Info Lengkap Harga Daun Bawang 1 Kg

No comment196 views

kerap ditemui pada hampir setiap masakan yang dihidangkan sebagai pelengkap. Betapa tidak, aromanya yang khas seperti bawang bombay membuat daun ini mampu membuat masakan menjadi lebih lezat. Harga pun bervariasi, dijual 1 kg maupun dalam lainnya.

Daun bawang (sumber: liputan.co.id)

Daun bawang (sumber: liputan.co.id)

Memiliki batang berwarna hijau muda dengan tinggi sekitar 60-70 cm, daun bawang merupakan tumbuhan setahun yang tumbuh dengan cara memperbanyak diri. Biasanya para petani menggunakan sistem stek pada tunasnya. Akar daun bawang berjenis serabut yang mampu menyerap unsur hara dalam tanah.

daun bawang meliputi daun bawang bakung atau semprong dan daun bawang prei. Bentuk daun bawang bakung bulat panjang seperti pipa dan berumbi kecil. Sedangkan bentuk bawang prei pipih panjang dan tidak memiliki umbi. 

Cara menanam daun bawang mulai dari memilih jenis bawang yang ingin ditanam. Bawang yang baik digunakan adalah yang masih hijau. Jika Anda lebih memilih untuk tidak menanam daun bawang dari benih, pilih bawang merah, putih, atau siung bawang untuk ditanam. Ketika tunas hijau pertama mulai keluar, maka rapikan tanamannya dan menentukan bagian mana yang dibuang. Lalu tutupi tanah di sekitar bibit dengan potongan rumput, untuk menjaga kelembaban tanah. Daun bawang dapat tumbuh baik di dataran tinggi seperti daerah Lembang dan Malang.

Seperti dilansir Merdeka, di Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul DI Yogyakarta, hasil panen bawang merah terganggu akhir-akhir ini, sehingga kualitasnya rendah. Hal tersebut lantaran serangan dan faktor cuaca. Terganggunya panen bawang merah tersebut, jelas berdampak pada hasil panen daun bawang yang menyebabkan produktivitasnya menurun. Berdasarkan data rancangan manajemen pola tanam Kementerian , Kabupaten Bantul hanya perlu tanam 591 ha per tahun untuk memenuhi kebutuhan lokalnya.

Harga daun bawang di pasaran masih berada di posisi yang relatif stabil, melalui website pasar induk nusantara terdata harga satu kilogram-nya saat ini Rp13.500. Dibandingkan dengan daun ketumbar atau seledri yang mencapai Rp50 ribu per kilo, harga daun bawang terbilang rendah. 

Jika Anda membelinya di toko online seperti Tokopedia misalnya, harga 1 kg daun bawang mencapai Rp15 ribu. Sedangkan untuk 180 gr, Anda dapat merogoh kocek seharga Rp3.500. Untuk kebutuhan rumah tangga yang relatif sedikit, Anda dapat membeli daun bawang di Indomaret per 100 gram sekitar Rp4 ribuan. Jika Anda ingin lebih hemat, cara yang efektif adalah membelinya langsung dari petani tanpa melalui tengkulak. Tentu saja, harga di setiap daerah akan berbeda-beda.

Tak hanya berperan sebagai penghias masakan, daun bawang ternyata memiliki yang luar biasa bagi kesehatan jika dikonsumsi. Daun bawang memiliki kandungan kimia pada daun dan akarnya. Seperti kandungan saponin, tanin, dan minyak atsiri di dalamnya yang mampu bermanfaat mengobati perut kembung. Selain itu, daun bawang juga berkhasiat untuk kesehatan kulit dan rambut dengan kandungan vitaminnya itu.

Manfaat Mengonsumsi Daun Bawang

Rajangan daun bawang (instagram: @amboja.farm)

Rajangan daun bawang (instagram: @amboja.farm)

Memiliki kandungan serat yang baik

Berdasarkan keterangan di atas, jika tak sedikit yang meragukan khasiat daun bawang untuk kesehatan pencernaan. Tingginya kandungan serat yang ada di dalam daun bawang dapat mencegah Anda dari risiko sembelit.

Baik untuk kesehatan jantung

Senyawa cycloaliin yang ditemukan di dalam daun bawang bermanfaat untuk melindungi jantung Anda dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi resiko penyakit aterosklerosis.

Tinggi kalium dan zat besi

Siapa yang menyangka bahwa daun bawang juga tinggi akan kalium? Kalium dikenal bermanfaat untuk mengatur kadar cairan tubuh, mengurangi masalah jantung, hingga mencegah kram otot. Belum lagi kandungan zat besi yang ada di dalam daun bawang baik untuk menjaga kesehatan sel-sel darah merah, meningkatkan kesehatan hemoglobin, sekaligus mampu memperkuat sel jaringan dalam tubuh.

Rendah kalori dan kaya antioksidan

Sesuai dengan kelompok bawang-bawangan, sayuran ini ternyata rendah kalori dan mengandung antioksidan tinggi. Zat yang terkandung di dalamnya yakni quercetin dan kemferfol yang berperan baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara menyeluruh.

Rajangan daun bawang sebagai pelengkap masakan (sumber: 12tomatoes.com)

Rajangan daun bawang sebagai pelengkap masakan (sumber: 12tomatoes.com)

Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan adanya antioksidan di atas, sistem kekebalan tubuh akan terjaga tiap kali mengonsumsinya. Daun bawang yang sering ditambahkan dalam sup yang bermanfaat untuk mencegah tubuh Anda dari pilek, demam, dan flu.

Mampu mengobati infeksi

Tak hanya antioksidan saja, daun bawang juga memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus sehingga baik untuk mengobati infeksi dan luka yang ada di dalam tubuh. Jika rutin menambahkannya pada masakan, tentu zat yang terkandung di dalamnya akan berperan aktif memperbaiki dan meredakan luka tubuh dengan segera.

Memiliki sifat anti diabetes

Ternyata daun bawang juga sebagai sayuran yang mampu dikonsumsi bagi penderita diabetes. Pasalnya, daun bawang yang memiliki tulang sejajar ini mengandung phyto-kimia yaitu allium dan alil disulfida yang memiliki sifat anti diabetes. Zat ini membantu mencegah degradasi insulin dalam tubuh sekaligus meningkatkan metabolisme glukosa.

Baik digunakan untuk mengobati cacingan

Apabila buah hati Anda menderita cacingan, jangan ragu untuk memberikan daun bawang sebab daun bawang mampu digunakan untuk mengobati cacingan. Belum lagi kandungan A, B, dan C-nya mampu memulihkan kondisi tubuh.

Ternyata di balik bentuknya yang kecil dengan aroma khas bawang, daun bawang menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Jadi jangan sekali-kali membuang daun bawang yang ada di dalam suatu masakan, sebab khasiatnya luar biasa.

Baca juga  Info Terbaru Harga KFC Bucket 9 Potong
loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Harga Daun Bawang 1 Kg"