Review, Spesifikasi, dan Harga Kijang Super 1996

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Toyota Kijang. Ini adalah salah satu MPV yang sangat populer di pasaran Indonesia, terutama dari sisi komersial. Meski sekarang sudah bertransformasi menjadi Kijang Innova, namun lama ternyata juga masih diincar , termasuk seri Kijang Super. Karena peminatnya cukup banyak, model yang dirilis terakhir pada tahun 1996 memang masih tinggi.

Toyota Kijang Super (sumber: Wikipedia)

Toyota Kijang Super (sumber: Wikipedia)

Jika ada yang berpendapat bahwa Toyota Kijang adalah mobil yang tidak ada duanya, mungkin opini tersebut tidak salah. Pasalnya, sejak pertama kali dilemparkan ke pasaran pada dekade 1970-an, kendaraan ini tetap bertahan hingga milenium ketiga. Bahkan, ketika baru diluncurkan, yang lebih lawas ternyata juga tetap diburu, salah satunya karena dikenal tangguh.

Sejarah Toyota Kijang bisa ditelusuri pada tahun 1977 silam, ketika mobil ini pertama kali dipamerkan dalam gelaran Pekan Raya Jakarta. Saat itu, Toyota Kijang sempat diragukan bisa menarik atensi konsumen karena pasar mobil minibus masih dikuasai Mitsubishi Colt. Namun, awalnya hanya diproduksi sebanyak 1.168 , permintaan kendaraan ini terus meningkat dan menjadi 4.624 di tahun berikutnya.

Setelah generasi pertama, model kedua dirilis pada tahun 1982. Bernama Toyota Kijang KF20, sebenarnya tampilan mobil ini tidak terlalu berbeda dengan model KF10. Lampu mobil masih bulat di samping depan kanan-kiri dan grille masih sederhana dengan tulisan Toyota pada bagian depan. Garis pada bonnet juga masih simpel dan curam.

Meski demikian, bukaan pada tutup kap tidak lagi bukaan penuh hingga bagian tepi hidung mobil (bonnet) seperti halnya kijang sebelumnya. Pintu juga tampil lebih manis dengan dilengkapi kaca serta engselnya tidak lagi mirip engsel pintu rumah dan dilengkapi kunci. Pada tahun 1984, terdapat perubahan pada grille dan bumper, termasuk pemakaian lampu kotak. Lampu sein yang pada produksi awal masih terletak di bumper depan, kini naik ke grille mengapit tulisan Toyota.

Untuk sektor jantung pacu, perusahaan menambah mesin menjadi 1.300cc. Dengan mesin 4K berkapasitas 1.300 cc, Toyota Kijang tetap mempertahankan transmisi 4 percepatan dan suspensi double wishbone dengan pegas daun pada bagian depan dan pegas daun under axle yang ditempatkan di bawah gardan pada bagian belakang mobil.

Karena permintaan terhadap mobil ini tetap tinggi, Toyota lantas kembali melakukan upgrade mesin menjadi 1.500cc. Meski punya dapur pacu lebih besar, tetapi kendaraan tersebut diklaim tetap hemat bahan bakar. Model ini sendiri diluncurkan sekitar tahun 1983 hingga 1986, yang diselingi kehadiran Toyota Kijang Family dan Toyota Kijang Commando.

Review dan Specs Toyota Kijang Super

Ilustrasi: mesin mobil (sumber: bequietndrive.com)

Ilustrasi: mesin mobil (sumber: bequietndrive.com)

Pada pertengahan dekade 1980-an, perusahaan asal meluncurkan generasi ketiga Toyota Kijang, dengan kode produksi KF42. Pada generasi ini, konsep Kijang sebagai kendaraan angkut mulai bergeser sebagai kendaraan penumpang sekalipun banyak Kijang generasi sebelumnya juga dimodifikasi sebagai kendaraan penumpang. Tampilan mobil pun lebih modern, dengan bodi berbentuk sedikit melengkung.

Toyota Kijang generasi ketiga sendiri memiliki banyak varian. Pabrikan tercatat pernah meluncurkan varian Commando LSX, Commando SSX, Commando LX, dan Commando SX. Ada juga tipe Ranger yang punya 3 pintu, Deluxe (Toyota Kijang G), versi Grand Extra (LGX, SGX), Rover (berubah menjadi RoverAce karena ada komplain dari pabrikan Rover asal Inggris), Toyota Kencana, dan tentu saja Toyota Kijang Super.

Nah, khusus untuk tipe yang disebutkan terakhir, ini bisa dibilang sebagai kakeknya Kijang Innova (alih-alih Kijang Kapsul yang diluncurkan kemudian). Pasalnya, secara bahasa desain, kedua model ini memang terlihat mirip. Namun, Kijang Super memang tampil dengan bodi lebih klasik, cenderung kotak, yang sesuai dengan tren di era 1990-an. 

Desain eksterior Kijang Super memang kotak, yang dulunya sempat diklaim mewah dan elegan. Senada dengan bentuk bodi mobil, Kijang Super juga memiliki lampu depan berbentuk kotak dan di tengah-tengah grille terpasang logo “Toyota” berukuran besar. Mobil ini juga memiliki kaca yang tinggi dan luas, sehingga meningkatkan visibilitas pengendara.

Untuk bagian samping, terpasang pijakan kaki untuk mempermudah akses keluar masuk penumpang dan pengendara. Lalu, di sektor buritan, terpasang stop lamp berbentuk kotak yang memiliki 3 layer warna, yakni orange, putih, dan merah. Nah, yang paling menarik dari bagian belakang Kijang Super adalah memiliki pintu. Pintu tersebut berfungsi untuk akses keluar masuk pintu, serta memudahkan pengguna Kijang Super untuk memasukan barang bawaan dari belakang.

Komunitas Toyota Kijang (sumber: otomotifzone.com)

Komunitas Toyota Kijang (sumber: otomotifzone.com)

Beralih ke bagian interior, kabin yang luas menjadi salah satu kelebihan Kijang Super. Mobil ini bisa menampung 8 hingga 9 penumpang sekaligus. Kelebihan tersebut tidak lepas dari konfigurasi jok belakang yang dibuat berhadap-hadapan. Model yang dirilis pada tahun 1992 hingga 1996, sudah didukung AC double blower, menjadikan ruangan dalam menjadi lebih nyaman.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, Toyota membekali mobil ini dengan mesin 4 silinder, OHV, 8 katup, berkapasitas 1.500cc. Dengan model tersebut, Kijang Super dikatakan mampu meletupkan tenaga maksimal 63 HP pada putaran 4.600 rpm dan meraih torsi puncak di angka 80,5 Nm pada putaran 3.200 rpm, via sistem transmisi manual 4 percepatan.

Untuk generasi kedua, bernama Kijang Grand Extra, punya mesin lebih besar, yakni 4 silinder, OHV, 8 katup, berkapasitas 1.800cc. Dengan bekal ini, kendaraan tersebut dikatakan mampu menyemburkan power puncak 87 HP pada putaran 4.600 rpm dan menyentuh torsi maksimal 140 Nm pada putaran 2.800 rpm, via transmisi manual 5 percepatan.

Harga Kijang Super 1996

Seperti disampaikan di atas, meski merupakan model lawas, namun Toyota Kijang Super masih diburu banyak konsumen, salah satunya karena punya mesin bandel dan irit bahan bakar. Tidak sulit menemukan kendaraan ini, karena Anda bisa membelinya di dealer mobil second maupun situs jual beli mobil bekas. Untuk edisi yang keluar tahun 1996, Toyota Kijang Super dijual dengan harga mulai Rp27.500.000 hingga Rp70.000.000, tergantung kondisi mobil dan negosiasi antara penjual dan pembeli.

Baca juga  Info Terbaru Specs dan Harga BMW 318i Bekas
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Review, Spesifikasi, dan Harga Kijang Super 1996"