Update Harga Alat Semprot Cat Listrik (Spray Gun Electric)

Untuk menghasilkan suatu karya tampak indah, diperlukan proses pengecatan agar warnanya lebih terlihat menarik. Namun jika mengecatnya masih menggunakan cara manual, tentu saja merepotkan. Mengecat secara manual juga kurang praktis dan efisien. Karena itu, banyak orang yang akhirnya beralih menggunakan spray gun electric, alat semprot/spray untuk mengecat yang praktis dengan menggunakan listrik. Sudah hadir dalam berbagai merk, harga perangkat ini pun tergolong terjangkau.

Penggunaan alat semprot cat listrik /spray gun electric (sumber: bestspy.com)
Penggunaan alat semprot cat listrik /spray gun electric (sumber: bestspy.com)

Kelebihan Alat Semprot Cat Listrik

Alat semprot cat listrik ini merupakan produk yang bisa membantu Anda mengecat menjadi lebih praktis dan tanpa belepotan. Menggunakan teknologi spray dengan power memakai tenaga listrik, sprayer cat ini dianggap lebih praktis. Jadi, Anda tidak perlu menambah kompresor lagi untuk menggunakan sprayer cat ini agar bisa bekerja hanya dengan satu karena alatnya memang sudah didesain satu dengan kompresor.

Bacaan Lainnya

Anda juga tidak perlu khawatir tagihan listrik Anda membengkak, karena sprayer cat elektrik yang ada di pasaran menggunakan daya relatif rendah, mulai 350 Watt hingga 800 Watt, sehingga Anda masih bisa berhemat dalam penggunaan listriknya. Yang lebih menarik, hasil keluaran cat dari spray gun ini cukup bagus dan halus. Daya sebar cat juga luas sehingga bisa menghasilkan pengecatan yang lebih maksimal. Selain itu, semua alat semprot cat listrik telah dilengkapi dengan saringan udara sehingga proses dan hasil pengecatan lebih sempurna.

Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Juicer Philips HR 1823

Sprayer cat elektrik umumnya terbuat dari material berkualitas, serta punya suara mesin halus sehingga tidak akan membuat bising maupun bisa mengganggu tetangga di sekitar. Anda tidak usah khawatir apabila hasil keluaran cat akan terlalu tebal atau tipis, karena mode spray pada sprayer cat bisa diatur volumenya, sehingga Anda pun bisa menghemat cat. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mengecat dengan electric spray gun juga diklaim akan menghasilkan rekatan cat yang baik. Anda tidak perlu khawatir jika hasil pengecatan kasar karena cat tidak bisa merekat dengan baik, karena hasil cat merekat dengan baik dan pada yang dicat. Dengan menggunakan teknik spray, cat akan berhasil melekat dengan sempurna.

Kebanyakan produk alat spray gun sudah dilengkapi dengan pegangan yang nyaman, sehingga aktivitas mengecat menjadi lebih sempurna dan hasilnya akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, sprayer cat juga memiliki daya getar yang rendah. Tidak hanya bisa digunakan untuk mengecat satu benda, alat semprot cat listrik juga bisa digunakan untuk semua benda dan unit, misalnya mengecat tembok, mobil, furniture, dan lainnya.

Penggunaan alat cat semprot listrik (sumber: ubuy.co)
Penggunaan alat cat semprot listrik (sumber: ubuy.co)

Cara Menggunakan Alat Semprot Cat Listrik

  • Perhatikan jarak spray gun. Apabila jarak spray gun dengan area terlalu dekat, maka berakibat jumlah cat yang teraplikasi akan kebanyakan atau lapisan menjadi tebal dan bisa meleleh. Sebaliknya jika terlalu jauh, bisa mengakibatkan cat menjadi tipis dan kasar. Jarak yang tepat ialah antara 100 hingga 200 mm atau kira-kira satu jengkal dewasa.
  • Perhatikan sudut spray gun. Sebaiknya sudut spray gun dengan adalah 90 derajat. Saat menggunakan alat ini, harus dipegang sesuai sudut tersebut secara continue supaya hasilnya menjadi rata. Jarak yang berubah akan mengakibatkan hasil cat bisa tidak merata dan tebal tipis.
  • Sesuaikan kecepatan langkah. Kecepatan ketika spray gun digerakkan dikenal sebagai kecepatan langkah. Untuk pengecatan kembali, biasanya kecepatan langkah yang pas adalah antara 900 sampai 1.200 mm per detik.
  • Perhatikan tumpang tindih (overlapping). Untuk mendapat lapisan merata, maka pola semprotan perlu mempunyai ketebalan yang merata juga. Lebar tumpang tindihnya (overlapping) yang tepat kira-kira 1/2 sampai 2/3 pola semprotan.
Baca juga  Info Cara Pemakaian & Harga Bayclin 1 Liter

Selain itu, jangan lupa melakukan pengecatan ulang atau repainting. Pengecatan ulang dilakukan karena beberapa hal di antaranya warna cat lama (original) sudah berubah atau kusam karena termakan usia, karena kerusakan warna cat yang diakibatkan benturan, goresan atau kecelakaan. Untuk melakukan pengecatan ulang karena goresan/kecelakaan, yang harus diperhatikan adalah pemilihan warna cat harus sesuai warna aslinya (cat original). Bagian yang tidak dicat juga harus ditutup dengan lapisan penutup bisa dengan kain/kertas koran agar paparan cat tidak menempel pada bagian yang lain.

Ilustrasi: pemakaian spray gun listrik (sumber: prestomall.com)
Ilustrasi: pemakaian spray gun listrik (sumber: prestomall.com)

Harga Alat Semprot Cat Listrik

Merk Alat Semprot Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Paint Zoom Spray Gun Electric  Rp210.000 Rp250.000
Mollar ESG300 Spray Gun Electric  Rp235.250 Rp250.000
KOVA X350 Electric Spray Gun  Rp270.000  Rp325.000
INGCO HVLP Spray Gun Electric  Rp345.000 Rp325.000
NLG ESG110 Electric Spray Gun Rp275.000 Rp343.288
Ryu RSE800 Spray Gun Electric  Rp305.000 Rp350.000
HL718 Electric Sprayer  Rp350.000 Rp350.000
NLG ESG100 Electric Spray Gun  Rp350.000 Rp380.000
NLG EPS500 Electric Paint Sprayer  Rp564.000 Rp517.000
Lakoni F150 Electric Spray Gun  Rp668.000  Rp608.000
Lakoni Fantasy 150PS Power Spray Paint Gun  Rp645.000  Rp649.000
Multipro ESP99 Spray Gun Electric  Rp730.000  Rp758.888
Black Decker 450W Spray Gun Electric  Rp1.100.000  Rp995.000
Baca juga  Kelebihan dan Update Harga Pompa Air Submersible (Sibel)

Harga alat semprot cat elektrik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan teknik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga alat semprot cat listrik tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Untuk informasi tambahan, apabila produk hanya digunakan untuk mengecat motor, cukup menggunakan kompresor 1 atau memakai spray gun seukuran itu. Namun, jika dipakai untuk mengecat mobil, disarankan memakai spray gun yang memiliki nozzle lebih besar. Sementara, kalau hanya diperlukan untuk mengecat goresan atau lecet sedikit, bisa dengan memakai nozzle kecil. 

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.