Cara Buka Rekening Mandiri, BNI dan BRI Tanpa NPWP

Saat ini, sudah ada banyak bank yang dapat Anda jadikan lokasi menabung, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BCA, dan lain-lain. Cara membuka rekening untuk nasabah baru pun sangat mudah, walau memang ada biaya yang dikeluarkan untuk setoran awal. Lantas, apakah membuka rekening bank bisa tanpa menggunakan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)?

Cara Buka Rekening Tanpa NPWP - seputarkarir.com
Cara Buka Rekening Tanpa NPWP – seputarkarir.com

Bank dapat dikatakan sebagai suatu badan usaha dengan transaksi yang berkaitan dengan uang, menerima simpanan (deposito) dari nasabah, menyediakan dana atas setiap penarikan, melakukan penagihan cek-cek atas perintah nasabah, memberikan kredit, dan menanamkan kelebihan simpanan nasabah hingga dibutuhkan kembali.[1] Secara umum, fungsi bank adalah untuk menghimpun dana dari luas dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau kredit untuk berbagai tujuan.[2]

Bacaan Lainnya

Dalam menjalankan fungsinya tersebut, bank meluncurkan sejumlah produk, dan yang paling terkenal dan umum adalah tabungan. Tabungan merupakan simpanan dengan penyetoran dilakukan sekaligus, tetapi untuk penarikannya, walau dapat dilakukan sewaktu-waktu, dibatasi oleh pihak bank.[3] Produk ini sedikit berbeda dengan deposito, yang merupakan simpanan bank yang penyetorannya dilakukan sekaligus dengan bunga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Dari sisi nasabah, dilihat dalam sudut pandang ekonomi makro, tabungan adalah bagian pendapatan rumah tangga yang tidak dikonsumsi dalam suatu periode tertentu.[4] Dengan kata lain, tabungan merupakan selisih antara pendapatan dengan konsumsi. Ini juga dapat diasumsikan bahwa tabungan sama besarnya dengan investasi.

Produk tabungan yang ditujukan untuk menyimpan uang harus memiliki kelebihan agar dapat menarik nasabah untuk menyisihkan uang mereka dengan menabung. Ada beberapa faktor yang sering dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk menabung di suatu bank, antara lain kepercayaan kepada bank, jaminan rasa aman, serta aksesibilitas.[5]

Khusus untuk aksesibilitas, ini dapat dikatakan sebagai kemudahan untuk dilakukan pendekatan. Selain itu, aksesibilitas juga dapat didefinisikan sebagai kemudahan untuk bisa berinteraksi. Sejumlah faktor dapat dikaitkan dengan aksesibilitas ini, termasuk lokasi bank hingga syarat-syarat membuka rekening tabungan bagi calon nasabah baru.

Baca juga  Info Terbaru Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Marginal

Setiap bank pasti memberikan sejumlah persyaratan khusus bagi yang ingin membuka rekening tabungan, termasuk Bank Mandiri, BNI (Bank Negara Indonesia), dan BRI (Bank Rakyat Indonesia). Umumnya, calon nasabah diwajibkan menyetorkan fotocopy identitas diri serta setoran awal, dan tidak sedikit yang mewajibkan untuk menyerahkan ketentuan lain, seperti NPWP.

Syarat Buka Rekening Mandiri

Bank Mandiri punya sejumlah produk tabungan yang dapat dipilih untuk menyimpan uang mereka, tetapi dengan persyaratan tertentu. Tabungan Rupiah misalnya, mewajibkan calon nasabah menyetorkan KTP untuk WNI atau Paspor dan KITAS untuk WNA atau Kartu Pelajar untuk pelajar (dengan surat persetujuan orang tua), NPWP, dan setoran awal minimal Rp500.000.

Ilustrasi: Kegiatan Perbankan di Bank Mandiri (credit: Republika)
Ilustrasi: Kegiatan Perbankan di Bank Mandiri (credit: Republika)

Kemudian, ada Tabungan Now, yang dikatakan sebagai produk tabungan yang menawarkan kemudahan, bahkan dari awal pembukaan rekening. Syarat membuka tabungan ini antara lain setoran awal Rp50.000, kartu identitas WNI (KTP), NPWP, dan tanda tangan di kertas putih. Sementara, persyaratan membuka rekening TabunganKu Rencana adalah memiliki rekening sumber, berusia minimal 18 tahun atau maksimal 70 tahun, dan mengisi formulir serta pernyataan kesehatan. Syarat buka rekening Mandiri Tabungan Rupiah, Tabungan Now, dan TabunganKu Rencana tahun ini masih sama seperti tahun lalu.

Syarat Buka Rekening BNI

Untuk BNI, punya produk tabungan yang sangat populer, yakni BNI Taplus. Syarat membuka rekening tabungan ini pun sangat mudah. Calon nasabah hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening, menyetorkan dana awal sebesar Rp500.000 (Jabodetabek) atau Rp250.000 (luar Jabodetabek), dan melampirkan kartu identitas (KTP bagi WNI atau Paspor dan KITAS bagi WNA).

Ilustrasi: Buka Rekening BNI (credit: finansial.bisnis)
Ilustrasi: Buka Rekening BNI (credit: finansial.bisnis)

Sementara itu, untuk para pelajar dan mahasiswa, salah satu bank milik pemerintah ini memiliki tabungan BNI Taplus Muda. Syarat untuk membuka rekening tabungan ini juga sangat simpel. Calon nasabah hanya perlu mengisi formulir pembukaan rekening, membawa asli kartu identitas diri (KTP, SIM, atau Paspor) dan melampirkan fotocopy, serta mengisi formulir e-statement. Namun, produk ini terbatas hanya untuk berusia 17 tahun hingga maksimal 35 tahun. Syarat buka rekening BNI Taplus dan BNI Taplus Muda tahun ini masih sama seperti tahun lalu.

Baca juga  Kisaran Tarif Kamar RSAL Dr. Ramelan Surabaya Terkini

Syarat Buka Rekening BRI

Jika Anda memilih BRI untuk menyimpan dana dalam bentuk tabungan, bank ini juga memiliki banyak produk yang dapat dipilih. Yang paling populer tentu saja BritAma, yang telah didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapan saja dan di mana saja. Syarat membuka rekening ini antara lain usia minimal 17 tahun, KTP (WNI) atau Paspor dan KITAS (WNA), dan membayar setoran awal Rp250.000 atau Rp500.000, tergantung jenis kartu yang hendak digunakan.

Ilustrasi: Dokumen Untuk Membuka Rekening BRI (credit: infoperbankan)
Ilustrasi: Dokumen Untuk Membuka Rekening BRI (credit: infoperbankan)

Ada pula BRI Simpedes, sebuah simpanan dalam bentuk tabungan yang dilayani di BRI Unit, yang penyetorannya dapat dilakukan setiap saat dan frekuensi serta jumlah pengambilan tidak dibatasi sepanjang saldonya mencukupi. Syarat pembukaan rekening tidak jauh berbeda, usia minimal 17 tahun, KTP (WNI) atau Paspor dan KITAS (WNA), dan setoran awal Rp100.000. Syarat buka rekening BRI BritAma dan BRI tahun ini masih sama seperti tahun lalu.

Selain syarat-syarat seperti disebutkan di atas, umumnya bank juga mewajibkan calon nasabah untuk menyetorkan NPWP jika ingin membuka rekening baru. Ini adalah peraturan wajib yang dikeluarkan Bank Indonesia untuk mencegah pencucian uang atau mungkin pendanaan teroris di kemudian hari. Selain itu, NPWP dibutuhkan pihak bank untuk mengidentifikasi sekaligus verifikasi data calon nasabah. Pertanyaannya, apakah bisa membuka rekening bank tanpa menyertakan NPWP?

Cara Buka Rekening Mandiri Tanpa NPWP

Di dalam situs resminya, sebenarnya Bank Mandiri sudah menuliskan dengan jelas bahwa NPWP wajib bagi seluruh yang hendak membuka rekening baru. Namun, pihak bank memberikan pengecualian bagi calon nasabah yang berusia di bawah 17 tahun, ibu rumah tangga (tidak bekerja), mahasiswa, atau termasuk penghasilan tidak kena pajak. Mereka hanya perlu mengisi surat pernyataan yang tersedia di kantor cabang Bank Mandiri.

Cara Buka Rekening BNI Tanpa NPWP

Seperti Bank Mandiri, BNI juga sebenarnya mewajibkan masyarakat untuk memiliki NPWP jika ingin membuka rekening tabungan. Namun, ada pengecualian untuk beberapa produk tabungan, seperti BNI Taplus Muda dan BNI Taplus Anak yang memang diperuntukkan usia muda, yang mungkin belum memenuhi syarat untuk mempunyai NPWP, bahkan KTP. Namun, kedua produk ini mewajibkan persetujuan dari orang tua.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Appraisal KPR Bank di Indonesia

Menurut pengakuan salah satu nasabah ketika membuka rekening di BNI Syariah, dia disetujui oleh customer service meskipun tidak menyertakan NPWP. Pasalnya, dalam formulir pengisian data rekening, ada kolom NPWP yang menyediakan pilihan ‘Tidak Ada NPWP’. Namun, untuk informasi lebih lengkap, Anda disarankan berkunjung ke cabang BNI Syariah terdekat yang sekarang sudah berganti menjadi BSI (Bank Syariah Indonesia).

Cara Buka Rekening BRI Tanpa NPWP

BRI memberikan keringanan untuk masyarakat yang ingin menabung di tabungan BRI Simpedes. Dilayani di BRI Unit, jika calon nasabah tidak atau belum memiliki NPWP, cukup mengisi form pernyataan tidak memiliki NPWP. Sehingga, syarat yang wajib dipenuhi hanya KTP atau KITAS dan Paspor (WNA) serta membayar setoran awal Rp100.000.

Syarat serupa juga ditujukan bagi masyarakat yang hendak membuka rekening tabungan BritAma atau BritAma Muda. Dalam keterangan di situs resmi mereka, apabila nasabah tidak memiliki NPWP, dapat mengisi form pernyataan yang terdapat di unit kerja BRI. Jadi, syarat untuk membuka rekening hanya menyetorkan KTP atau Paspor dan KITAS serta setoran awal.

[Almas]

[1] Veithzal, Rivai. 2007. Bank and Financial Institute Management. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

[2] Tambunan, Monang Ranto dan Inggrita Gusti Sari Nasution. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank BCA Kota Medan (Studi Kasus Etnis Cina). Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1(3): 193-204.

[3] Mukarromah, Lailatul dan Ida Bagus Badjra. 2015. Pengaruh Pertumbuhan Tabungan, Deposito, dan Kredit terhadap Pertumbuhan Profitabilitas PT BPR Partakencana Tohpati Denpasar. E-Jurnal Manajemen UNUD, Vol. 4(8): 2286-2300.

[4] Dakhi, Annisa Sabrina dan Irsyad Lubis. 2014. Analisis Minat Menabung di Kalangan Siswa SMA Negeri di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan USU, Vol. 2(9): 525-534.

[5] Setyawan, Yohana Neysa dan Edwin Japarianto. 2014. Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesibilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, Vol. 2(1): 1-8.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar