Update Biaya Tune-Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi

Layaknya lainnya, juga harus diperiksa secara rutin untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan kesayangan. Beberapa yang sering dilakukan untuk kendaraan roda empat ini di antaranya overhaul, spooring-balancing, hingga kenteng magic. Tune-up sendiri bertujuan untuk mengembalikan performa agar sesuai dengan standar ketika pertama kali dikeluarkan oleh pabrikan.

Jika Anda memiliki keahlian dalam urusan mesin mobil, Anda bisa melakukan tune-up mobil Anda secara mandiri di rumah. Komponen pertama yang harus mendapatkan adalah saringan angin. Pasalnya, saringan angin merupakan komponen mesin yang paling dingin dibanding komponen lain setelah mesin dihidupkan. Selain itu, saringan angin juga berdampak pada komponen lain apabila diservis paling akhir.

Tune-Up Mobil - sullams.blogspot.com

Tune-Up Mobil - sullams.blogspot.com

Setelah itu, sasaran berikutnya adalah platina. Komponen ini terdapat di dalam distributor. Platina perlu dicek atau mungkin saja diservis terlebih dahulu sebelum menyetel sektor pengapian dan putaran stasioner. Jika platina disetel setelah penyetelan saat pengapian dan putaran stasioner, maka akan terjadi pengulangan kerja.

Setelah perbaikan platina selesai, manfaatkan platina dengan benar. Perhatikan kabel yang bisa menyebabkan hubungan singkat dengan bodi mesin. Hubungan singkat dengan bodi mesin dapat menimbulkan loncatan bunga api pada busi. Setelah platina diservis, periksa kondisi tutup distributor beserta kabel-kabelnya untuk efisiensi kerja.

Komponen selanjutnya yang diperiksa adalah kabel busi. Kabel busi harus diperiksa atau diservis terlebih dahulu daripada busi, karena kabel busi merupakan pengantar untuk lewatnya arus tegangan tinggi ke busi. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel busi. Lalu, berturut-turut Anda bisa memeriksa tutup distributor, aki, busi, celah katup, PCV (positive crank case ventilation), pengapian, idle, dan tali kipas.

Tune-Up Mobil

Namun, jika tidak bisa melakukan service secara mandiri atau tidak mahir dalam bidang otomotif, bengkel umum bisa menjadi alternatif bagi mobil yang ingin melakukan tune-up mobil. Sebab, biasanya biaya perawatan berkala tanpa melakukan pergantian komponen di bengkel umum ini lebih murah dibandingkan di bengkel .

Sebagai referensi, Bengkel Exclusive Auto Garage yang berlokasi di kawasan Jakarta Selatan misalnya, mematok biaya tune-up mobil premium dengan mulai Rp1,5 jutaan. Di samping itu, bengkel ini juga menerima tune-up mobil-mobil biasa dengan biaya yang lebih murah, yakni berkisar Rp1 jutaan. Di momen-momen tertentu, seperti Lebaran, bengkel ini juga tidak jarang memberikan potongan atau diskon.

Sementara itu, Von’s Jaya Motor yang berlokasi di kawasan Pasar Mobil Kemayoran, malah mematok biaya yang lebih terjangkau. Biaya tune-up di bengkel ini mulai Rp500 ribuan per mobil, tetapi belum termasuk penggantian komponen jika ada yang rusak. Biasanya, tune-up di bengkel ini juga dibarengi dengan penggantian oli.

Biaya Tune-Up Mobil - www.autotechwestislip.com

Biaya Tune-Up Mobil - www.autotechwestislip.com

Nah, jika kebetulan mobil yang Anda punyai adalah Honda Stream keluaran lawas, Bengkel Mobilku di Warung Buncit, Jakarta Selatan melayani tune-up spesialis mobil keluaran Honda. Biaya yang diperlukan sangat terjangkau, mulai Rp225 ribuan untuk semua tipe Honda Stream, baik 1.700cc maupun 2.000cc. Paket yang ditawarkan adalah membersihkan injector, busi, dan saringan bensin, dengan biaya ganti oli berkisar Rp350 ribuan.

Jika Anda kebetulan memiliki mobil Toyota Agya, ada beberapa perawatan berkala yang mesti dilakukan. Perawatan pertama setelah melewati kilometer 50.000, menyangkut pemeriksaan air conditioner, drive belt, suspensi, baterai, dan lainnya, dengan penggantian oli mesin, filter oli, dan lainnya. Perawatan ini membutuhkan biaya sekitar Rp399 ribu sampai Rp500 ribuan di bengkel resmi Auto2000.

Selanjutnya, bila melakukan servis berkala pada 70.000 km, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp367.000 untuk dan Rp366.000 untuk komponen. Servis berkala pada 80.000 km, biaya perbaikan mencapai Rp559.000 untuk serta Rp974.000 untuk komponen. Sementara, servis pada 100.000 km, estimasi biaya mencapai Rp399.000 untuk serta Rp447.000 untuk komponen.

(Panca)

Baca juga  Update Tarif Cargo Sriwijaya Air ke Berbagai Kota di Indonesia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Tune-Up Mobil di Bengkel Umum dan Bengkel Resmi"