Berapa Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Terbaru di Jepang Saat Ini?

Melanjutkan kuliah ke luar negeri masih menjadi impian bagi sebagian . Selain masalah prestise, gelar internasional yang ditawarkan perguruan tinggi di luar negeri juga menjadi daya tarik bagi pelajar untuk menimba ilmu di negeri orang.

biaya, kuliah, dan hidup, di, jepang, terbaru, tergantung, universitas, negeri, swasta, lokal, mulai, per, bulan, paruh, waktu, mahasiswa, asing, jam, fakultas, sewa, tempat, tinggal, makan, transportasi

Mahasiswa menerima pelajaran dari profesor

Masyarakat Indonesia kebanyakan memang menetapkan pilihan Australia, Amerika Serikat, dan Benua Eropa sebagai destinasi untuk melanjutkan . Namun, ada juga yang memilih untuk melanjutkan di kawasan Asia, salah satunya di Jepang.

Ada beberapa alasan mengapa banyak pelajar Indonesia yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke Negeri Sakura. Selain budaya Jepang yang menarik, negara ini juga dikenal sebagai salah satu negara paling maju di dunia. Di samping itu, alasan lainnya adalah karena biaya kuliah di Jepang lebih terjangkau jika dibanding kuliah di Eropa atau Amerika Serikat.

Memang, biaya kuliah atau di Jepang bervariasi, tergantung masing-masing universitas atau perguruan tinggi yang bersangkutan. Setiap mahasiswa yang belajar di Jepang, ketika ingin kuliah, maka akan membayar biaya , rata-rata biayanya sekitar ¥ 30.000 (Rp 3,8 jutaan). Selain itu, perlu juga menyiapkan biaya transportasi/penginapan selama mengikuti ujian masuk, biaya ujian/transportasi untuk Tes Izin Masuk Universitas Jepang (EJU: Examination for Japanese University Admission for International Students)/TOEFL, biaya /, dan biaya belajar.

Untuk biaya kuliah, di sekolah//universitas negeri merupakan tempat yang biayanya paling murah, dan setiap keahlian/prodi/fakultas, biayanya hampir sama nominalnya. Biaya universitas pemerintah daerah sedikit lebih tinggi daripada biaya negeri.

Sementara itu, untuk biaya kuliah di universitas swasta, berbeda antara universitas satu dengan lainnya. Dan, meskipun universitasnya sama, setiap fakultas biayanya berlainan. Misalnya, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi sekitar 1,4 kali lipat dibanding universitas negeri, Fakultas Kesenian sekitar 2,3 kali lipat, dan Fakultas Kedokteran Gigi sekitar 6,2 kali lipat (angka ini paling besar).

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jepang - www.belajardijepang.co.id

Biaya Kuliah dan Biaya Hidup di Jepang - www.belajardijepang.co.id

Untuk universitas negeri, kisaran biaya kuliahnya sekitar ¥817.800 (Rp 104 jutaan), universitas lokal ¥ 935.589 (Rp 119 jutaan), universitas swasta bervariasi mulai dari ¥1.122.074 (Rp 143 jutaan).

Sedangkan, biaya hidup di Jepang, setidaknya terdiri dari biaya sewa sekitar ¥40.000 (Rp 5 jutaan). Biaya sewa ini bisa bervariasi nominalnya, dan bisa lebih murah jika Anda tinggal bersama (sharing). Kemudian, biaya makan sekitar ¥20.000 (Rp 2,5 jutaan), transportasi ¥20.000 (Rp 2,5 jutaan), dan biaya lain-lain sekitar ¥10.000 (Rp 1,2 jutaan). Apabila ditotal, biaya hidup per bulan sekitar ¥90.000 (Rp 11 jutaan). Biaya ini bisa saja berbeda setiap orang.

Di Jepang, mahasiswa bisa bekerja paruh waktu atau disebut dengan arubaito atau baito. asing diperbolehkan bekerja selama 4 jam per hari. Pendapatannya dihitung per jam. Misalnya, gaji per jam ¥850 (Rp 108 ribuan), waktu kerja sebulan penuh (30 hari), maka 4 jam x 30 hari x ¥850 = ¥102.000 (Rp 13 jutaan).

[Nurina Thirafi]

Baca juga  Update Info Rincian Lengkap Biaya Sekolah BPK Penabur
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Terbaru di Jepang Saat Ini?"