 silam. Jalan tol dengan panjang total 59 km ini menghubungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi. Pengoperasian Jagorawi menjadi tonggak sejarah kelahiran PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai perusahaan pengembang dan operator jalan tol di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Saat ini, Jalan Tol Jagorawi sudah tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Ring Road. Jagorawi menjadi masterpiece dikarenakan struktur konstruksi yang masih prima serta penataan landscape yang hijau yang memberikan suasana segar bagi pengguna jalan tol.

Seiring waktu, Jalan Tol Jagorawi terus mengalami perubahan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan, di antaranya pelebaran jalan tol, pemindahan Gerbang Tol ke Cimanggis, penambahan sarana tempat istirahat, hingga perubahan sistem transaksi. Pada Februari hingga Desember 2011 lalu, ruas Tol Jagorawi telah dilebarkan dari semula tiga lajur menjadi empat lajur dari Jakarta ke Sentul Selatan. Namun, ruas dari Sentul Selatan sampai Bogor masih tiga lajur, sedangkan dari Bogor ke Ciawi masih dua lajur.

Layaknya jalan tol lainnya, ketika pengendara hendak menggunakan Jalan Tol Jagorawi untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Bogor, juga akan dikenakan tarif. Besaran tarif bervariasi, tergantung golongan kendaraan serta dari arah mana pengendara melaju. Berikut kami sajikan informasi tarif tol Jakarta ke Bogor via Jalan Tol Jagorawi.

Tarif Tol Jakarta-Bogor (via Tol Jagorawi)

Golongan KendaraanTarif Tol
Golongan Kendaraan IRp7.000
Golongan Kendaraan IIRp11.500
Golongan Kendaraan IIIRp11.500
Golongan Kendaraan IVRp16.000
Golongan Kendaraan VRp16.000

Tarif Tol Jagorawi di atas sudah kami rangkum langsung dari laman resmi BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Apabila dibandingkan ketentuan sebelumnya, besaran tarif Tol Jagorawi hingga detik ini masih belum berubah karena tetap menggunakan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1175/KPTS/M/2019 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi, yang mulai berlaku pada Desember 2019.

Ilustrasi: antrian kendaraan di gerbang tol (sumber: minews.id)
Ilustrasi: antrian kendaraan di gerbang tol (sumber: minews.id)

Sebelumnya, pada tanggal 8 September 2017, PT Jasa Marga resmi meniadakan transaksi di Gerbang Tol Cimanggis Utama dan Cibubur Utama. Dengan demikian, tarif sama rata dari ruas Cawang hingga Bogor atau Ciawi. Untuk kendaraan golongan I, dikenakan tarif Rp6.500, tarif kendaraan golongan II sebesar Rp9.500, tarif kendaraan golongan III sebesar Rp13.000, tarif kendaraan golongan IV sebesar Rp16.000, dan tarif kendaraan golongan V sebesar 19.500.

Sementara itu, apabila Anda hendak bepergian dari Bogor ke Jakarta, Anda bisa menggunakan Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR). Melansir website resmi BPJT, Tol BORR memiliki gerbang masuk di Sentul Selatan dan gerbang keluar di Simpang Semplak. Sebagai referensi, berikut tarif jalan tol tersebut yang berlaku saat ini.

Tarif Tol Bogor Outer Ring Road

Golongan KendaraanTarif Tol
Golongan Kendaraan IRp14.000
Golongan Kendaraan IIRp21.000
Golongan Kendaraan IIIRp21.000
Golongan Kendaraan IVRp28.000
Golongan Kendaraan VRp28.000

Informasi tarif Tol BORR di atas sudah kami kutip dari situs resmi BPJT. Sama seperti Tol Jagorawi, tarif jalan tol pun masih belum berubah sejak tahun lalu karena tetap mengacu pada Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol BORR.

PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku operator mengklaim bahwa pihaknya berupaya melakukan peningkatan layanan di seluruh pelayanan jalan tol. Dalam bidang transaksi misalnya, dengan penambahan jumlah titik layanan bergerak berupa mobile reader (MR) sebanyak empat unit, layanan penyediaan area Top Up Center (TUC), serta satu Gardu Reversible (gardu layanan dua arah).

Tol Jakarta-Bogor (via Tol Jagorawi) - (otomotif.tempo.co)
Tol Jakarta-Bogor (via Tol Jagorawi) – (otomotif.tempo.co)

Kemudian, dengan adanya pembangunan Simpang Susun Sentul terintegrasi Tol Jagorawi yang dilakukan hanya satu kali melalui Gerbang Tol (GT) Sentul Barat dapat melancarkan arus dari Tol Jagorawi menuju BORR. Sementara, pada bidang layanan lalu lintas, MSJ melakukan penggantian marka bahu dalam menjadi kuning. Adapun di bidang pemeliharaan, melakukan perawatan jalan dengan Scrapping Filling Overlay (SFO) dan beautifikasi taman di sepanjang jalan tol.

Secara keseluruhan, Tol BORR dibagi menjadi lima seksi yakni, Seksi 1 Sentul-Kedung Halang sepanjang 3,85 kilometer, Seksi 2A Kedung Halang-Kedung Badak sepanjang 1,95 kilometer, dan Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2,65 kilometer. Kemudian, Seksi 3A Simpang Yasmin-Simpang Semplak sepanjang 2,85 kilometer, serta Seksi 3B Simpang Semplak-Junction Salabenda sepanjang 2,5 kilometer yang direncanakan dibangun pada tahun 2022.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *