Update Persyaratan Daftar Rekening Ponsel CIMB Niaga

Dalam melakukan transfer, salah satu kendala yang dialami sebagian orang adalah sulit menghafal nomor rekening. Nomor rekening (rekening koran atau rekening tabungan di bank tujuan) juga harus digunakan dalam menerima uang kiriman berupa transfer melalui bank.

Oleh karena itu, Bank CIMB Niaga meluncurkan program Rekening Ponsel. Hal ini dianggap sebagai salah satu inovasi perbankan yang merupakan pertama di Asia. Penerima uang kiriman hanya perlu handphone atau smartphone. Pengirim uang harus mempunyai Rekening Ponsel di Bank CIMB Niaga, sedangkan yang menerima kiriman tidak perlu memiliki rekening apapun di CIMB Niaga.

CIMB Niaga - mediaindonesia.com

CIMB Niaga - mediaindonesia.com

CIMB Niaga sudah menjalankan Program Rekening Ponsel sejak Maret 2013. Rekening Ponsel dengan kata lain yaitu menggunakan nomor ponsel Anda sebagai nomor rekening tabungan.

Menurut mantan Direktur Utama CIMB Niaga, Arwin Rasyid mengatakan bahwa hadirnya Rekening Ponsel bertujuan untuk mempermudah seluruh lapisan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan tanpa batas, sekaligus sebagai bentuk dukungan Program Financial Inclusion (keterjangkauan masyarakat atas layanan keuangan) yang dicanangkan oleh Bank Indonesia (BI).

Dengan menggunakan Rekening Ponsel, Anda dapat melakukan menggunakan nomor ponsel untuk beberapa transaksi termasuk setor tunai di seluruh cabang CIMB Niaga, transfer ke semua operator ponsel di Indonesia tanpa transfer, transfer ke semua bank anggota ATM Bersama dan Prima, pembayaran dan belanja di merchant Rekening Ponsel, tarik dan setor tunai di Indomaret dan Alfamart, dan bisa mendapatkan berbagai diskon dan penawaran menarik dari merchant Rekening Ponsel.

Semua transaksi di atas dapat dilakukan dengan bebas biaya administrasi, tanpa persyaratan minimum, dan tidak memerlukan rekening bank maupun ATM. Anda juga dapat berbelanja, tarik dan setor tunai di merchant atau toko yang sudah bekerjasama dengan CIMB Niaga.

Manfaat lain yang bisa didapatkan antara lain membayar tagihan telepon atau seluler, membayar , membayar angsuran pinjaman, membayar asuransi pendidikan dan lingkungan, membayar biaya internet atau TV kabel, serta dapat digunakan untuk membeli tiket pesawat dan pulsa prabayar dari hampir semua operator (Telkomsel, Indosat Ooredoo, Axis, Three (3), dan XL).

Seluruh transaksi Anda dapat tercatat dengan baik, dan juga Anda bisa melakukan pengecekan saldo serta sepuluh transaksi terakhir melalui ponsel. Untuk Anda yang berminat, dapat daftar untuk mendapatkan Rekening Ponsel ke kantor cabang CIMB Niaga. Dengan kata lain, prosedurnya sama dengan ketika nasabah membuka rekening bank, karena harus datang ke kantor.

dapat dilakukan oleh nasabah maupun non-nasabah CIMB Niaga. Satu nomor ponsel hanya berlaku untuk satu rekening, sehingga Anda dapat memiliki lebih dari satu Rekening Ponsel. Daftarkan nomor ponsel Anda untuk transaksi Rekening Ponsel di cabang CIMB Niaga terdekat. Hubungi Phone Banking 14041 untuk mengetahui lokasi cabang terdekat.

Persyaratan yang harus dibawa pada saat pendaftaran yaitu membawa identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP/SIM/Paspor/KITAS. Lalu, buat User ID dan password (m-Banking PIN) untuk transaksi. Kemudian, pihak bank akan mengaktifkan layanan Rekening Ponsel. Anda akan secara otomatis terdaftar jika menjadi pengguna Go Mobile dengan menggunakan nomor ponsel yang sama.

Jika saldo masing kosong, pengguna bisa langsung memasukkan uang (top-up) melalui teller, sehingga ponsel Anda benar-benar seperti rekening bank. Tetapi, ada pembatasan maksimal saldo yang mengendap di rekening, yaitu Rp 5 juta.

Untuk transaksi perbankan dari ponsel, ada dua mekanisme yang diterapkan. Pertama, SMS Menu yang bisa digunakan oleh semua pengguna dari jenis ponsel apapun. Kedua, melalui Go Mobile yang hanya bisa diakses oleh pengguna smartphone, khususnya platform iOS, Android, dan Blackberry.

Akses ke Rekening Ponsel bisa dilakukan dari semua jenis perangkat mobile dan juga beberapa platform lain, yaitu:

  • Aplikasi Go Mobile (bisa diunduh di apps store Apple iTunes, Android Market, Blackberry Application World atau melalui link //mobile.cimbclicks.co.id/apps/)
  • SMS Menu (Ketik ‘Go Mobile’ lalu kirim lewat sms ke 1418)
  • Web browser Go Mobile (//mobile.cimbclicks.co.id/wap)

Rekening Ponsel telah disetujui oleh Bank Indonesia melalui beragam uji coba. Program tersebut dianggap merupakan bentuk branchless banking. Rekening Ponsel dinilai memberi peluang besar bagi yayasan amal, panitia pembangunan masjid, amil zakat, pesantren dan santri karena tidak memerlukan rekening tabungan. Dalam selebaran atau brosur cukup mencantumkan nomor ponsel (yang sudah didaftarkan ke CIMB NIAGA) sebagai nomor rekening untuk menerima sumbangan.

Daftar Rekening Ponsel CIMB Niaga - www.citynews1130.com

Daftar Rekening Ponsel CIMB Niaga - www.citynews1130.com

Namun, Rekening Ponsel hanya bisa mengirim dan menerima uang Rp 1 juta bagi penerima yang tidak memiliki rekening di CIMB Niaga. Sedangkan bagi yang memiliki rekening, batas kirim dan terima mencapai Rp 5 juta. Maksimum limit transaksi (gabungan) per bulan adalah Rp 20 juta. Hal ini diatur oleh Bank Indonesia (BI) sebagai bagian dari tindakan pencucian uang.

Persoalan yang mungkin saja muncul adalah ketika yang paling rendah di ATM adalah Rp 50 ribu. Tentu, akan timbul kesulitan jika kiriman di bawah Rp 50 ribu. Untuk mengatasi hal itu, CIMB Niaga bekerjasama dengan gerai retail seperti Indomaret dan Alfamart serta PT POS Indonesia.

Dengan menggunakan Rekening Ponsel, seluruh transaksi Anda diklaim akan tercatat dengan sempurna dan Anda bisa melakukan pengecekan saldo serta 10 transaksi terakhir melalui ponsel. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar Rekening Ponsel, Anda bisa mengakses situs resmi www.cimbniaga.com atau datang ke Bank CIMB Niaga terdekat.

[Dian]

Baca juga  Biaya Administrasi dan Lainnya di Mandiri Giro Bank Mandiri
loading...

Leave a reply "Update Persyaratan Daftar Rekening Ponsel CIMB Niaga"