Update Syarat Pembukaan, Fasilitas, & Saldo Minimal BNI Taplus Muda

PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk memiliki beberapa pilihan produk simpanan atau tabungan. Salah satunya adalah tabungan yang merupakan turunan dari BNI Taplus dan diperuntukkan bagi kaum muda dengan usia mulai 17 hingga 35 tahun. Produk tabungan itu bernama BNI Taplus Muda. Berikut ulasan lengkap mengenai pembukaan, fasilitas, saldo minimal, dan biaya BNI Taplus Muda.

Ilustrasi: Aktivitas di Bank BNI (credit: bni.co.id)
Ilustrasi: Aktivitas di Bank BNI (credit: bni.co.id)

BNI Taplus Muda memiliki beberapa fasilitas, di antaranya sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Fasilitas BNI Taplus Muda

  • E- yang merupakan fasilitas transaksi perbankan elektronik yang terdiri dari BNI ATM, BNI internet Banking, BNI SMS Banking, BNI Phone Banking dan Mobile Banking.
  • BNI CDM (Cash Deposit Machine) yaitu layanan transaksi 24 jam melalui mesin CDM untuk melakukan setoran tunai.
  • BNI Cashless (ATM non-tunai) yaitu layanan transaksi 24 jam melalui sarana mesin ATM untuk melakukan transaksi non tunai.
  • BNI CRM (Cash Recycle Machine) yaitu kayanan transaksi 24 jam melalui sarana mesin CRM untuk melakukan setoran dan penarikan tunai.
  • Layanan notifikasi transaksi via SMS.

Bagi calon nasabah yang ingin membuka rekening BNI Taplus Muda, ada beberapa ketika membuka rekening di kantor BNI. Persyaratannya dibedakan berdasarkan kategori usia dan keterangan lainnya.

pembukaan rekening BNI Taplus Muda

Nasabah usia 15 sampai 17 tahun, belum menikah, dan belum memiliki identitas diri

  • Mengisi formulir pembukaan rekening yang turut ditandatangani orang tua/wali.
  • Melampirkan fotokopi Akta Kelahiran/Kartu Pelajar/paspor.
  • Melampirkan fotokopi bukti identitas diri salah satu orang tua/wali.
  • Mengisi formulir e-Statement.
  • Menyerahkan setoran awal Rp100.000.
Nasabah BNI Taplus Muda (sumber: bni.co.id)
Nasabah BNI Taplus Muda (sumber: bni.co.id)

Nasabah yang sudah memiliki bukti identitas diri (KTP/SIM/Paspor) berusia 17 sampai 25 tahun atau 15 sampai 17 tahun dan telah menikah

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Membawa bukti identitas diri asli dan melampirkan copy-nya.
  • Mengisi Formulir Data Pemberi Dana jika pekerjaan nasabah adalah mahasiswa/pelajar atau ibu rumah tangga.
  • Mengisi formulir e-Statement.
  • Mengisi formulir layanan SMS notifikasi (jika diperlukan).
  • Menyerahkan setoran awal Rp100.000.

Selain persyaratan pembukaan rekening, juga ada ketentuan mengenai biaya dalam BNI Taplus Muda. Salah satunya, setiap bulan, nasabah juga akan dibebani biaya administrasi tabungan senilai Rp5.000.

Dalam BNI Taplus Muda, dikenal adanya tunggakan biaya administrasi, dan ada limit atau batasannya. Hal itu terjadi apabila saldo tabungan tidak mencukupi pada saat pembebanan biaya. Jika hal itu terjadi, maka pembebanan biaya akan dianggap terutang dan dibebankan pada bulan berikutnya.

Regulasi Biaya BNI Taplus Muda

Ketentuan Tarif
Setoran awal minimal Rp100.000
Setoran minimal selanjutnya (di counter Teller) Rp10.000
Biaya administrasi rekening Rp5.000
Biaya penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Generik Gratis
Biaya penerbitan awal Kartu Debit BNI Taplus Muda Personalized Rp25.000
Biaya penggantian Kartu Debit BNI Taplus Muda karena hilang/rusak Rp25.000
Biaya penutupan rekening Rp50.000
Tunggakan biaya administrasi rekening Maksimal 3x tunggakan
Tunggakan denda < saldo minimum Maksimal 3x tunggakan
Tunggakan biaya administrasi kartu Maksimal 3x tunggakan

Catatan:

  • Untuk pembebanan biaya administrasi rekening dan kartu per bulan, apabila saldo tabungan tidak mencukupi pada saat pembebanan biaya, maka biaya tersebut akan terutang dan akan dibebankan pada bulan berikutnya.
  • Kini BNI Taplus Muda tidak dikenakan saldo mengendap.

Sampai dengan tahun 2021 regulasi mengenai biaya administrasi tabungan BNI Taplus Muda belum mengalami perubahan dari tahun dan 2020 lalu. Bahkan, sampai sekarang BNI Taplus Muda juga tidak membatasi nominal saldo mengendap di rekening nasabah. Namun, untuk penarikan tunai dikenai limit Rp5 juta per hari, belanja Rp10 juta per hari, transfer sesama BNI Rp10 juta per hari, dan transfer Rp10 juta per hari.

Ilustrasi: Taplus Muda (credit: Facebook/BNI)
Ilustrasi: Taplus Muda (credit: Facebook/BNI)

Demi memicu minat konsumen dalam memiliki rekening tabungan, BNI menyediakan booth bagi siapa saja yang ingin membuka rekening pada event-event tertentu. Beberapa waktu lalu di booth BNI Taplus Muda, misalnya, ada promo berupa gratis tiket pertunjukan khusus alias special show untuk pembukaan rekening dengan saldo minimal Rp1 juta. Menurut Supervisor Sales Funding BNI Cabang Jakarta Kota, pihaknya memang membuat promo dadakan di waktu khusus sebagai surprise untuk nasabah. BNI memberikan tiket spesial dari Goo Goo Dolls di luar promo cashback yang diberikan untuk setiap nasabah yang membuka rekening.

Bentuk promo lainnya berupa cashback Rp50.000 untuk pembukaan rekening dengan saldo Rp0 hingga Rp500.000. Ada juga hadiah lain seperti gantungan kunci dan kaos edisi khusus Java Jazz untuk pembukaan rekening dengan nominal masing-masing Rp1,5 juta dan Rp3 juta.

Selain menggiatkan kebiasaan menabung, BNI juga terus mempromosikan layanan digital kepada kaum milenial. Bahkan, guna mensukseskan beragam harapan dan komitmen mengenai layanan banking, BNI menggelar syukuran yang dilaksanakan di kantor BNI Kanwil Padang, dan dihadiri oleh beberapa pejabat BNI.

Kinerja BNI tercatat dapat mengungguli dalam berbagai bidang industri, yang didukung oleh jumlah basis nasabah, produk dan layanan BNI yang terus berkembang, serta sebaran outlet dan channel layanan yang semakin merata ke seluruh penjuru tanah air bahkan hingga ke luar negeri.

Selain itu, BNI selalu giat berkontribusi terhadap pembangunan dan pemerataan ekonomi Indonesia. Hal itu terlihat dari aktifnya BNI dalam membantu pembangunan infrastruktur, di mana sejak 10 tahun terakhir, BNI telah berkontribusi dalam membangun belasan ruas jalan tol di seluruh Indonesia.

BNI juga tidak melupakan rakyat kecil yang menjadi fondasi bagi perekonomian Indonesia. Terbukti, sejak 10 tahun terakhir, BNI telah membantu menyalurkan kredit usaha rakyat kepada lebih dari 377 ribu debitur kecil senilai lebih dari Rp45 triliun, guna membantu penyaluran bansos non tunai Program Keluarga Harapan sejak 2016 kepada sekitar 4 juta Keluarga Penerima manfaat dengan nilai penyaluran mencapai total Rp8,8 triliun.

Sementara itu, Pemimpin Ca­bang BNI Pekanbaru mengatakan bahwa di usia BNI ke-72 tahun, pihak bank akan terus berkomitmen mengajak para nasabah muda untuk menikmati sejumlah layanan terkemuka dan terbaru yang dimiliki, di antaranya layanan SMS banking, dan juga mobile yang memudahkan masyarakat dengan tagline BNItuDigital.

BNI juga memiliki program YOP (Year our Payment) yang semakin memudahkan nasabah mengakses data perbankannya. Ia mengatakan bahwa BNI telah mempersiapkan beragam program bergengsi lainnya yang dapat memikat para kaum milenial, di antaranya Taplus Anak, Taplus Muda, Taplus Mahasiswa, Tapenas, dan juga YOP.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Bunga Wijaya Kusuma (Bibit dan Dewasa)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *