Syarat Mobil Mitra GoCar dan Cara Daftarnya

GoCar menjadi salah satu layanan antar-jemput milik Gojek yang semakin diminati konsumen karena menyediakan mobil untuk bepergian, sehingga lebih nyaman dan terhindar dari panas matahari maupun hujan. Dengan tren tersebut, tidak aneh jika kemudian banyak masyarakat yang berminat untuk menjadi mitra GoCar. Nah, bagi mereka yang ingin mendaftar, pihak Gojek sudah menetapkan sejumlah syarat, termasuk mobil yang akan digunakan pengemudi untuk mencari pendapatan.

Armada GoCar (sumber: kompas)
Armada GoCar (sumber: kompas)

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi informasi sekarang semakin berkembang dengan pesat hingga dapat memengaruhi pola kehidupan dan cara berkomunikasi manusia di era globalisasi. Dengan perkembangan teknologi, sedikit banyak menyebabkan manusia menuntut serba instan dan cepat, semua serba mudah, dan memiliki pola hidup yang konsumtif.[1]

Bacaan Lainnya

Melihat fenomena di atas, sekarang hadir sejumlah layanan transportasi yang mampu memberikan perasaan puas akan kebutuhan masyarakat dalam bepergian. Masyarakat dapat menggunakan layanan tersebut dengan mudah dan murah, serta aman dan nyaman. Selain itu, hadirnya transportasi berbasis online juga menjawab kebutuhan masyarakat agar segala sesuatunya dapat dilakukan dengan praktis dan jauh lebih efisien.[2]

Nah, salah satu yang dapat dikatakan sebagai pelopor layanan pemesanan transportasi berbasis adalah Gojek. Didirikan pada tahun 2011, Gojek bermitra dengan para pengendara ojek berpengalaman dan lantas menjadi solusi utama dalam pengiriman barang (GoSend), pesan dan antar makanan (GoFood), berbelanja (GoMart), dan bepergian (GoRide).[3]

Baca juga  Update Tarif Pajak Honda BeAT

Kelebihan GoCar

Selain layanan transportasi menggunakan sepeda motor, Gojek sekarang juga sudah memiliki layanan sejenis tetapi memakai mobil, yang dinamakan GoCar. Layanan GoCar menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat di kota-kota besar karena memiliki tarif yang relatif terjangkau dengan cara pesan yang terbilang mudah karena cukup menggunakan satu aplikasi di smartphone.

Kelebihan lainnya adalah sistem pembayaran GoCar yang bisa dilakukan secara cash dan juga menggunakan saldo GoPay. Dengan saldo GoPay, pengguna GoCar biasanya memperoleh total tarif yang jauh lebih murah dari sistem pembayaran secara cash. Karena itu, pengguna setia GoCar kini berbondong-bondong mengisi saldo GoPay mereka untuk mendapatkan potongan tarif yang besar setiap menggunakan layanan Gojek.

Saat ini, GoCar telah merambah berbagai kota besar seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Palembang, Medan, Yogyakarta, Semarang, Manado, Malang, Samarinda, hingga Balikpapan. Khusus di kawasan tertentu seperti Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya, GoCar menerapkan tarif yang bersifat dinamis tergantung pada permintaan dan dapat berubah sewaktu-waktu dengan ketentuan tarif dapat lebih tinggi 1-4 kali lipat dari normal serta tidak ada atau area tertentu.

Baca juga  Biaya Kuliah Program Ekstensi (D3 ke S1) di BINUS University TA 2022/2023
Aplikasi GoJek/GoCar (sumber: keposiasi.com)
Aplikasi GoJek/GoCar (sumber: keposiasi.com)

Kelebihan Mitra GoCar

Tidak hanya menguntungkan konsumen, GoCar juga diklaim dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia lantaran membuka kesempatan masyarakat untuk menjadi mitra pengemudi. Dilansir dari situs resminya, GoCar dikatakan memiliki banyak kelebihan, seperti memberikan kesempatan mitra driver dan keluarga mereka untuk mendapatkan dengan premi terjangkau dan diskon istimewa mulai dari oli kendaraan, belanja kebutuhan sehari-hari, dan lainnya.

Tidak hanya itu, mitra GoCar juga bebas mencairkan pendapatan mereka kapan saja, tanpa batas waktu. Sebelum menjadi driver andal, para calon mitra pun akan diberi pelatihan dari Gojek, termasuk bahasa Inggris, bisnis, dan otomotif. Keuntungan lainnya adalah Gojek menyediakan proteksi asuransi untuk melindungi mitra mereka dari risiko akibat kecelakaan saat bekerja.

Syarat Mitra GoCar

  • Warga Negara Indonesia alis WNI.
  • Usia maksimal 65 tahun ketika pendaftaran.
  • Menyertakan KTP asli (masih berlaku).
  • Menyertakan SIM A/A Umum/D2/B1 asli ( dalam masa berlaku).
  • STNK mobil asli (pajak 5 tahunan dalam masa berlaku).
  • SCKC asli dan legalisir.
  • Buku rekening tabungan.
  • KEP atau Kartu Elektronik Standar Pelayanan (opsional, wajib disertakan jika ada).
  • SKK atau Surat Keterangan Kerja (wajib disertakan untuk pendaftaran GoArmada).
Baca juga  Update Harga Tiket Kereta Api Purwojaya Jakarta-Cilacap
Driver mitra GoCar (sumber: tribunnews)
Driver mitra GoCar (sumber: tribunnews)

Syarat Mobil Mitra GoCar

  • Batas maksimal umur kendaraan 8 tahun (dihitung dari tahun pendaftaran).
  • Minimal kapasitas mesin 1.000cc.
  • Bukan mobil sport, pick up, double cabin pick up, dan convertible atau coupe.

Cara Mendaftar Mitra GoCar

Cara mendaftar menjadi mitra GoCar sangat simpel dan bisa dilakukan secara online. Pertama, calon mitra harus download aplikasi GoCar Driver App, lalu melakukan registrasi dengan input data diri beserta kelengkapan dokumen melalui Driver App. Apabila lolos verifikasi, calon mitra akan menerima pemberitahuan untuk aktivasi akun melalui SMS. Sementara, jika terdapat data yang kurang tepat, kandidat akan menerima notifikasi melalui SMS. Status pendaftaran ini dapat dicek langsung di laman aplikasi. Setelah lolos verifikasi, ikuti langkah aktivasi yang diberikan melalui SMS dan akun sudah dapat diaktifkan dengan login di Driver App.

[1] Gunawan, Steven. 2017. Persepsi Konsumen Atas Layanan Grab Car di Surabaya. Agora, Vol. 5(3).

[2] Wahid, Umaimah dan Anggun Eka Puspita. 2017. Upaya Peningkatan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi Universitas Budi Luhur, Vol. 9(1): 31-43.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.