Update Harga Chainsaw STIHL MS 381 dan MS 250

Sebagian dari Anda mungkin sudah cukup familiar dengan chainsaw. Sering juga disebut gergaji rantai, chainsaw adalah model gergaji mesin yang sering digunakan untuk penebangan dan pembagian batang pohon. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk dan tipe chainsaw yang ditawarkan, termasuk STIHL MS 381 dan MS 250, dengan harga rata-rata jutaan rupiah per unit.

Chainsaw merek STIHL (sumber: stihlusa.com)
Chainsaw merek STIHL (sumber: stihlusa.com)

Apa Itu Chainsaw?

Chainsaw atau gergaji rantai merupakan gergaji yang menggunakan mesin untuk menggerakkan rantai gergaji. Seperti diulas di atas, gergaji model ini umumnya digunakan untuk kebutuhan memotong atau menebang batang pohon. Awalnya harus dioperasikan oleh dua orang, sekarang chainsaw hadir dengan bentuk lebih praktis sehingga cukup dioperasikan oleh satu orang.[1]

Bacaan Lainnya

Pada tahun 1970-an, jenis gergaji yang banyak digunakan adalah gergaji buatan Amerika, seperti merk Mculloch, Homelite, Pioneer, Echo, dsb. Tetapi, merek-merek tersebut sebenarnya kurang cocok untuk postur orang Asia termasuk Indonesia, selain jenis tersebut bobotnya terlalu berat. Kemudian, hadir gergaji rantai buatan Eropa yang merupakan gergaji yang relatif ringan dan kecil, sehingga relatif sesuai untuk ukuran tubuh orang Asia. Merek-merek gergaji buatan Eropa antara lain adalah STIHL, Dolmar, Husqvarna, Uran, dsb.

Kelebihan penggunaan chainsaw adalah dapat memotong dan membelah kayu dengan cepat, hasil pemotongan yang diperoleh lebih rapi, biaya perawatan murah, serta tidak memerlukan energi yang besar dari pekerja sehingga produktivitas kerja dapat meningkat. Namun, gergaji model ini juga punya kelemahan, antara lain memiliki spilasi 10 cm sehingga mengurangi kuantitas hasil dan memerlukan SDM yang terdidik dan terlatih.

Bagian Chainsaw

  • Bar studs, sebagai pemegang bagian bilah (batang chainsaw) dan sebagai penutup dan penghubung chain sprocket pada tempatnya.
  • Front and side chain tensioner, menjadikan guide bar (bilah chainsaw) untuk tetap memiliki ketegangan rantai yang ada pada chainsaw.
  • Chain sprocket, roda yang dikendalikan oleh chainsaw.
  • Chain brake, menghentikan berputarnya chainsaw jika ini disebabkan kegiatan yang dilakukan oleh tangan penggergaji atau untuk menolak perubahan terhadap keadaan geraknya (selama kickback).
  • Clutch, gabungan dari rantai dengan chain sprocket ketika rantai dipercepat melebihi kecepatan dalam keadaan diam.
  • Chain catcher, membantu mengurangi risiko chainsaw bersentuhan langsung dengan penggergaji jika rantai gergaji putus atau jika rantai terlepas dari bar.
  • Starter grip, sebuah pegangan karet atau plastik yang menempel pada tali tarik starter.
  • Bumper spikes (dogs), pengait gergaji yang kuat terhadap kayu.
  • Handlebar, digunakan sebagai pemegang bagian depan gergaji.
  • Hand guard, menggerakkan chain brake dan mencegah tangan penggergaji dari sentuhan langsung dengan rantai gergaji.
  • Gunning marks, digunakan untuk menentukan rencana arah jatuhnya pohon berdasarkan pada pemotongan kayu bagian bawah.
  • Throttle handle, digunakan sebagai pemegang pada bagian belakang gergaji.
  • Throttle trigger, sebagai pengontrol kecepatan pada engine(motor).
  • Throttle interlock, mencegah terjadinya pemicu gas (throttle) menjadi bergerak jika tiba-tiba tertekan (pengunci gas).
  • On/off switch, mengubah gergaji menjadi on dan off.
  • Choke, digunakan untuk memulai sebuah penggergajian awal (cold saw).
  • Air filter cover, menggerakkan penyaringan udara pada tempatnya dan menutup karburator.
  • Air filter, mencegah kotoran, debu, dan serbuk gergaji masuk dari karburator.
  • Fuel filter, mencegah kotoran dan kontaminan lainnya yang masuk dari karburator gergaji.
  • Oil and fuel caps, menutup tangki minyak dan bahan bakar.
  • Muffler, mengurangi kebisingan suara.
  • Spark arrester, mencegah percikan bunga api panas yang meninggalkan muffler.
  • Spark plug, menyalakan bahan bakar di bagian power head.
  • Carburetor adjustments, chainsaw mempunyai dua tahapan carburetor yang menyediakan bahan bakar untuk engine pada beberapa posisi yang memungkinkan gergaji menjadi bergerak.
Baca juga  Info Cara Pakai dan Update Harga Humidifier untuk Bayi
Chainsaw STIHL MS 381 (sumber: ecrater.co.uk)
Chainsaw STIHL MS 381 (sumber: ecrater.co.uk)

Sudah ada banyak merk yang meluncurkan chainsaw, termasuk STIHL. Jika Anda belum familiar, ini adalah perusahaan asal Jerman yang memang populer sebagai produsen gergaji mesin dan peralatan listrik genggam lainnya, seperti pemangkas dan blower. Di pasaran dalam negeri, produk STIHL yang cukup populer adalah varian MS 381 dan MS 250.

Review STIHL MS 381

MS 381 buatan STIHL diklaim cukup sesuai dengan ukuran orang Asia, termasuk Indonesia. Ini adalah chainsaw yang dikatakan punya desain yang tangguh sehingga sangat nyaman dan dapat diandalkan untuk menebang pohon dan memotong kayu. Produk ini sudah didukung dengan fitur-fitur standar, antara lain STIHL anti-vibration system, signifikan mengurangi getaran pada pegangan. Di samping itu, perangkat ini juga dilengkapi pompa pengiriman oli yang tepat dan dapat disesuaikan pada awalnya untuk berbagi kondisi, memungkinkan pengurangan hingga 50 persen.

Pabrikan pun tidak lupa menyematkan STIHL Ematic-System, yaitu sistem pelumasan rantai Ematic yang memastikan pelumasan pinpoint dari mata rantai gergaji dan rel pemandu. Ketika digunakan dengan rantai gergaji STIHL OILOMATIC, itu akan memberikan pelumasan maksimum, keausan lebih lama, dan konsumsi minyak lebih sedikit daripada metode pelumasan rantai konvensional. Sistem Ematic sendiri diklaim dapat mengurangi konsumsi minyak batang hingga 50 persen.

Baca juga  Harga Binder Clip 260 KENKO dan JOYKO Terbaru

STIHL MS 381

Kapasitas Mesin 72,2cc
Daya Maksimum 3,9 kW
Berat 6,6 kg
Standard Chain RS
Volume Tangki 0,68 L
Volume Oli 0,36 L
Sistem Pengapian
Bahan Bakar Bensin Campur Oli 2-tak
Panjang Bar 25 inch
Kecepatan Maksimum 13.500 rpm
Chainsaw STIHL MS 381 (youtube: Love Me Bad 69)
Chainsaw STIHL MS 381 (youtube: Love Me Bad 69)

Harga STIHL MS 381

Tidak sulit mendapatkan chainsaw STIHL MS 381 karena produk ini sudah dijual bebas di pasaran. Di pasaran dalam negeri, produk baru chainsaw STIHL MS 381 sekarang ditawarkan dengan harga Rp7.350.000 hingga Rp9.625.000, tergantung kebijakan toko. Sebagai perbandingan, tahun lalu harganya sekitar Rp6.400.000 hingga Rp8.388.000 per unit. Sementara itu, produk bekasnya dijual dengan harga mulai Rp2,6 jutaan, tergantung kondisi barang.

Review STIHL MS 250

Sementara itu, STIHL MS 250 adalah produk entry-level brilian yang dapat memotong rumput Anda dengan mudah. Produk ini hadir dengan mesin 45,4cc yang bertenaga dan kemampuan 3-in-1. Ini mengeluarkan daya 4,8 HP pada putaran 13.000 rpm dan dapat menghasilkan kecepatan bar maksimum 5.400 kaki per menit.

Baca juga  Update Harga Kasur Busa Inoac No 2 (Berbagai Ukuran)

STIHL MS 250 bukan gergaji kelas profesional paling kuat yang tersedia, karena memang tidak ditujukan untuk aplikasi tersebut. Sebaliknya, produk ini dimaksudkan untuk digunakan untuk pekerjaan yang lebih mudah ketika portabilitas tidak menjadi perhatian. STIHL MS 250 memiliki sistem anti-getaran yang membantu mengurangi jumlah getaran yang Anda rasakan saat menggunakannya. Tensioner rantai samping memudahkan penyetelan rantai jika terlalu longgar saat bekerja.

Harga STIHL MS 250

Lalu, berapa harga chainsaw STIHL MS 250 saat ini? Di pasaran dalam negeri, gergaji tersebut sekarang dijual dengan harga Rp3.939.000 hingga Rp5.675.000 per unit, tergantung masing-masing toko. Sementara itu, produk bekasnya saat ini dijual seharga Rp2 jutaan, tergantung kondisi barang.

Menyalakan chainsaw sebenarnya cukup mudah. Pertama, Anda harus mengisi bahan bakar terlebih dahulu. Setelah itu, buka penutup kap filter udara untuk mempermudah penyetelan karburator. Geser atau tekan switch on/off ke atas, tarik knop choke ke posisi tertutup, kemudian letakkan mesin di atas tanah. Lalu, Anda bisa menarik perlahan gagang starter hingga terhubung starter dengan pengait di bagian magnet dan panaskan mesin sejenak dengan menekan sedikit gas.

[1] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *