Syarat Ketentuan dan Update Biaya Administrasi Tabungan Mapan CIMB Niaga

Menabung adalah tindakan menyisihkan sebagian uang untuk memenuhi kebutuhan kita di masa mendatang. Istilah menabung identik dengan celengan, tetapi seiring perkembangan zaman, menabung mulai berubah, yaitu di bank. Ada banyak tabungan yang sudah ditawarkan, salah satunya Tabungan Mapan. Tabungan tersebut konon memiliki biaya administrasi relatif terjangkau dan punya banyak manfaat.

Kantor bank CIMB Niaga (sumber: liputan6)
Kantor bank CIMB Niaga (sumber: liputan6)

Tabungan Mapan merupakan sebuah produk tabungan berjangka yang dirilis oleh CIMB Niaga. Produk tabungan ini dijalankan dengan sistem setoran rutin setiap bulannya. Melalui Tabungan Mapan, Anda dapat merancang kebutuhan anggaran masa depan dengan mudah dan lebih fleksibel.

Bacaan Lainnya

Bunga yang ditawarkan di atas tabungan biasa dan di bawah bunga deposito. Tak hanya itu, CIMB Niaga juga akan memberikan asuransi perlindungan gratis dengan manfaat asuransi hingga Rp1,5 miliar serta berbagai hadiah menarik pada nasabah yang bergabung menggunakan produk Tabungan Mapan. Berikut adalah berbagai manfaat yang akan didapatkan nasabah dari Tabungan Mapan CIMB Niaga.

Manfaat Tabungan Mapan CIMB Niaga

  • Fleksibel. Bebas menentukan jumlah setoran rutin bulanan (minimal Rp100.000 per bulan untuk Tabungan Mapan Reguler, tidak berlaku program Tabungan Mapan Hadiah) dan jangka waktu tabungan (minimal 6 bulan).
  • Menguntungkan. Dapatkan suku bunga menarik pada hasil pengembalian dan tabungan.
  • Praktis. Otomatis autodebet bulanan dan pencarian pada masa jatuh tempo langsung ke rekening sumber dana.
  • Mudah dan nyaman. Nasabah akan menerima laporan mutasi per tiga bulan, atau melalui Phone Banking 14041, Go Mobile, dan CIMB clicks.
  • Aman. Nasabah akan mendapatkan asuransi perlindungan jiwa gratis tanpa pemeriksaan kesehatan, serta bebas biaya premi asuransi (untuk usia nasabah minimal 18 tahun hingga maksimal 65 tahun, terhitung saat jatuh tempo).
  • Nilai pertanggungan asuransi meninggal dengan penyebab sakit tidak akan diberikan pada tahun pertama dan kedua. Pada tahun ketiga, asuransi akan diberikan dengan dana maksimum Rp750 juta per tertanggung.
  • Nilai pertanggungan asuransi akan diberikan sebanyak 200% dari prakiraan saldo akhir jika nasabah mengalami kecelakaan dan meninggal dunia, dengan dana maksimum Rp1,5 miliar per tertanggung.

Biaya Tabungan Mapan CIMB Niaga

KeteranganBiaya
Biaya Menunggak (Gagal Auto Debet)Rp2.500 per bulan setelah 2x gagal debet
Biaya AdministrasiRp5.000 per bulan (dikenakan mulai bulan ke-6, terhitung sejak pembukaan rekening
Setoran Rutin BulananMinimal Rp100.000
Penutupan RekeningRp50.000

Informasi biaya Tabungan Mapan CIMB Niaga di atas kami rangkum dari situs resminya. Sebagai perbandingan, tahun lalu, biaya menunggak (gagal auto debet) dikenakan sebesar Rp2.500 per tunggakan dan biaya administrasi bulanan sebesar Rp5.000 yang dikenakan mulai bulan ke-3, terhitung sejak pembukaan rekening. Perlu diingat, besaran biaya tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, sesuai kebijakan CIMB Niaga.

Ilustrasi: Tarik Tunai CIMB Niaga di Luar Negeri (credit: javamilk)
Ilustrasi: kartu ATM CIMB Niaga (credit: javamilk)

Syarat Tabungan Mapan CIMB Niaga

  • Minimal usia 18 tahun maksimal 60 tahun.
  • Membawa fotocopy identitas (KTP/SIM/Paspor).
  • Mengisi formulir pembukaan rekening dan formulir syarat dan ketentuan Tabungan Mapan CIMB Niaga.
  • Pastikan Anda telah memiliki akun rekening di CIMB Niaga (CIMB Niaga Xtra/Tabungan iB Xtra/CIMB Preferred Account/CIMB Niaga Private Banking Account/Giro Perorangan/Giro iB Perorangan/CIMB Niaga AirAsia Savers/CIMB Niaga Hypermart Savers/TabunganKu/Tabungan Ku iB) yang akan digunakan sebagai rekening sumber dana. Jika belum, Anda terlebih dahulu harus membuka rekening tabungan di CIMB Niaga.
  • Membayar biaya setoran pertama minimum Rp100.000 per bulan, berlaku untuk Mapan Reguler, dan tidak berlaku untuk Mapan Hadiah.

Seperti namanya, Tabungan Mapan merupakan tabungan berjangka untuk mewujudkan rencana masa depan dengan sistem setoran rutin bulanan. Jenis tabungan yang cocok untuk Anda yang memiliki rencana untuk liburan, membeli keperluan seperti gadget, motor, ataupun persiapan dana nikah.

Jika memilih Tabungan Mapan adalah Anda wajib menabung setiap bulan, yang dananya diambil dari rekening induk. Dana akan didebet secara otomatis sesuai tanggal pendebetan yang kita pilih. Sifat tabungan ini memaksa, jadi mau tidak mau, Anda harus menabung setiap bulan. Apabila Anda memiliki dana lebih dan ingin menambah saldo Tabungan Mapan di luar tanggal pendebetan, Anda bisa mentransfer dari rekening induk ke rekening Tabungan Mapan.

Ketika tiba waktu pendebetan di rekening induk tetapi tidak ada dana, akan dipotong secara otomatis setelah Anda mengisi uang di rekening induk, dan dikenakan biaya tunggakan Rp2.500. Hal terpenting dalam Tabungan Mapan ini adalah Anda tidak bisa sesuka hati mengambil dana yang telah ditabung. Dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai waktu yang kita tentukan (jatuh tempo). Hal ini baik untuk pola menabung secara disiplin.

Tabungan Mapan CIMB Niaga sama dengan produk tabungan berjangka di bank lain, akan tetapi kelebihannya adalah kita dapat memilih membuka Tabungan Mapan Waktu dan Mapan Dana. Mapan Waktu berarti berpatokan pada waktu. Dana bisa cair apabila sudah jatuh tempo pada tanggal yang telah disepakati di awal pembukaan rekening. Sementara, Mapan Dana adalah dana tersebut akan cair apabila sudah mencapai jumlah target yang telah disepakati di awal pembukaan rekening.

Anda bebas menyetorkan dana berapa saja dan kapan saja, sampai target dana tercapai dan tidak dibatasi dengan waktu. Misal, Anda punya target dana Rp5.000.000, setiap bulan menabung Rp200.000. Baru sampai iuran bulan ke-5, Anda mendapat uang tambahan Rp4.000.000, lalu uang tersebut Anda transfer ke rekening Tabungan Mapan Anda, maka otomatis target dana sudah terpenuhi dan dana bisa langsung cair ke rekening induk Anda.

Selain Tabungan Mapan CIMB Niaga, Anda pun bisa mencoba produk lainnya, yakni Deposito CIMB Niaga yang menawarkan sejumlah keuntungan meliputi suku bunga yang cukup kompetitif, dapat dijadikan jaminan untuk pengajuan pinjaman, tersedia fitur Automatic Roll Over (ARO) yang memungkinkan jangka waktu diperpanjang secara otomatis, serta pencairan dana dapat dikirim langsung ke rekening nasabah. Untuk info lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi outlet Bank CIMB Niaga terdekat.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *