Info Terkini Syarat dan Biaya Anggota Perbakin

Saat ini, banyak masyarakat yang ingin menjadi anggota Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia). Pasalnya, selain bisa menyalurkan hobi mereka dalam bidang tembak-menembak (terutama berburu), anggota Perbakin juga berkesempatan memiliki senjata api dengan syarat-syarat tertentu. Untuk menjadi anggota perkumpulan ini, masyarakat diharuskan memenuhi beberapa ketentuan dan membayar sejumlah biaya.

Ilustrasi: latihan menembak
Ilustrasi: latihan menembak

Karena hal-hal yang berkaitan dengan senjata api masih dianggap sangat berbahaya di wilayah Indonesia, prosedur menjadi anggota Perbakin memang tidak bisa dikatakan mudah. Seseorang harus memenuhi berbagai macam persyaratan dan lulus sejumlah tes serta mengikuti penataran atau untuk bisa menjadi anggota Perbakin.

Bacaan Lainnya

Syarat Anggota Perbakin

  • Calon anggota harus menjadi anggota club menembak resmi Perbakin terlebih dahulu atau setidaknya sudah terdaftar di salah satu club di bawah naungan Perbakin
  • Setelah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA), mintalah surat rekomendasi kepada ketua club untuk menjadi anggota Perbakin.
  • Setelah mendapatkan surat rekomendasi, isi formulir pengajuan KTA ditandatangani oleh pemohon yang bersangkutan dan diketahui serta ditandatangani oleh Ketua Klub, Ketua Pengkab/Pengkot, dan Ketua Pengprov Perbakin
  • Pengisian Formulir Pengajuan KTA harus diketik dan tidak boleh ditulis tangan.
  • Lampirkan fotokopi KTP sesuai domisili yang masih berlaku.
  • Melampirkan pas terbaru berwarna dengan latar belakang warna merah ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar dan foto 4×4 sebanyak 4 lembar.
  • Lampirkan surat keterangan sehat dari dokter.
  • Khusus untuk calon anggota Bidang Tembak Sasaran, yang bersangkutan harus aktif sebagai atlet menembak dan minimal sudah pernah ikut kejuaraan di tingkat provinsi, dibuktikan dengan melampirkan hasil pertandingan atau dia merupakan Anggota Pengurus PB. Perbakin/Pengprov/Pengkab/Pengkot atau klub dengan melampirkan SK Pengurus.
  • Khusus untuk calon anggota Bidang Berburu, yang bersangkutan telah mengikuti Penataran/ Dasar Berburu yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Sertifikat Penataran/Pelatihan Dasar Berburu.
  • Khusus calon anggota Bidang Tembak Reaksi, bersangkutan telah mengikuti Penataran Tembak Reaksi yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi Sertifikat Penataran Tembak Reaksi.
  • Calon anggota membayar administrasi yang sudah ditentukan oleh masing-masing Pengcab dan Club.
Baca juga  Update Daftar Harga Topi Converse Original

Untuk tes atau ujian anggota, ada beberapa teori yang wajib dikuasai oleh calon anggota. Tes-tes teori tersebut adalah mengoperasikan senjata api, safety, peraturan perundang-undangan tentang kepemilikan senjata berapi, keorganisasian, tes teknis, dan cara mengatasi masalah jika terjadi kecelakaan. Setelah tes teori, peserta akan mengikuti ujian praktik dan ujian final.

Ilustrasi: latihan menembak
Ilustrasi: latihan menembak

Biaya Anggota Perbakin

Komponen Biaya Biaya
Biaya Administrasi  Rp600.000
Biaya Penerimaan Anggota Baru Rp1.500.000
Biaya Latihan  Rp100.000 per bulan
Iuran Wajib Anggota  Rp50.000 per bulan

Daftar biaya menjadi anggota Perbakin di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Dibandingkan tahun sebelumnya, besaran biaya tersebut belum berubah. Sementara, pada tahun 2019 silam, biaya administrasi menjadi anggota Perbakin sekitar Rp550 ribu. Tarif tersebut sudah termasuk pembuatan KTA dan SKK Club Perbakin yang berlaku untuk satu tahun. 

Sementara itu, menurut keterangan situs resmi Perbakin Makassar, untuk menjadi anggota salah satu klub resmi Perbakin Makassar, besar biaya berbeda untuk setiap klub, sekitar Rp300.000 hingga Rp600.000, tergantung kebijakan masing-masing klub. Tarif tersebut sudah termasuk biaya keanggotaan dan pembuatan KTA Club Perbakin.

Baca juga  Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa, Bali

Jika Anda menelusuri situs online, ada juga yang menawarkan jasa pembuatan KTA Perbakin. Salah satu pedagang airsoft gun misalnya, menawarkan jasa pembuatan KTA Perbakin dengan biaya hanya Rp400.000, belum termasuk ongkos kirim. Persyaratan yang dibutuhkan hanya diri via KTP atau SIM dan juga pasfoto. Namun, untuk lebih terpercaya, Anda bisa menghubungi cabang Perbakin di sekitar domisili Anda. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.