Update Syarat Pendaftaran & Biaya Sekolah di Kharisma Bangsa

Sekolah Kharisma Bangsa yang terletak di Kota Selatan, Banten, dikenal sebagai salah satu sekolah yang telah mengukir beberapa prestasi. Berikut sekilas tentang profil sekolahnya.

Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

Sekolah Kharisma Bangsa adalah salah satu bentuk kontribusi Yayasan Kharisma Bangsa dalam bidang pendidikan untuk Indonesia. Sekolah yang didirikan tahun 2005 ini mencoba memberikan warna berbeda pada dunia pendidikan dengan beberapa konsep yang memaksimalkan semua potensi di semua lini sekolah dan menjadikannya sebagai alat pendidikan dan pembelajaran bagi .

Di Kharisma Bangsa, ada dua kurikulum yang digunakan, yaitu Cambridge  Assessment International Education (Cambridge International) dan Kurikulum Nasional (Kurikulum 2013). Cambridge International memberikan Learning Pathways yang jelas kepada siswa melalui dan kualifikasinya. Adapun Kurikulum 2013 diterapkan pada wajib yang disampaikan dalam Bahasa Indonesia, yaitu Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Bahasa Indonesia, dan PPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan).

Di tahun ajaran 2019/2020, Kharisma Bangsa membuka penerimaan siswa baru, baik untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Setiap pendaftar, baik siswa asal Indonesia maupun asing (pindahan), wajib memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan, antara lain:

Syarat Pendaftaran Siswa Indonesia (jenjang SMP dan SMA)

Aktivitas siswa di kelas (youtube: Kharisma Bangsa)

Aktivitas siswa di kelas (youtube: Kharisma Bangsa)

  • Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1.000.000
  • Mengisi Formulir Pendaftaran
  • Fotokopi buku rapor dari sekolah sebelumnya
  • Fotokopi akta kelahiran
  • Fotokopi KTP kedua orang tua
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Pas foto berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Fotokopi Ijazah dan SKHUN (menyusul)

Syarat Pendaftaran Siswa Asing/pindahan (jenjang SMP dan SMA)

Aktivitas siswa Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

Aktivitas siswa Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

  • Surat rekomendasi untuk bersekolah di Indonesia dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  • Surat Penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  • Surat Pindah dari sekolah sebelumnya dan dilegalisir oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
  • Fotokopi paspor kedua orang tua
  • Fotokopi KITAS kedua orang tua
  • Fotokopi buku rapor dari sekolah sebelumnya

Bagi pendaftar jenjang SMP dan SMA yang telah memenuhi persyaratan, maka akan mengikuti tes atau ujian masuk sebelum akhirnya dinyatakan diterima sebagai siswa baru. Tes atau ujian seleksi yang dilaksanakan termasuk tes akademis yang meliputi tes kemampuan Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Lalu, juga ada tes English Placement Test (CePT), psikotes, dan wawancara.

Setelah dinyatakan lolos dan diterima, siswa baru diharuskan membayar biaya sekolah/pendidikan, yang berupa formulir, sekolah, SPP bulanan, dan juga biaya asrama yang termasuk asrama dan bulanan asrama. Biaya masuk di SMP dan SMA Kharisma Bangsa sudah termasuk seragam (diberikan sekali di awal), iPad/iPad Pro, buku pelajaran (cetak/digital), biaya study tour di wilayah Jabodetabek (untuk tujuan akademis), asuransi kesehatan (dalam cakupan tertentu), biaya tes Cambridge English (KET/PET/FCE/TOEFL IBT), biaya tes PSAT di kelas 9 hingga 12.

Tetapi, biaya masuknya belum termasuk biaya trip akhir semester/camp, biaya klub/kegiatan ekstrakurikuler, biaya mengikuti berbagai lomba, biaya dan pencetakan buku tahunan, biaya pengayaan materi di kelas 9 dan 12 dengan lembaga yang ditunjuk, dan biaya tes Cambridge (Secondary Checkpoint/IGCSE/A Level). Sayangnya, di situs resmi sma.kharismabangsa.sch.id, biaya pendaftarannya belum dilengkapi dengan besaran nominalnya.

Tetapi, berdasarkan informasi tahun 2016, untuk biaya pendaftaran di SMA Kharisma Bangsa bisa diumpamakan nominalnya sama dengan dua buah sepeda motor. Sedangkan, untuk uang gedung sekitar Rp 45 juta, ditambah SPP per bulan sebesar Rp 3,4 juta. Biaya itu masih ditambah dengan pembelian buku dan seragam. Jika ditotal, biayanya mencapai kurang lebih Rp 55,5 jutaan. Biaya sekolah itu masih bisa bertambah, apabila atau orang tua memilih untuk masuk asrama. Tambahan biayanya sekitar Rp 15 juta ditambah Rp 2,7 juta untuk uang bulanan.

Jadwal Pendaftaran Siswa Baru SMP dan SMA Kharisma Bangsa

Fasilitas Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

Fasilitas Sekolah Kharisma Bangsa (youtube: Kharisma Bangsa)

Jenis KegiatanWaktu (hari dan/atau tanggal)
TesHari Sabtu (ditentukan) mulai pukul 08.00-12.00 WIB
Pengumuman Hasil TesSatu minggu setelah tes
Pendaftaran UlangSatu minggu setelah tes

Untuk informasi lebih lengkap seputar jadwal tes atau pendaftaran di Kharisma Bangsa, Anda dapat mengunjungi situs sma.kharismabangsa.sch.id/index.php/id/pendaftaran

Sementara itu, untuk jenjang SD, persyaratannya yaitu:

Syarat Pendaftaran Siswa jenjang SD

  • Usia minimal 6 tahun.
  • Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran dengan dilengkapi berkas seperti fotokopi rapor TK, fotokopi akta lahir, fotokopi KTP orang tua, fotokopi kartu keluarga (KK), dan pas foto ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar.
  • Mengikuti trial class program sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Untuk setiap calon siswa baru SD Kharisma Bangsa, setelah mengambil formulir pendaftaran, maka akan melakukan reservasi waktu trial class. Lalu, dilanjutkan dengan trial class program (observasi), kemudian pengumuman hasil observasi (3 hari setelah ujian), dan tahap selanjutnya adalah administrasi siswa baru. Mengenai informasi jadwal penerimaan siswa baru SD dan biayanya, Anda dapat mengunjungi situs resminya, atau menghubungi pihak sekolah.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengikuti informasinya di media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Anda juga bisa menghubungi info kontak berikut:

Kharisma Bangsa of Global Education

Alamat: Jl. Terbang Layang no.21, Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Nomor telepon: (021) 7427122
Email: [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Update Biaya STIE Ahmad Dahlan (ITB Ahmad Dahlan) Kelas Pagi, Malam, dan E-Learning
loading...

Leave a reply "Update Syarat Pendaftaran & Biaya Sekolah di Kharisma Bangsa"