Update Spesifikasi dan Harga Telepon Satelit Byru R-910

Apakah Anda familiar dengan telepon satelit? Ini adalah sebuah perangkat komunikasi yang memiliki bentuk menyerupai ponsel atau handphone. Namun, jangkauan telepon satelit lebih luas dibandingkan ponsel GSM, sehingga bisa dipakai di berbagai lokasi, mulai pegunungan hingga tengah lautan. Saat ini, sudah banyak merek telepon satelit yang beredar di pasaran, termasuk Byru, dengan harga berkisar jutaan rupiah.

Penggunaan Satellite Phone (sumber: radiohellenicsa.gr)
Penggunaan Satellite Phone (sumber: radiohellenicsa.gr)

Dilansir Wikipedia, telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS)-nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM yang menempatkan BTS-nya di darat. Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di daerah pegunungan, pedalaman, hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM yang jangkauannya terbatas, telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan. Selain jangkauan yang luas, beberapa keunggulan lain dari telepon satelit sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Telepon Satelit

  • Dapat diandalkan ketika telepon GSM tidak bisa digunakan. Seperti diketahui, telepon GSM memang paling umum digunakan hingga saat ini karena praktis dan bisa diandalkan. Namun, ada saat ketika Anda mungkin tidak bisa mengandalkan telepon model ini untuk berkomunikasi jarak jauh, misalnya saat berada di gunung atau tengah hutan. Karena itu, Anda bisa memanfaatkan telepon satelit yang dapat digunakan di mana pun dan kapan pun. Telepon satelit juga tidak mudah terputus oleh kendala cuaca atau bencana alam. 
  • Seperti HP konvensional, penggunaan telepon satelit pun sangat praktis.
  • Telepon satelit memiliki kecepatan jaringan yang tidak perlu diragukan sehingga penggunaannya pasti akan menguntungkan Anda. Untuk penggunaan internet satelit misalnya, dulu memang menjadi satu-satunya alternatif untuk melakukan panggilan telepon bagi penduduk pedesaan. Namun, seiring perkembangan zaman, kecepatan internet satelit telah berkembang jauh lebih pesat. Kini, kecepatan unduh menggunakan internet satelit mencapai sembilan kali lebih cepat dibanding koneksi dial-up.
  • Telepon satelit dilengkapi pula dengan berbagai layanan yang mungkin bakal Anda butuhkan, mulai layanan teks hingga kekebalan terhadap berbagai masalah yang cukup menyulitkan bagi pengguna telepon GSM. Tidak hanya itu, telepon satelit juga menyediakan layanan darurat. Layanan yang sering kondisi sel jaringan telepon menjadi keberatan apabila terjadi bencana dan berhenti bekerja ini tidak berlaku bagi telepon satelit.

Cara kerja telepon satelit sendiri sebenarnya mirip dengan telepon seluler. Hal yang membedakan adalah telepon seluler memantulkan sinyal panggilan menuju ke sebuah menara pemancar lalu ke telepon tujuan, sedangkan telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit di luar angkasa. Untuk menelepon dengan telepon satelit juga sama seperti telepon seluler, memakai pulsa yang biasanya sudah tersedia oleh provider. Pengguna tinggal menekan nomor yang dituju, cuma ada beberapa penambahan kode sebelum nomor telepon tujuan untuk beberapa telepon satelit.

Jenis Telepon Satelit

  • Telepon Satelit Genggam, telepon ini dapat digunakan seperti telepon genggam biasa yang memiliki daerah jangkauan lebih luas namun harus tetap berada di luar ruangan. Biasanya, telepon satelit model ini digunakan oleh petualang, pertolongan darurat, dan daerah terjadi bencana.
  • Telepon Satelit Menetap, telepon ini mirip dengan telepon rumah dan dapat digunakan di dalam ruangan karena antena telah dipasang di luar ruangan yang terlihat dari langit.

Saat ini, sudah banyak perusahaan atau provider yang meluncurkan telepon satelit, salah satunya Byru. Ini adalah sebuah operator GSM satelit, telepon bergerak, dan telepon tetap berbasis satelit yang diproduksi oleh PT Pasifik Satelit Nusantara. untuk telepon satelit, produk yang mereka rilis diklaim memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan ke mana saja, baik ke PSTN (telepon rumah), telepon seluler, hingga ke sambungan langsung internasional (SLI).

Telepon satelit Byru R-910
Telepon satelit Byru R-910

Produk Telepon Satelit Byru

Di dalam situs resminya, Byru diketahui sudah meluncurkan varian Byru R-190 di segmen telepon satelit. Perusahaan mengatakan bahwa produk ini adalah salah satu telepon satelit yang banyak digunakan oleh pengguna dengan mobilitas tinggi yang akan berkomunikasi di remote area karena diklaim memiliki kemampuan jangkauan se-Asia Pasifik. Byru R-190 banyak dipakai untuk komunikasi di pegunungan, laut, ataupun daratan yang tidak terjangkau oleh jangkauan telepon lainnya.

Masih menurut sumber yang sama, Byru R-190 ACES/ISAT memiliki service point terdekat dan sudah tersebar di seluruh Indonesia. Perangkat ini juga dapat menggunakan SIM Card GSM phone dengan frekuensi 900 MHz. Byru R-190 dengan SIM Card menjadi salah satu solusi komunikasi pada daerah remote area yang tidak terjangkau oleh jaringan GSM dan telepon.

Spesifikasi Byru R-910

Komponen Keterangan
Ukuran 17,5 x 12,5 x 5 cm
Berat  500 gr
Warna Navy Blue
Power 12 – 24 Volt
Dialing DTMF
Konektor  RJ-11
Antena Outdoor Antena
Impedance  50 Ohm
Kabel Coaxial Cable 50 Ohm

Tidak susah mendapatkan telepon satelit R-910 keluaran Byru. Anda bisa membeli perangkat komunikasi di berbagai toko elektronik maupun situs online. Harga telepon satelit R-910 keluaran Byru mengalami perubahan harga hampir setiap tahun.

Telepon Satelit Byru R-910 - telepon-satelit.com
Telepon Satelit Byru R-910 – telepon-satelit.com

Harga Telepon Satelit Byru R-910

Di pasaran dalam negeri pada 2019, telepon satelit Byru R910 dalam kondisi baru ditawarkan dengan harga mulai Rp8,6 juta hingga Rp9 jutaan. Harga telepon satelit Byru R-910  mengalami penurunan pada 2020 yang berkisar Rp8,3 jutaan. Lalu, pada 2021, harga produk tersebut masih mengalami penurunan menjadi Rp8,2 jutaan.

Perlu diketahui, harga di atas sudah termasuk box, manual book, kabel, antena, dan biasanya free kartu perdana. Sedangkan untuk kartu perdana Inmarsat untuk telepon satelit harganya masih relatif sama dari tahun 2019 dan 2020 sekitar Rp1,9 jutaan. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penyedia. 

Meski punya beragam keunggulan dibandingkan telepon GSM, namun telepon satelit juga tidak lepas dari kelemahan. Beberapa kekurangan perangkat ini antara lain biaya yang dikeluarkan operator untuk operasional sangat besar sehingga operator masih minim, biaya konsumen untuk melakukan panggilan juga cukup besar, ukuran telepon yang besar, penggunaan harus berada di ruang terbuka dengan langit yang terlihat, dan harus memasang antena jika digunakan di dalam ruangan.

[Ditta]

Baca juga  Info Terkini Harga Sony Smartwatch 3

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *