Manfaat dan Harga Porang per Kg di Pasaran

No comment1504 views

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal tanaman porang. Meski bentuknya tak beraturan dan membuat gatal yang menyentuhnya, namun porang menjadi buruan banyak investor Jepang dan China sejak beberapa tahun terakhir. Harga porang di pun beragam.

Petani ubi porang (sumber: hargaporang.blogspot.com)

Petani porang (sumber: hargaporang.blogspot.com)

Porang yang memiliki nama latin Amorphophallus Muelleri Blume ini merupakan jenis tanaman umbi-umbian termasuk keluarga Araceae dan kelas Monokotiledoneae. Hasil tanaman ini berupa umbi yang mengandung glucomannan yang berbentuk tepung.

Glucomannan (glukomanan) sendiri adalah serat alami yang larut dalam air dan diekstrak dari akar ubi gajah, juga dikenal sebagai konjac mannan. Glukomanan merupakan polisakarida larut dalam air yang dianggap sebagai serat . Substansi ini merupakan komponen hemiselulosa di dinding sel dari beberapa spesies tanaman. Glukomanan lazim digunakan sebagai aditif sebagai emulsifier dan pengental.

Tanaman porang merupakan tanaman yang hidup subur pada hutan tropis. Tanaman ini juga dapat tumbuh baik jika ditanam pada dataran rendah. Tanaman porang mudah tumbuh di antara tegakan -pohon hutan, seperti sono dan jati. porang di Pulau Jawa lebih familiar dikenal dengan nama suweg. Tanaman yang satu ini dikategorikan termasuk tanaman semak dengan ciri-ciri tinggi tanaman mencapai 100-250 cm dengan umbi tanaman berada di dalam tanah.

Ciri lain tanaman ini adalah mempunyai batang yang tegak, lunak, serta batang halus dengan warna hijau atau hitam belang-belang dengan totol putih. Batang tanaman porang tunggal memecah menjadi tiga batang sekunder. Kemudian batang tersebut akan memecah lagi dan sekaligus menjadi tangkai daun. Pada tiap-tiap pertemuan batang akan ada tumbuh bintil/katak dengan memiliki ciri berwarna cokelat kehitaman. Bintil inilah yang merupakan alat pengembangbiakan tanaman porang. Tinggi tanaman porang dapat mencapai hingga 1,5 meter dan perkembangannya sangat bergantung pada umur dan kesuburan tanah. Hasil dari tanaman prang yang bisa dimanfaatkan adalah umbinya. Umbi tanaman ini memiliki zat glucomanan.

Baca juga  Update Harga Minyak Apel Jin (Daun 5, Daun 7, Daun 9, Daun 13)

Tanaman jenis ini mempunyai sifat khusus yakni memiliki sifat toleransi yang sangat tinggi terhadap tempat yang teduh. ini hanya membutuhkan cahaya maksimum sekitar 40% saja. Tanaman porang juga dapat tumbuh pada daerah ketinggian 0-700 mdpl. Dengan lingkungan yang paling baik atau lingkungan ideal adalah daerah dengan ketinggian 100-600 mdpl.

Salah satu sentra porang ada di Desa Klangon, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Hasil komoditas yang dibudidayakan di bawah tegakan kayu jati wilayah KPH Saradan itu telah diekspor untuk bahan kosmetik, mie, lem, agar-agar, dan sebagainya.

Komoditas porang diekspor ke beberapa negara terutama Jepang dan Tiongkok. Karena nilai ekonomisnya yang tinggi, warga desa setempat tertarik mengembangkan porang. Saat ini sekitar 400 hektare lahan di kawasan hutan jati dijadikan kebun porang. Para pembudidaya itu tergabung Lembaga Masyarakat Desa Hutan. Selain mendapat penghasilan dari pemanfaatan hutan, pembudidaya juga turut menjaga tegakan kayu jati milik negara.

Baca juga  Info Terbaru Harga Triplek Plywood 2mm di Pasaran

Porang yang berbentuk bulat tak beraturan itu diiris tipis dan dikeringkan. Kemudian bisa diolah menjadi tepung sebagai bahan makanan.

Manfaat Porang

Salah satu proses pengolahan ubi porang (sumber: Antarafoto)

Salah satu proses pengolahan ubi porang (sumber: Antarafoto)

  • Porang menjadi buruan para investor bukan tanpa alasan. Karena tanaman yang satu ini diketahui memiliki banyak manfaat. Sejumlah manfaat tersebut di antaranya:
  • Sebagai bahan lem yang ramah lingkungan.
  • Campuran pada pembuatan kertas agar kuat dan lemas.
  • Pengganti media tumbuh mikroba.
  • Glucomannan pada tanaman porang yang berbentuk gel dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel silicon yang sangat baik sebagai isolator listrik.
  • Bahan campuran pembuatan komponen pesawat terbang dan parasut.
  • Di Jepang, bahan makanan ini banyak disukai untuk mie shiratake atau konyaku.
  • Sebagai penjernih air
  • Pengikat formulasi tablet.
  • Sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah/tidak cepat meleleh.
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengosongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes.
  • Porang merupakan serat yang secara alami dapat larut dalam air dan tembus cahaya serta bersifat seperti agar-agar dan tidak berbau sehingga dapat digunakan sebagai pengganti agar-agar.
  • Mengandung A dan B lebih tinggi dari kentang.
  • Kandungan karbohidratnya lebih dari 80 persen.
  • Bahan campuran pembuatan pengkilap kain, perekat kertas, cat, kain katun dan wol, dan bahan imitasi yang memiliki sifat lebih baik dari milum serta harganya lebih murah.
  • Pengganti gelatin sebagai bahan pembuat negatif film, isolator, dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa. Sehingga dapat sebagai pengganti selulosa dalam film.
  • Larutan mannan jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat bahan kedap air.
  • Mannan juga dipergunakan untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian-bagian keloid yang terapung dalam industri bir, gula, minyak dan serat.
  • Porang dipakai industri tekstil dipakai sebagai pengganti kanji sehingga kain katun, linen, wol dan kain-kain dari bahan imitasi lebih mengkilap.
Baca juga  Info Terbaru Harga Buah Delima per Kg di Pasaran

Harga Porang di Pasaran

Semenjak dibudidayakan petani dari tahun 1970-an, porang menjadi komoditas tanaman yang menjanjikan bagi petani setempat. Harga porang iris kering yang terus melonjak dari tahun ke tahun menjadikan banyak petani yang banting stir menanam porang. Harga porang basah bisa mencapai Rp 4.000 per kilogram. Sementara porang iris kering bisa mencapai Rp 35.000 per kilogram. Selain itu, harga tepung porang mencapai Rp 42 ribu per kilo.

Meski bernilai ekonomi tinggi, porang masih belum dikelola secara serius. Potensi porang dalam bentuk umbi yang dihasilkan oleh hutan-hutan di Jawa Timur baru sekitar 3.000 – 5.000 ton umbi basah dan dengan rendemen 20 persen. Karena itu produksi chip masih sekitar 600 Kg – 1.000 ton chip. Dikarenakan kebutuhan industri sedemikian besar, perluasan tanaman porang sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan industri sekitar 3.400 ton chip.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Manfaat dan Harga Porang per Kg di Pasaran"