Update Biaya Operasi Hernia di Beberapa Rumah Sakit di Indonesia

Hernia, atau yang biasanya banyak disebut dengan istilah turun berok, merupakan akibat turunnya zakar karena melemahnya lapisan otot pada dinding perut. hernia biasanya banyak diderita oleh kaum laki, terutama anak-anak. Penyakit ini biasanya kerap terjadi di daerah perut dengan isi yang keluar berupa bagian atau organ-organ lainnya.

Hernia berasal dari Bahasa Latin, herniae, artinya penonjolan isi suatu rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah pada dinding rongga tersebut. Dinding rongga yang lemah itu membentuk kantong dengan pintu berupa cincin. Gangguan ini sering terjadi di perut dengan isi yang keluar berupa bagian usus.[1]

Ilustrasi: Letak Hernia Pada Laki-Laki (credit: lanermc.org)

Ilustrasi: Letak Hernia Pada Laki-Laki (credit: lanermc.org)

Sekitar 75% hernia terjadi di sekitar lipat paha, berupa hernia inguinal direk, indirek serta hernia femoralis; hernia insisional 10%, hernia ventralis 10%, hernia umbilikus 3% dan hernia lainnya sekitar 3%. Pada hernia inguinalis lebih sering pada laki-laki daripada perempuan.

risiko timbulnya hernia inguinalis adalah usia tua, jenis kelamin laki-laki, pekerjaan fisik yang menimbulkan peningkatan tekanan intraabdomen yang dilakukan terus-menerus, batuk kronis, dan obesitas.[2]

Hernia yang dialami oleh anak-anak umumnya disebabkan kurang sempurnanya procesus vaginalis dalam menutup testis. Sementara, pada orang dewasa, hernia terjadi karena terjadinya tekanan tinggi dalam rongga perut dan bisa juga disebabkan oleh faktor usia yang membuat otot dinding perut melemah.

Baca juga  Update Komposisi, Kegunaan, dan Harga Suplemen Sendi Welmove (Indomaret & Alfamart)

Ciri atau gejala dari penyakit hernia antara lain dapat ditandai lewat detak jantung yang lebih cepat, terdapat tonjolan di daerah tubuh tertentu, merasakan nyeri saat berjalan, mual, muntah, kesemutan, hingga merasa pangkal paha seperti sedang ditekan. Terdapat sejumlah faktor yang diperkirakan menjadi pemicu atau penyebab seseorang mengalami hernia, antara lain konstipasi, kehamilan, kenaikan berat badan secara tiba-tiba, penumpukan cairan dalam rongga perut, mengangkat beban terlalu berat, obesitas, dan batuk berkepanjangan.

Jenis dari sakit hernia sendiri ada banyak sekali, mulai dari yang tarafnya ringan, sedang, hingga berat. Namun, tak peduli tarafnya masih ringan, hernia tetap harus segera menjalani penanganan berupa operasi. Pasalnya, jika tidak segera dioperasi, hernia dikhawatirkan dapat menekan pembuluh darah, saraf, atau jaringan lain yang mengakibatkan terganggunya organ tertentu.

Operasi untuk penyakit hernia sendiri secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pembedahan terbuka dan operasi laparoskopi. Di Indonesia sendiri, prosedur yang paling umum dilakukan untuk menyembuhkan gangguan ini adalah melalui pembedahan terbuka, dengan cara menyayat daerah selangkangan.

Sementara itu, operasi laparoskopi adalah mengisi perut dengan udara untuk mempermudah pengamatan organ-organ perut oleh dokter. Semacam pipa kecil dan berlampu dimasukkan ke sebuah lubang kecil yang dibuat tepat di bawah pusar. Pipa inilah yang dinamakan laparoskop. Sebelumnya, pasien harus diberikan bius total untuk membuat mereka tertidur dan menghindari rasa sakit.

Ilustrasi: prosedur operasi hernia

Ilustrasi: prosedur operasi hernia

Lalu, berapa total biaya yang diperlukan untuk melakukan operasi hernia? Di Indonesia, operasi hernia memang relatif mahal. Umumnya, operasi penyakit ini membutuhkan biaya di kisaran Rp5 jutaan hingga Rp7 jutaan untuk hernia yang masih dalam tingkat ringan atau sedang. Sementara, untuk hernia yang sudah parah, biaya operasi bisa mencapai angka Rp16 juta hingga Rp24 jutaan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Vipalbumin Kemasan Sachet

Menurut beberapa bocoran di berbagai situs pada tahun 2020, biaya operasi hernia di RS Pasar Rebo Jakarta Timur berkisar Rp6 jutaan hingga lebih, belum termasuk biaya inap, ruangan, dan lain-lain. Sementara, biaya operasi hernia di RS Umum daerah Cengkareng sekitar Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan (tergantung kelas yang ditempati pasien), dan biaya operasi di RS Hermina Jakarta mulai Rp8 jutaan. Kisaran biaya operasi hernia di beberapa tempat tersebut masih relatif stabil dan belum mengalami banyak perubahan dari tahun 2019 lalu.

Sedangkan menurut informasi tahun 2020, di RS Premier Jatinegara operasi hernia berkisar mulai Rp16 jutaan, kemudian di Mayapada Hospital Jakarta Selatan mulai Rp18 jutaan, RS St. Carolus Salemba mulai Rp11,5 jutaan, dan di Rumah Sakit Sumber Waras Jakarta Barat mulai Rp13,6 jutaan. Biaya operasi hernia di setiap rumah sakit dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Berikut kisaran biaya operasi hernia pada 2021.

Baca juga  Update Info Manfaat & Harga Salep 88 untuk Mengobati Panu

Biaya Operasi Hernia

Lokasi Rumah SakitBiaya Mulai dari (Rp)
RSU Royal Prima Medan4.464.900
RSU Bhakti Rahayu Surabaya6.000.000
RS Citra Medika Lamongan5.860.500
Ciputra Hospital Citra Garden City Jakarta8.680.000
RS Royal Progress9.020.000
SamMarie Wijaya Jakarta12.000.000
RSU YARSI12.500.000
RS Bedah Hasta Husada Malang15.600.000
Siloam Hospitals Lippo Village20.000.000
RS Premier Surabaya46.000.000

Selain menggunakan dana pribadi, operasi hernia atau turun berok kabarnya juga termasuk tindakan yang ditanggung sepenuhnya (dicover) oleh BPJS Kesehatan. Bagi Anda para peserta BPJS Kesehatan bisa menggunakan fasilitas operasi hernia gratis asalkan dilakukan sesuai dengan prosedur. Pertama-tama, Anda harus konsultasi terlebih dahulu ke Faskes Tingkat I. Kemudian harus ada surat rujukan dulu, baru Anda bisa ke rumah sakit yang ditunjuk.

[: Dian]

[1] Aisyah, S dkk. 2016. Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Penyakit Hernia Inguinal Pada Laki-Laki Di Rumah Sakit Umum Dr. Soedarso Pontianak. Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan. 3(2): 1-7.

[2] Amrizal. 2015. Hernia Inguinalis: Tinjauan Pustaka. Syifa Medika. 6(1): 1-12.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Operasi Hernia di Beberapa Rumah Sakit di Indonesia"