Manfaat dan Harga Minyak Kedelai (Semua Merk dan Kemasan)

Bagi Anda penggemar salad, pastinya sudah tidak asing dengan produk olahan minyak kedelai. Selain dijadikan salad, minyak kedelai juga bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan dapur. Tidak sulit menemukan minyak ini, apalagi saat ini sudah banyak produsen yang menjualnya dengan harga terjangkau.

Minyak Kedelai theweek.in
Minyak Kedelai (credit: theweek.in)ac

Kandungan dan Manfaat Minyak Kedelai

Minyak kedelai merupakan jenis minyak nabati yang mengandung dietary asam lemak untuk tubuh. Asam lemak pada minyak kedelai membentuk trigliserida yang merupakan senyawa ester dan gliserol. Selain mengandung asam lemak, minyak kedelai juga mengandung beberapa zat mineral yang penting untuk tubuh, seperti zinc, zat besi, vitamin E, dan vitamin K. Dengan banyaknya kandungan pada minyak kedelai, tak heran minyak nabati tersebut memiliki banyak manfaat.

Bacaan Lainnya

Minyak kedelai adalah salah satu olahan yang sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat mayonaise dalam industri pangan. Penggunaan minyak kedelai sebagai bahan mayonaise memang sudah diketahui sejak lama dan disukai banyak orang. Bahkan, kebutuhan minyak kedelai untuk membuat mayonaise di Indonesia semakin meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, banyak produsen mayonaise yang mengandalkan impor minyak kedelai.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga Rumput Sintetis per Meter

Minyak kedelai dipilih sebagai pelengkap dalam pembuatan mayonaise karena sifat dan karakteristiknya. Perlu Anda ketahui, kualitas serta tekstur mayonaise dipengaruhi oleh bahan penyusunnya.  Minyak kedelai yang memiliki karakteristik cenderung lembut dan tidak terlalu berlemak, cocok untuk membuat mayonaise yang creamy dan tidak terlalu padat.[1]

Minyak kedelai juga kerap dijadikan sebagai pengganti minyak goreng kelapa sawit. Selain bisa dijadikan bahan untuk mayonaise, karakteristik minyak kedelai yang lebih encer dengan kandungan lemak jenuh sedikit, kerap dipilih mereka yang sedang mengikuti program diet. Konon, minyak kedelai tidak akan menambah berat badan karena kandungan lemaknya.

Kandungan antioksidan pada minyak kedelai juga bagus untuk kesehatan tubuh. Sebagai pengganti minyak goreng, kandungan antioksidan tersebut tidak mudah teroksidasi. Sehingga, antioksidan pada minyak ini mampu menjaga tubuh dari paparan zat radiasi atau karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

Dilansir dari SehatQ, minyak kedelai juga mengandung isoflavon, asam linoleat, dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit. Dengan adanya kandungan tersebut, minyak kedelai dipercaya bisa menghambat proses penuaan dini, menghilangkan kerutan di kulit, menjaga kelembapan, dan meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Sehingga, kulit tubuh memiliki tekstur yang kenyal dan awet muda.

Baca juga  Info Terbaru Harga Menu Gyu Kaku Japanese BBQ

Diketahui, minyak kedelai mengandung kadar vitamin K yang tinggi. Tentu saja, vitamin K sangat penting untuk tubuh, terutama kesehatan otak. Konon, jika Anda mengonsumsi minyak kedelai secara teratur, Anda bisa mencegah sekaligus menurunkan risiko gejala alzheimer. Ini sangat bermanfaat bagi Anda yang mulai menginjak usia 50-an.

Ilustrasi: Belanja Minyak Kedelai di Supermarket (credit: businessworld.in)
Ilustrasi: Belanja Minyak Kedelai di Supermarket (credit: businessworld.in)

Untuk mendapatkan semua manfaat minyak kedelai di atas, tentunya Anda perlu mengonsumsi minyak ini. Anda bisa mendapatkan produk tersebut di berbagai toko bahan makanan atau supermarket terdekat. Sebelum membeli minyak kedelai, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran bulanan dengan mudah.

Harga Minyak Kedelai

Merk/Jenis Minyak Kedelai Harga (Rp)
Minyak Kedelai Soy Soya 100 ml 14.500
Minyak Kedelai CCO 1 L 0.000
Minyak Kedelai Sania 1 L 6.500
Minyak Kedelai Happy Soya Botol 1 L 4.000
Minyak Kedelai Happy Soya Pouch 1 L 45.000
Minyak Kedelai Mazola 450 ml 52.000
Minyak Kedelai Misoya 2 L 65.000
Minyak Kedelai Golden Bridge 1 L 65.000
Minyak Kedelai Monsta 2 L 82.900
Minyak Kedelai Soy Soya 590 ml 87.000
Minyak Kedelai Chef’s Choice L 91.000
Minyak Kedelai MamaSuka 900 ml 100.000
Minyak Kedelai Mazola 900 ml 105.000
Minyak Kedelai Misoya 5 L 15.000
Minyak Kedelai Happy Soya 5 L 154.000
Minyak Kedelai Mazola ,5 L 244.700
Minyak Kedelai Happy Soya 5 L 1 Dus (isi 4) 605.000
Baca juga  Info Terbaru Daftar Lipstik Harga 10 Ribu Rupiah dan Keuntungan Membelinya

Harga minyak kedelai di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ketahui, harga minyak kedelai tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sehingga, pastikan Anda mengecek harga sebelum membelinya.

[1] Lioe, Hanifah Nuryani, dkk. 2018. Karakteristik Fisikokimia dan Sensori Mayonnaise pada Berbagai Komposisi Asam Lemak dari Penggunaan Minyak Nabati Berbeda. Jurnal Mutu Pangan, Vol. 5(1): 1-9.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.