Harga Terbaru Viostin DS di Indomaret dan Alfamart

Apabila Anda sering atau pernah merasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, kemungkinan Anda menderita nyeri sendi. nyeri tersebut membuat pergerakan dan kualitas hidup penderita menjadi terganggu. Untuk meredakan rasa nyeri yang dialami biasanya penderita mengonsumsi suplemen sendi seperti Viostin DS. Viostin DS begitu mudah Anda temukan di Indomaret maupun Alfamart dengan harga relatif terjangkau.

Ilustrasi: nyeri sendi lutut (sumber: onmypost.com)

Ilustrasi: nyeri sendi lutut (sumber: onmypost.com)

Nyeri pada sendi dapat berlangsung dalam waktu singkat ataupun lama. Tingkat keparahan rasa sakitnya bervariasi, mulai dari ringan, menengah, hingga berat. Untuk mendeteksi bagaimana nyeri sendi itu, mungkin dapat dikenali dari gejala yang ditimbulkan, antara lain merah dan bengkak di daerah sendi, sensasi hangat saat disentuh, dan demam. Apabila Anda mengalami kondisi seperti sendi bengkak secara tiba-tiba, sendi tidak dapat digerakkan, perubahan bentuk pada sendi, dan rasa sakit pada sendi yang tidak dapat ditahan, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Nyeri sendi terjadi bukan tanpa penyebab. Penyebab nyeri sendi antara lain cedera pada bursa, ligamen, tulang rawan, tendon, dan tulang-tulang di sekitar sendi. Berdasarkan jumlah sendi yang terkena, nyeri sendi dikelompokkan menjadi dua, yaitu nyeri pada satu sendi dan nyeri pada beberapa sendi. Nyeri pada satu sendi paling sering terjadi di sendi lutut. 

Penyebab Nyeri Satu Sendi 

  • Chondromalacia patellae atau kerusakan tulang rawan di belakang tempurung lutut.
  • Haemarthrosis atau perdarahan di dalam ruang sendi akibat tempurung lutut retak atau ligamen robek. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sedang menjalani pengobatan dengan warfarin, yaitu salah satu obat golongan antikoagulan.
  • Penyakit asam urat (gout). Penyakit asam urat dapat menyebabkan rasa sakit berulang (kambuhan), serta panas dan kemerahan pada kulit di sekitar sendi yang mengalami peradangan akibat kristal-kristal tajam yang terbentuk dari penumpukan zat asam urat. Jempol kaki adalah sendi yang biasanya terkena pertama kali. Selanjutnya, sendi-sendi lain juga dapat mengalaminya.
  • Pseudogout. Kondisi ini hampir mirip penyakit asam urat, namun kristal-kristal tajam yang terbentuk berasal dari penumpukan kalsium di sekitar sendi. Berbeda dengan gout, pseudogout biasanya menyerang sendi lutut dahulu.
  • Traumatic synovitis atau peradangan pada jaringan yang melapisi sendi dan tendon karena cedera.
  • Penyakit Osgood-Schlatter. Kondisi ini ditandai dengan gejala nyeri dan bengkak pada benjolan tulang yang terletak tepat di bawah tempurung lutut.
  • Patah tulang.
  • Septic arthritis.
  • Dislokasi sendi yang terjadi secara berulang.
  • Kanker.
  • Infeksi.
  • Hemofilia.
  • Avascular necrosis. Kondisi yang ditandai dengan gejala kerusakan tulang akibat kurangnya pasokan darah.

Sementara, macam-macam penyebab terjadinya nyeri di beberapa sendi tubuh sebagai berikut.

Ilustrasi: Nyeri di Persendian (credit: tuscaloosaorthopedics)

Ilustrasi: Nyeri di Persendian (credit: tuscaloosaorthopedics)

Penyebab Nyeri Beberapa Sendi 

  • Osteoarthritis. Osteoarthritis atau pembengkakan jaringan di dalam dan sekitar sendi akibat kerusakan permukaan pelindung tulang. Cedera serius pada sendi, obesitas, dan faktor usia adalah hal-hal yang meningkatkan risiko terkena penyakit ini.
  • Psoriatic arthritis. Psoriatic arthritis menyebabkan sendi nyeri, kaku, bengkak serta meradang, dan ini biasanya dialami oleh satu dari lima orang penderita psoriasis.
  • Rheumatoid arthritis. Gejala sakit pada kondisi ini kerap hilang dan timbul dan menyebabkan penderitanya lelah. Bagian sendi yang mengalami peradangan pada rheumatoid arthritis biasanya sendi jari-jari tangan, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki.
  • Peradangan pada jaringan ikat. Penyakit yang menyerang jaringan ikat, antara lain skleroderma dan lupus.
  • Infeksi virus. Infeksi virus yang dapat menyebabkan radang sendi misalnya rubella dan hepatitis.
  • Arthritis. Beberapa jenis artritis yang jarang terjadi dapat juga menimbulkan nyeri pada beberapa sendi tubuh, misalnya reactive arthritis, juvenile arthritis, dan ankylosing spondylitis.
  • Kanker.
  • Peradangan pada pembuluh darah.
  • Penyakit yang dapat menyebabkan radang pada pembuluh darah, misalnya Henoch-Schonlein purpura dan sindrom Behcet.
  • Sarkoidosis.
  • Penyakit hypertrophic pulmonary osteoarthropathy.
  • Obat-obatan. Obat-obatan yang dapat menyebabkan nyeri sendi antara lain hydralazine, isoniazid, dan kortikosteroid.

Pengobatan pada nyeri sendi dapat dilakukan di rumah, apabila sakitnya masih tergolong ringan. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah istirahat yang cukup, mengompres bagian sendi yang sakit dengan kantong es selama 15-20 menit, dan mengonsumsi obat-obatan pereda nyeri yang dijual bebas di apotik, seperti ibuprofen dan paracetamol.

Selain kedua obat tersebut, Anda mungkin dapat mencoba Viostin DS. Komposisi di dalamnya antara lain glucosamine HCL 500 mg, chondroitin sulfate 400 mg, manganese 0,5mg, Polivinilpirolidon, Talk, Magnesium Stearat, Metholcel Tartrazin CI, dan lainnya. Indikasi Viostin DS antara lain membantu mengatasi kaku dan nyeri pada persendian, osteoarthritis (pengapuran sendi), mengurangi atau menghambat peradangan sendi, dan nutrisi pembentukan tulang rawan sendi.

Ilustrasi: Kandungan Viostin DS (credit: mbizmarket)

Ilustrasi: Viostin DS (credit: mbizmarket)

Suplemen Viostin DS Sempat Dilarang Beredar

Pada 2018 silam, Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah memberikan sanksi tegas terhadap PT Pharos yang terbukti melanggar dalam penjualan produk Viostin DS. Hal tersebut karena ditemukan adanya DNA babi dalam suplemen sendi itu. Akibatnya, produk Viostin DS sempat ditarik dari pasaran.

Sementara itu, produsen Viostin DS, PT Pharos mengklaim bahwa tidak semua produknya mengandung DNA babi. Suplemen berbahan baku chondroitin sulfate yang dipasok dari Spanyol itu hanya tercemar di beberapa nomor produk. Bahkan Director of Corporate Communications PT Pharos Indonesia memastikan bahan baku Viostin DS telah mengantongi sertifikasi dari Halal Certification Service (HCS) Swiss.

Penarikan Viostin DS kemudian dilanjutkan dengan upaya pemusnahan produk oleh . Bahkan, Director of Corporate Communications PT Pharos Indonesia Ida Nurtika memastikan bahan baku yang mereka peroleh telah mengantongi sertifikasi dari Halal Certification Service (HCS) Swiss. Meski begitu, perusahaan berencana mengganti produsen bahan baku dari Brasil guna memastikan kehalalan Viostin DS.

BPOM kemudian melakukan pengawasan lebih ketat terkait produksi suplemen Viostin DS. Saat ini, suplemen Viostin DS telah mengantongi sertifikat Halal MUI. Bahkan, pihak perusahaan mencantumkan label halal pada kemasan, sekaligus promo iklan di media massa untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat kembali terkait produk suplemen ini. 

Viostin DS (sumber: shopback.co.id)

Viostin DS (sumber: shopback.co.id)

Dosis Viostin DS

Dosis dan cara pemakaian produk tersebut, yaitu untuk pencegahan atau pemeliharaan sebaiknya konsumsi 1 x 1 kaplet per hari, sedangkan untuk pengobatan atau perawatan, Anda dapat mengonsumsi 2 hingga 3 x 1 kaplet per hari. Viostin DS baik diminum setelah makan pagi, siang, atau malam. Anda dapat mengonsumsi secara rutin untuk membantu mengatasi rasa sakit pada sendi.

Berbicara mengenai efek samping dari produk tersebut, hingga saat ini belum ada yang melaporkan adanya efek samping dari Viostin DS. Namun, jika Anda masih meragukan khasiat dari produk ini, ada baiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mulai mengonsumsi obat tersebut.

Harga Viostin DS

Kemasan Viostin DSHarga (Rp)
Viostin DS per strip isi 5 tablet25.500
Viostin DS per dus isi 30 kaplet189.000

Viostin DS dapat dibeli dengan mudah di beberapa tempat. Selain apotek seperti K24 atau Century, Anda dapat membeli produk tersebut di Indomaret atau Alfamart. Harga produk tersebut di kedua toko tersebut tidak berbeda jauh. Pada 2019, di Indomaret harga Viostin Suplemen Makanan Viostin DS 5 pcs seharga Rp34.700. Sementara, di Alfamart, Viostin DS 5 pcs dijual beda tipis yaitu Rp34.900.

Sementara itu, pada 2020, harga suplemen sendi Viostin DS mengalami kenaikan harga, baik di Indomaret maupun Alfamart. Di Indomaret, suplemen tersebut naik menjadi Rp35.200, sedangkan di Alfamart ditawarkan dengan harga sama yaitu Rp35.200. Kedua minimarket tersebut juga menjual produk merek Viostin DS per dus isi 30 kaplet dengan harga kisaran Rp253.900.

Awal 2021, rupanya obat Viostin DS justru mengalami penurunan harga. Viostin DS per strip saat ini dijual seharga Rp25.500. Artinya, harga tersebut terbilang turun dari sebelumnya yang berada pada angka Rp35.300. Tak jauh berbeda dengan pembelian per strip, jika Anda membeli Viostin DS 1 dus juga turun harga dari Rp253.900 menjadi Rp189 ribu. Harga tersebut tentunya dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung dari kebijakan penjual yang ada di daerah Anda. 

[: Ditta]

Baca juga  Info Cara Penggunaan dan Harga Strip Kolesterol Nesco
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Harga Terbaru Viostin DS di Indomaret dan Alfamart"