Info Lengkap Produk Mandiri Taspen dan Biaya Administrasinya

Tabungan pensiun (biasa disingkat taspen) menjadi salah satu produk yang diminati, terutama untuk mempersiapkan finansial di hari tua ketika sudah tidak lagi bekerja atau bekerja. Untuk kebutuhan tersebut, Bank Mandiri lewat anak usahanya, PT Bank Mandiri Taspen (dikenal dengan nama Bank Mantap, menyediakan layanan perbankan untuk pensiunan, baik berupa tabungan maupun pinjaman atau kredit, dengan biaya yang dapat dikatakan terjangkau.

Bank Mandiri Taspen (sumber: bankmandiritaspen.com)
Bank Mandiri Taspen (sumber: bankmandiritaspen.com)

Anda mungkin sudah akrab dengan dana pensiun. Secara garis besar, dana pensiun adalah penghasilan setelah berakhirnya masa seseorang, yang bertujuan untuk menjamin hidup peserta dan keluarganya.[1] Jaminan tersebut diberikan dalam bentuk manfaat atau imbalan pensiun ketika karyawan tersebut memasuki masa pensiun atau mengalami hal-hal seperti kecelakaan.

Bacaan Lainnya

Dulu, dana pensiun ini memang lebih akrab di telinga para aparatur negara atau biasa disebut pegawai negeri sipil (PNS) dan beberapa perusahaan berskala nasional atau multinasional.[2] Namun, seiring waktu, siapa saja juga berkesempatan memiliki dana pensiun ketika sejumlah bank di dalam negeri menerbitkan produk yang disebut taspen atau tabungan pensiun.

Baca juga  Update Cara Memblokir Kartu ATM BRI Saat Hilang

Dari sekian banyak bank di Indonesia, yang saat ini sudah meluncurkan produk taspen adalah Bank Mandiri melalui anak usahanya, Mandiri Taspen. Dilansir dari situs resminya, Mandiri Taspen sekarang memiliki produk yang terbagi dalam dua kategori besar, yakni Simpanan Mantap dan Pinjaman Mantap. Berikut informasi produk yang telah disediakan Mandiri Taspen.

Produk Mandiri Taspen Simpanan Mantap

  • Tabunganku, adalah tabungan untuk perorangan Warga Negara Indonesia dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh perbankan di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kelebihan tabungan ini antara lain setoran awal cuma Rp20 ribu, bebas biaya buku tabungan d pembukaan, dan mendapatkan kartu ATM.
  • Tabungan Simantap Berjangka, adalah tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Setoran awal tabungan ini sebesar Rp100 ribu, tanpa biaya bulanan.
  • Tabungan Simantap Gold,
  • Tabungan Simantap Pensiun, adalah tabungan untuk nasabah pensiun sebagai sarana untuk menampung uang pensiun dan gaji pensiun setiap bulannya atas penunjukan Bank Mandiri Taspen sebagai bank juru bayar gaji pensiun, dengan setoran minimal Rp10 ribu.
  • Mantap, adalah simpanan berjangka dalam mata uang rupiah dengan bunga menarik dan beragam keuntungan lainnya, dengan minimum penempatan sebesar Rp1 juta.
  • Giro, adalah simpanan dana pihak ketiga dalam rupiah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, bilyet giro, dan sarana perintah pembayaran lainnya sesuai ketentuan yang ditetapkan Bank Mandiri Taspen.
Baca juga  Info Terbaru Kisaran Tarif Herona Express

Produk Mandiri Taspen Pinjaman Mantap

  • Kredit Mantap Pensiun, menawarkan kesempatan untuk terus berkarya dan mewujudkan rencana ke depan. Produk ini memberikan fasilitas kredit dengan bunga kompetitif, persyaratan mudah, dan pelayanan cepat dengan plafon maksimal Rp500 juta dan jangka waktu maksimal 15 tahun.
  • Pinjaman Retail, adalah penyediaan dana yang diberikan kepada pengusaha perorangan/badan usaha untuk membiayai berbagai macam kebutuhan , baik untuk kebutuhan investasi, kebutuhan kerja, maupun kebutuhan konsumtif dengan agunan berupa objek yang dibiayai dan ditambah agunan kebendaan dengan limit kredit di atas Rp200 juta.
  • Pinjaman Mikro, adalah fasilitas kredit dengan bunga kompetitif, persyaratan mudah, dan pelayanan cepat dengan plafon maksimal Rp350 juta dan jangka waktu maksimal 15 tahun.
  • Kredit Mantap Pra Pensiun, memberikan fasilitas kredit dengan bunga kompetitif, persyaratan mudah, dan pelayanan cepat dengan plafon maksimal Rp500 juta dan jangka waktu maksimal 15 tahun.

    Layanan Mandiri Taspen (sumber: bisnis.com)
    Layanan Mandiri Taspen (sumber: bisnis.com)

Seperti halnya produk bank pada umumnya, produk Mandiri Taspen juga menetapkan biaya kepada nasabah, terutama untuk produk simpanan. Biaya administrasi yang ditetapkan tentu saja bervariasi, tergantung produk tabungan. Berikut kami sajikan informasi terkini biaya administrasi produk Mandiri Taspen.

Biaya Mandiri Taspen

Produk Mandiri Taspen Biaya
Giro Rupiah Perorangan : Rp20.000 per bulan
Pemerintah : bebas
BUMN : Rp25.000 per bulan
Perusahaan/institusi di luar bank : Rp25.000 per bulan
Tabungan Simantap Gold Rp6.500 per bulan
Tabungan Simantap Berjangka Bebas
Bebas
ATM Plus Bebas
ATM Reguler 5% dari nominal
ATM Bebas

Informasi biaya di atas kami rangkum langsung dari situs resmi Mandiri Taspen. Perlu Anda catat bahwa biaya administrasi tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan bank yang bersangkutan. Apabila Anda memerlukan informasi lebih detail, Anda dapat mendatangi cabang Mandiri Taspen terdekat atau menghubungi kantor pusat lewat nomor telepon (021) 2123 1772.

[1] Yunawati, Sri. 2016. Analisis Sistem Pemberian Tunjangan Pensiun terhadap Manfaat Pensiun pada PTPN V (Persero) Sei Rokan.  Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 5(2): 117-124.

[2] Nasution, Lokot Zein dan Muhammad Khoirul Fuddin. 2015. Dana Pensiun Pendorong Kesejahteraan Pekerja dan Penjaga Eksistensi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13(2): 178-197.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *