Update Harga Doppler Bistos (Semua Tipe)

Salah satu cara mengetahui apakah janin dalam kandungan sehat atau tidak adalah dengan mendeteksi detak jantungnya. Untuk tujuan ini, ibu bisa menggunakan alat bernama fetal doppler atau sering disebut doppler saja. Sudah banyak merk yang beredar di pasaran, termasuk Bistos, dan rata-rata dijual dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit.

Ilustrasi: penggunaan fetal doppler (sumber: empow-her.com)
Ilustrasi: penggunaan fetal doppler (sumber: empow-her.com)

kehamilan merupakan salah satu tahapan penting menuju kehamilan yang sehat. Dengan pemeriksaan kehamilan, kita dapat mengetahui perkembangan kehamilan, tingkat kesehatan kandungan, kondisi janin, dan bahkan penyakit atau kelainan pada kandungan yang diharapkan dapat dilakukan penanganan secara dini.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu yang rutin dilakukan dokter atau bidan adalah memonitor detak jantung janin, biasanya menggunakan alat USG. Namun sekarang, para ibu sudah dapat melakukan pemeriksaan secara mandiri di menggunakan alat bernama fetal doppler, sehingga tidak perlu lagi menunggu jadwal kontrol ke rumah sakit untuk mendengar detak jantung si kecil.

Lalu, apa itu, fetal doppler? Fetal doppler adalah jantung portable yang punya prinsip kerja seperti USG. Namun, alat ini memiliki intensitas yang lebih rendah. Fetal doppler juga tidak menghasilkan gambar, tetapi hanya mengambil suara detak jantung memanfaatkan gelombang ultrasonik yang memiliki frekuensi di atas 20 KHz.

Baca juga  Update Harga Calortusin Tablet dan Sirup

Fetal doppler akan ditempelkan ke jantung melalui transducer probe. Di dalam transducer ini, terdapat kristal yang digunakan untuk menangkap pantulan yang disalurkan oleh transducer. Gelombang yang diterima masih dalam bentuk gelombang pantulan sehingga fungsi kristal adalah mengubah gelombang tersebut menjadi gelombang elektronik. Gelombang suara ini lantas menembus tubuh dan mengenai batas-batas antar-jaringan, misal antara cairan, darah, otot, dan tulang.[2]

Varian Doppler Bistos

Saat ini, sudah banyak merk yang merilis fetal dropper untuk pasaran dalam negeri, salah satunya Bistos. Bistos Hi-Bebe, demikian nama lengkapnya, dikatakan sebagai produk doppler janin berukuran saku yang dapat mengukur detak jantung janin (FHR) dan memperbesar suaranya melalui pengeras suara. Pengukuran FHR memberi gambaran kondisi fetus dengan mendengarkan detak jantung sejak kandungan berusia 10 minggu. Selain mengeluarkan suara yang jernih lewat built-in speaker, alat ini dilengkapi juga dengan LCD yang dapat mendeteksi detak jantung dalam bentuk angka sehingga lebih akurat.

Ada beberapa varian doppler Bistos yang sudah beredar di dalam negeri, salah satunya Bistos BT-220. Dilansir dari salah satu toko alat medis, produk ini dikatakan sebagai cara ideal untuk memungkinkan Anda mendengarkan detak jantung Anda dalam kenyamanan rumah. Dilengkapi layar LCD, Anda pun dapat dengan mudah melihat dan merekam detak jantung bayi Anda. Produk ini diklaim punya suara jernih serta kualitas tampilan yang cantik.

Baca juga  Info Terbaru Harga OSFIT DHA untuk Ibu Hamil (Strip dan Box)
Salah satu varian doppler Bistos (sumber: meddax24.de)
Salah satu varian doppler Bistos (sumber: meddax24.de)

Varian lainnya adalah Bistos BT-250, yang juga sudah didukung layar LCD warna untuk mempermudah pemakaian. Secara detail, produk ini mengusung layar LCD warna berukuran 3,2 inch, various display mode, data saving 72 jam, nurse call, removable and rechargeable battery, dan earphone jack. Bistos BT-250 diklaim memiliki frekuensi ultrasonik 2 MHz dan range FHR sekitar 30 sampai 240 bpm.

Nah, apabila Anda tertarik memiliki doppler Bistos, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko peralatan medis atau lewat situs jual beli online. Harganya sendiri bervariasi, tergantung tipe. Berikut kami sajikan kisaran harga doppler Bistos di pasaran dalam negeri pada tahun 2021 dan 2022.

Harga Doppler Bistos

Tipe Doppler Bistos Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Bistos BT-200 Rp800.000 – Rp900.000 Rp495.000 – Rp775.000
Bistos BT-220 Rp1.180.000 Rp650.000 – Rp875.000
Bistos BT-250 Rp5.400.000 Rp3.745.000
Bistos BT-350 Rp13.800.000 Rp15.000.000

Jika dibandingkan dengan tahun 2021 lalu, harga doppler Bistos tahun 2022 ini mengalami banyak perubahan. Harga doppler Bistos di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perlengkapan medis dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga doppler Bistos tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga alat ini di masing-masing toko bisa berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

Baca juga  Update Kisaran Biaya Fototerapi untuk Bayi Kuning

Karena doppler mungkin tidak akan digunakan sepanjang waktu, maka membeli peralatan ini memang bisa merugikan untuk banyak orang. Nah, sebagai solusi hemat, Anda bisa menyewa peralatan tersebut secara mingguan atau bulanan. Sekarang, juga sudah banyak yang menyewakan doppler Bistos (Bistos BT-200) dengan biaya sewa mulai Rp90 ribuan saja per dua minggu hingga Rp130 ribuan per bulan.

[Update: Dian]

[1] Tahir, Muhammad, Hasnah, Sarmilawati. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Ibu Hamil untuk Memeriksakan Kehamilan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, Vol. 7(1): 28-36.

[2] Nuryanti, Venti. 2010. Rancang Bangun Alat Pendeteksi dan Penghitung Detak Jantung Janin dengan Asas Doppler (Skripsi). Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.