Info Terbaru Model Gorden Terbaru dan Favorit di Tahun 2019

Layaknya tren fashion yang selalu berkembang, tren kebutuhan lainnya, semisal tirai atau gorden juga selalu mengikuti perkembangan zaman. Banyak model gorden terbaru yang dikeluarkan para produsen maupun yang didesain secara pribadi. Selain untuk menghalangi cahaya, model gorden terbaru juga dapat membuat penampilan suatu ruangan di atau gedung menjadi lebih menarik, bahkan elegan.

Tirai jendela

Tirai jendela

Sebelum membahas tren model gorden terbaru di tahun 2019, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui terlebih dulu apa itu gorden. Gorden merupakan potongan atau tekstil yang digunakan untuk menghalangi cahaya. Gorden ini sering digantung di bagian dalam jendela suatu , baik itu rumah atau gedung perkantoran, untuk menghalangi masuknya cahaya, semisal di waktu malam untuk membantu seseorang agar dapat lekas tertidur atau untuk mencegah cahaya keluar dari .

Selain itu, gorden juga dapat memberikan pemisahan visual pada situasi lainnya, seperti pada suatu pertunjukan panggung, ketika aktor melakukan persiapan terakhir untuk pertunjukan di balik gorden atau tirai sewaktu penonton menunggu di depan tirai. Jika digunakan untuk suatu pertunjukan tertentu, biasanya tirai ini dibuka ketika pertunjukan dimulai dan ditutup sewaktu jeda penampilan.

Gorden sendiri ternyata memiliki sejarah yang panjang. Pada zaman dulu, gorden pertama yang digunakan terbuat dari kulit hewan dan biasanya gorden tersebut digantung di atas atau dekat pintu. Karena gorden ini terbuat dari kulit binatang, maka gorden tersebut agak kaku dan tentunya tidak begitu nyaman untuk digunakan.

Kemudian, seiring dengan berjalannya waktu, manusia memanfaatkan bambu untuk gorden. Lalu, kain polos dimanfaatkan sebagai gorden yang hanya mampu menutupi sebagian jendela, yaitu di bagian bawah, sedangkan bagian atas dibiarkan tetap terbuka agar udara dan cahaya matahari dapat masuk ke ruangan. Dalam perkembangannya, gorden tidak hanya berfungsi sebagai penutup jendela, melainkan juga mengatur kuantitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan dan partisi ruang privasi dengan ruangan lainnya.

Saat ini, sudah banyak model gorden yang beredar di , dengan variasi warna, bentuk, , dan juga harga. Untuk tahun 2019, model gorden terbaru yang dinilai akan tren dan menjadi sebagian besar orang adalah model minimalis. Model minimalis terlihat tidak banyak bermain model, mungkin jika ada tambahan model itu salah satunya berupa ikat gorden. 

Model gorden yang minimalis lebih banyak bermain di perpaduan warna. Tren warna yang dinilai menjadi tren adalah warna-warna terang dengan kilau lembut. Beberapa warna yang diprediksi akan mendominasi adalah warna-warna alam seperti biru telur asin, ungu berry, kuning dan hijau limau, coklat muda almond, warna tanah, serta warna metalik, gemstone, dan emas.

model, bahan, gorden, tirai, ruangan, warna, 2018, tahun, terang, kilau, lembut, tanah, biru, telur, asin, sekat, rumah, favorit, ungu, berry, hijau, limau, kain, satin, lace, beludru, elegan, di, pasaran, dan, terbaru

Melihat suasana luar rumah di balik gorden

Menurut Bambang Ekajaya, pemilik Cipta Graha, perusahaan kontraktor umum yang bergerak di bidang konstruksi mengatakan bahwa tren 2019 secara keseluruhan adalah minimalis. Hal itu dikarenakan konsep minimalis sejak tahun 2005 hingga 2018 masih terus eksis. Tetapi, desain minimalisnya berubah-ubah, lebih kreatif, dan banyak variasi. 

Selain warna dan model gorden, di tahun 2019 juga diprediksi akan ada tren interior menata rumah dengan gorden. Tirai atau gorden tidak hanya bisa dipasang di jendela, kini tirai memiliki banyak fungsi, salah satunya portiere. Portiere biasa dipasang di depan pintu untuk memberi kesan mewah sekaligus elegan pada ruangan. 

Tirai portiere juga bisa berfungsi sebagai pemisah ruangan jika di rumah Anda tidak memiliki sekat permanen. Anda bisa memasangnya sebagai sekat antara ruang tamu dengan ruang keluarga, ruang TV, ruang makan, atau di ruang manapun yang Anda inginkan.

Untuk rumah yang minimalis, tirai portiere bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan. Anda bisa menempatkan rak besar untuk menaruh berbagai barang atau , lalu tutup dengan tirai tersebut. 

Penggunaan gorden memang harus disesuaikan dengan kondisi di dalam ruangan rumah Anda. Selain itu, pemilihan kain untuk gorden, seperti kain satin, lace, atau kain beludru, juga dapat memengaruhi visual dan fungsi gorden yang bersangkutan.

[: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Harga Berbagai Merek Benang Sulam di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Model Gorden Terbaru dan Favorit di Tahun 2019"