Review & Update Harga Mesin Bor Makita HP1630

Bagi Anda yang sehari-harinya berkecimpung di dunia pertukangan, pasti sudah tidak asing lagi dengan Makita. Ini adalah salah satu merk perkakas teknik yang cukup populer di pasaran Tanah Air. Brand asal Jepang itu sendiri telah merilis banyak alat tukang, termasuk bor. Nah, bor Makita ternyata juga ada banyak jenisnya, termasuk Makita HP1630 yang sekarang dijual dengan maksimal Rp1 jutaan per unit.

Ilustrasi: Harga Mesin Bor Makita (credit: makitatools)
Ilustrasi: Mesin Bor Makita (credit: makitatools)

Mesin bor dapat dikatakan sebagai suatu mesin yang memiliki gerakan memutar pada alat pemotong. Mesin bor ini berfungsi untuk pembuatan lubang bulat dengan menggunakan mata bor (twist drill). Pengeboran sendiri sesungguhnya adalah suatu poros yang berputar, dengan bagian ujungnya (bagian bawah) disambungkan mata bor, yang dapat mengebor benda kerja yang dijepit pada meja mesin bor.[1] Mata bor memiliki dimensi sudut-sudut tertentu yang dapat menghasilkan bentuk lubang strut yang benar-benar bulat dan halus.

Bacaan Lainnya

Ada sejumlah tipe mesin bor yang sudah beredar di pasaran dalam negeri. Mesin bor magnet misalnya, adalah tipe mesin bor biasa tetapi sudah dilengkapi dengan magnet sebagai perekat di sisi besi yang akan dibor. Varian mesin bor magnet sering digunakan untuk melubangi material yang tempatnya susah dijangkau oleh mesin bor duduk biasa.[2]

Baca juga  Update Harga Cat Tembok ARIES (Semua Kemasan)

Sejumlah merk sudah merilis mesin bor buatan mereka di pasaran Indonesia, dan salah satu nama yang telah cukup populer di dunia pertukangan adalah Makita. Dilansir dari situs resmi perusahaan, Makita Corporation pertama kali didirikan pada tahun 1915 silam sebagai perusahaan penjualan dan perbaikan motor listrik. Kemudian, pada tahun 1958, pabrikan asal Negeri Terbit tersebut menjadi perusahaan pertama Jepang yang memproduksi dan menjual perencana listrik.

Selama 45 tahun sejak itu, Makita telah bekerja untuk membangun posisi yang stabil sebagai produsen alat-alat listrik portabel dan terus melanjutkan upayanya untuk menyediakan produk dan layanan yang bermanfaat bagi semua jenis pelanggan yang terlibat dalam pembangunan perumahan. Sejarah Makita juga sejajar dengan evolusi alat-alat listrik dan selama itu, Makita telah bekerja untuk menyesuaikan produk-produknya dengan kebutuhan pelanggan yang berkembang.

Makita mendesain dan memasarkan rangkaian alat-alat listrik yang luas. Produk utama Makita termasuk gergaji bundar, gergaji jig, planer, bor, palu, penggiling, dan sander. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih luas, Makita juga memasarkan mesin pengerjaan kayu stasioner dan alat pneumatik serta alat berkebun. Kualitas dan keandalan yang tak tertandingi dari alat-alat listrik ini dan produk lainnya telah membuat produk Makita mendapat kepercayaan dari pelanggan di pasar di seluruh dunia.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mesin Cuci Koin Laundry (Berbagai Merk)

Review & Specs Makita HP1630

Makita HP1630 (sumber: darivtools.com)
Makita HP1630 (sumber: darivtools.com)

Untuk mesin bor, brand asal Negeri Terbit ini sudah menyediakan sejumlah tipe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan anggaran. Jika Anda membutuhkan mesin yang oke dengan sedikit miring, pabrikan menawarkan model Makita HP1630. Ini adalah mesin bor yang dikatakan dapat digunakan untuk melubangi besi dengan diameter 13 mm serta kayu dengan diameter hingga 30 mm. Tak hanya itu, Makita HP1630 juga mampu dipakai untuk melubangi beton dengan diameter 16 mm.

Banyak yang memilih bor ini dengan sejumlah alasan. Alasan pertama adalah tenaga Makita HP1630 dinilai cukup powerful, dengan daya 710 Watt, yang tentunya lebih tahan lama. Dalam rentang waktu pengerjaan sekitar 1 jam non-stop untuk bor besi, produk ini diklaim tidak akan menimbulkan panas yang mungkin akan membuat tangan pekerja menjadi tidak nyaman. Suara yang dihasilkan pun halus, dengan kumparan motor yang berkualitas.

Alasan lainnya adalah Makita HP1630 memiliki mode impact, sehingga pas dipakai untuk melubangi tembok atau dinding rumah. Selain itu, bor tangan ini pun punya fungsi reversible atau putar arah sehingga lebih praktis. Fitur lainnya yang tersemat dalam produk ini adalah variable speed, dengan kecepatan tanpa beban sekitar 0 sampai 3.200 rpm.

Baca juga  Biaya Terapi Akupuntur Terbaru (Konvensional, Tanpa Jarum, Tanam Benang)

Jika Anda tertarik dengan mesin bor Makita HP1630, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Anda bisa membelinya di sejumlah perkakas teknik, toko bahan bangunan, atau lewat situs jual beli online.

Makita HP1630 

Bor Makita HP1630 (sumber: m.onlinetrade.ru)
Bor Makita HP1630 (sumber: m.onlinetrade.ru)

 

Kondisi Makita HP1630 Harga (Rp)
Makita HP1630 Bekas Rp1.099.000
Makita HP1630 Baru Rp722.000

Makita HP1630 di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2020, Makita HP1630 kondisi baru dibanderol Rp850 ribu hingga Rp1,1 juta per unit, berubah menjadi Rp875 ribu hingga Rp1,4 juta per unit tahun 2021, berubah lagi menjadi Rp1 jutaan tahun 2022. Untuk info lebih detail, silakan datang ke toko peralatan pertukangan terdekat di sekitar rumah Anda.

[Update: Almas]

[1] Guruh, Mochamad dan Suyadi. 2013. Menentukan Sudut Puncak Mata Bor pada Proses Drilling  Model Strut Propeller. Jurnal Wave, Vol. 7(2): 43-48.

[2] Purnama, Jaka, Bambang Setyono, Hanif Amrullah. 2015. Perancangan Mesin Bor Magnet Pendekatan Ergonomi untuk Meningkatkan Produksi. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers UNISBANK (Sendi_U).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *