Harga Brem Madiun (Berbagai Merk dan Rasa)

Madiun tidak cuma terkenal dengan nasi pecelnya. Ada pula brem, makanan yang berasal dari sari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Punya rasa yang manis dan sedikit asam, brem merupakan salah satu snack yang dipercaya punya banyak khasiat, termasuk melancarkan peredaran darah dan membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Selain datang langsung ke kota asalnya, Anda sekarang juga dapat membeli brem Madiun lewat sejumlah situs e-commerce dengan harga yang sangat terjangkau.

Brem madiun (sumber: shopee)
Brem madiun (sumber: shopee)

Apa Itu Brem?

Brem adalah makanan olahan yang berasal dari fermentasi tape yang dimasak, kemudian dikeringkan, digunakan sebagai makanan kecil (snack) dan oleh-oleh.[1] Ciri khas brem antara lain punya rasa manis atau manis keasaman, tekstur yang padat, kering dan tidak lembek, warna putih kekuningan sampai kuning kecokelatan, serta mudah hancur di dalam mulut. Selain sebagai makanan kecil, brem konon terasa semakin lezat ketika disantap sebagai teman minum kopi atau teh.[2]

Bacaan Lainnya
Baca juga  Update Harga Yoshinoya Indonesia (Makanan & Minuman)

Merupakan makanan khas Madiun, brem akhirnya menjadi unggulan daerah tersebut, sehingga ditemukan industri rumahan yang mengolah makanan ini. Di Desa Kaliabu, Caruban saja misalnya, setidaknya terdapat 41 industri rumahan skala kecil menengah yang memproduksi brem.[3] Sejumlah industri akhirnya membentuk kelompok, seperti Kelompok Brem Jaya Makmur yang merupakan gabungan dari tujuh UKM brem di desa setempat.

Proses produksi brem secara umum dapat berlangsung selama delapan hari. Bahan baku beras ketan putih yang telah dicuci, direndam kurang lebih selama empat sampai enam jam. Setelah direndam, beras ketan itu dimasak selama satu jam sampai matang, kemudian diangin-anginkan sampai uap panasnya hilang.

Tahap berikutnya, beras ditaburi ragi dan difermentasi selama tujuh hari hingga menjadi tape. Tape ketan lantas diperas untuk diambil air sarinya. Air perasan ini kemudian dimasak, dicampur dengan sedikit kue dan selanjutnya dicetak dan didiamkan selama satu hari. Setelah satu hari dan mengeras, brem dipotong dengan ukuran tertentu. Potongan brem ini selanjutnya dijemur selama satu hari dan dikemas.

Manfaat Brem

Selain enak dijadikan cemilan, ternyata brem juga diklaim memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari Liputan6, brem dikatakan punya kadar alkohol, tetapi relatif rendah, yang dapat menaikkan hormon dan diyakini dapat membantu arteri darah. Berdasarkan studi Lembaga Riset Nutrisi dan Makanan di Belanda, konsumsi alkohol secara tidak berlebihan dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Baca juga  Harga Macaron The Harvest (Semua Varian dan Kemasan)

Selain melancarkan peredaran darah, brem ternyata juga dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan perawatan wajah. Masyarakat Madiun percaya bahwa brem dapat membuat kulit muka terasa halus dan menghilangkan jerawat. Tentunya cara pemakaiannya adalah dengan dimakan dan bukan ditaruh di muka.

Nah, apakah tertarik untuk mengonsumsi brem, entah itu sebagai cemilan atau mendapatkan manfaatnya? Jika iya, Anda tidak perlu membuatnya sendiri. Pasalnya, sekarang sudah banyak toko yang menjual brem khas Madiun. Anda bisa membelinya langsung saat melancong ke Madiun atau memesan lewat sejumlah situs jual beli online. Lalu, berapa harga brem Madiun saat ini?

Brem madiun (sumber: medcom)
Brem madiun (sumber: medcom)

Harga Brem Madiun

Merk Brem Madiun Harga
Brem Taman Sari Mini Rp5.000 – Rp7.000
Brem Suling Gading isi 3 Rp6.000 – Rp9.000
Brem Prihantini Mini Aneka Rasa Rp7.000 – Rp9.900
Brem Joglo 22 Varian Rasa Rp7.000
Brem Arum Rasa Rp7.500
Brem Kelor isi 3 Rp9.500
Brem Mirasa Rp10.000
Brem Taman Sari Jumbo Rp12.500
Brem Suling Gading 200 gr Rp14.500
Brem Suling Mas 200 gr Rp17.500
Brem Candi Mas 200 gr Rp20.000
Brem Salut Coklat Rp24.000
Brem Prihantini Jumbo Rp24.900
Berm Cakra Bluder Cokro Rp31.500
Baca juga  Update Harga Sosis Kanzler (Semua Varian) di Indomaret & Alfamart

Informasi harga brem asal Madiun di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga brem Madiun tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harganya di masing-masing penjual bisa saja berbeda meskipun yang ditawarkan sama. Untuk memperoleh harga brem merk lain, Anda dapat menelusuri e-commerce langganan Anda.

[1] Amalina, Nur, Kusnandar, Mei Tri Sundari. 2016. Studi Kelayakan Usaha Brem di Desa Kaliabu Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Agrista, Vol.4(3): 125-134.

[2] Astawan, Made. 2008. Khasiat Makanan Mentah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[3] Antasari, Tasa. 2014. Bangunan Industri Makanan Khas Brem di Desa Kaliabu Caruban Madiun (Artikel Ilmiah). Jurusan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *