Info Terbaru Harga Minyak Kemiri di Alfamart & Indomaret

Ada banyak bahan alam yang diklaim baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Salah satu bahan alam tersebut adalah minyak , yang dikatakan bisa menyuburkan rambut dan merawat kesehatan kulit kepala. Minyak kemiri sendiri bisa Anda beli di apotek maupun minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga yang cukup terjangkau.

Dilansir IDN Times, kemiri adalah tanaman tropis dan bisa ditemukan di berbagai belahan dunia beriklim tropis. Di tempat-tempat tersebut, minyak kemiri telah digunakan sejak lama sebagai penyubur rambut. Misalnya saja orang Hawaii, yang lebih mengenalnya dengan nama kukui. Mereka telah menggunakan minyak kukui untuk perawatan kulit dan pelembap alami, sejak mereka tahu kacang kukui bisa diambil ekstrak-nya dengan memanggangnya.

Ilustrasi: Kemiri (credit: eraorganics)

Ilustrasi: Kemiri (credit: eraorganics)

Sebelum digunakan untuk rambut, orang Hawaii, dan juga nenek moyang kita di Indonesia, menggunakan minyak kemiri sebagai bahan untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat. Selain itu, minyak kemiri juga difungsikan untuk melindungi kulit dari angin kering dan air asin, mengingat keduanya hidup sebagian besar dari hasil melaut. Penggunaan minyak ini memang sempat terlupakan, namun kembali booming di era modern.

Kemiri merupakan tumbuhan berpohon tinggi. Biasanya pohon ini tumbuh subur di daerah yang beriklim sedang. Pohon kemiri menghasilkan buah yang banyak, biji buahnya dapat diolah menjadi minyak yang sering disebut dengan minyak kemiri. Kemiri selain digunakan sebagai bumbu masak juga bermanfaat sebagai obat menghitamkan rambut, obat koreng, atau kudis.[1]

Menurut Alodokter.com, perkebunan pohon kemiri dewasa umumnya digunakan untuk memasok industri minyak kemiri. Tiap pohon akan memproduksi setidaknya 30 kg sampai 80 kilogram kemiri yang dapat menghasilkan minyak dengan volume 15 persen sampai 20 persen dari berat kacang kemiri tersebut.

Jika belum diolah, kemiri mentah dapat mengandung saponin dan phorbol yang agak beracun. Namun di lain sisi, minyak kemiri sendiri umumnya tidak menyebabkan iritasi, bahkan jika mengenai mata. Minyak dihasilkan dari ekstrak biji kemiri. Minyak yang berwarna kuning cerah ini kini dijual bebas dalam botol dan dapat tahan disimpan dalam suhu ruang hingga 6-8 bulan.

Baca juga  Info Harga Cup Feeder Berbagai Merek untuk Bayi Baru Lahir

Di dalam bidang industri, setelah modifikasi, minyak kemiri dapat digunakan sebagai bahan bakar diesel. Pada pabrik pengolahan kayu, minyak kemiri juga dapat berperan sebagai vernis atau pengawet kayu, campuran cat, tahan air, bahan penghambat panas, hingga pengganti karet. Sementara, bagi warga Hawai, manfaat minyak kemiri adalah sebagai bahan bakar lampu minyak yang disebut hele po kukui, sumbunya terbuat dari kain tapa.

Kandungan Minyak Kemiri

  • Asam oleic (15 persen), yaitu asam lemak yang secara alami terdapat pada binatang dan tumbuhan. Asam oleic adalah komponen utama bahan emulsi dalam sabun, pelunak, dan juga pelarut dalam produk aerosol. Asam oleat merupakan lemak tidak jenuh rantai tunggal yang dikaitkan dengan kemampuan untuk mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Asam linoleic (40 persen), yaitu asam lemak tak jenuh omega 6 yang banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan karena dipercaya bersifat anti-radang, melembapkan, dan mengurangi risiko timbulnya jerawat.
  • Asam linolenic (kurang dari 30 persen), yaitu salah satu asam lemak omega 3 yang diperlukan tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan.

Dunia medis mencoba membuktikan kegunaan kemiri maupun minyak kemiri, antara lain pada penyakit asma, diare, konstipasi, serta botak. Namun, penelitian-penelitian tersebut masih sangat sedikit sehingga belum bisa menjadi patokan untuk digunakan pada manusia. Hingga saat ini, kemiri ataupun minyak kemiri masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya pada manusia untuk mengobati penyakit-penyakit tersebut.

Manfaat Minyak Kemiri

Ilustrasi: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut (credit: travel.earth)

Ilustrasi: Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut (credit: travel.earth)

Meski belum ditemukan studi yang cukup tentang manfaat minyak kemiri untuk mengobati berbagai penyakit, namun bahan ini telah lama diyakini memiliki kegunaan untuk menyuburkan rambut dan merawat kesehatan kulit kepala. Cocok untuk semua warna dan jenis rambut, minyak kemiri juga diklaim mampu mencerahkan dan mengintensifkan warna rambut lho. Dengan catatan, minyak kemiri makin berfungsi maksimal, jika semakin tinggi tingkat kemurniannya.

Baca juga  Update Harga Aluminium Foil Atap (Roll dan per Meter)

Minyak kemiri memiliki kandungan asam esensial yang sangat tinggi, bagus untuk membangun jaringan kulit dan rambut yang sehat. Linoleat dan linolenat di dalamnya, yang sangat bagus untuk rambut, dikatakan lebih tinggi dibandingkan kebanyakan minyak perawatan rambut populer lainnya. Berat molekulnya yang sangat rendah dibandingkan minyak lain memungkinkan minyak kemiri untuk menembus poros rambut sampai bagian terdalam. Kelebihan itu tidak ditemukan pada minyak perawatan rambut populer lainnya.

Jika kita memiliki rambut tipis atau botak, cocok sekali menggunakan minyak kemiri. Bahkan minyak kemiri aman bagi bayi. Cara mengaplikasikannya mudah. Kita tinggal mengoleskan secara merata pada kulit kepala dan mendiamkannya selama 15-30 menit. Pijat-pijat dengan ringan. Cuci rambut dengan sampo yang sesuai dengan tipe rambut.

Minyak kemiri banyak beredar di pasar sehingga praktis, dan bisa langsung dipakai. Namun pilihlah yang bermutu bagus. Sebaiknya hindari minyak yang sudah bercampur dengan komposisi lain, seperti pewangi dan minyak bumi (mineral oil). Pilihlah minyak kemiri murni 100 persen.[2]

Saat ini, tidak sulit menemukan minyak kemiri. Pasalnya, sudah banyak yang merilis berbagai merek minyak kemiri di pasaran. Beberapa merek yang cukup populer adalah Al Khodry, Moelia, Roodhen, Supa, Sanbul Eileen, dan lain-lain. Harga minyak kemiri sendiri bervariasi, tergantung merek yang bersangkutan dan isi kemasan minyak kemiri.Lorong minimarket (sumber: woke.id)

Lorong minimarket (sumber: woke.id)

Harga Minyak Kemiri di Alfamart dan Indomaret

Merek Minyak KemiriHarga (Rp)
Al Khodry Cream Minyak Kemiri30.000
Al Khodry Minyak Kemiri Cair40.000
Kukui Minyak Kemiri with Argan Oil 100 ml52.500
Kukui Minyak Kemiri Hair Treatment 100 ml56.000
Kukui Minyak Kemiri Penyubur Rambut 100 ml79.000 – 80.000
Baca juga  Manfaat, Varian dan Update Harga Moisturizer Sariayu

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, harga minyak kemiri di Alfamart saat ini tidak mengalami perubahan yang berarti, khususnya untuk Al-Khodry minyak kemiri cair dan krim. Sayangnya, untuk produk minyak kemiri Kukui tampaknya sementara ini sedang kosong. Sedangkan di Indomaret sejauh ini masih belum menjual produk minyak kemiri.

Selain di minimarket, Anda pun bisa membeli minyak kemiri di berbagai situs jual beli online dalam . Berikut kami sajikan informasi terbaru harga minyak kemiri di berbagai situs e-commerce Tanah Air.

Ilustrasi: Harga Minyak Kemiri (credit: harmacca.shop)

Ilustrasi: Harga Minyak Kemiri (credit: harmacca.shop)

Harga Minyak Kemiri di Online Shop

Merek Minyak KemiriHarga Sebelumnya (Rp)Harga Sekarang (Rp)
Happy KemiriKu Minyak Rambut 100 ml11.5009.500
Al Khodry Minyak Kemiri 125 ml20.00017.900
Al Khodry Cream Minyak Kemiri18.00018.500
Fora Minyak Kemiri 65 ml23.0007.500
Al Khodry Minyak Kemiri 125 ml25.00014.900
Orange Collection Minyak Kemiri37.00037.000
Kukui Minyak Kemiri 100 ml46.407 - 237.61535.000 – 45.000
Happy Green Minyak Kemiri 100 ml41.00099.000
Gogofield Minyak Kemiri 100 ml45.00045.000
Supa Minyak Kemiri 100 ml35.00033.000
BMKS Minyak Kemiri 100 ml52.50019.000
Healthylife Minyak Kemiri 100 ml65.00065.000
Sanbul Eileen Minyak Kemiri65.00065.000
Roodhen Minyak Kemiri 110 ml150.000150.000

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga minyak kemiri di situs jual-beli online pada akhir tahun 2020 banyak yang mengalami perubahan. Daftar harga minyak kemiri di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online di Tanah Air. Harga minyak kemiri tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[1] Rasyid, HN. 2004. Ensiklopedi Makanan Tradisional Indonesia (Sumatera). Jakarta: Direktorat Jenderal Kebudayaan.

[2] Partic, L. 2014. Jilbab Bukan Jilboob (hlm 61-62). Dewi KTW, editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

[Update: Dian]

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Minyak Kemiri di Alfamart & Indomaret"